Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Sering Melihat Komputer

Cara mengatasi mata lelah akibat sering melihat komputer
Cara mengatasi mata lelah akibat terlalu sering menatap layar komputer tidak perlu harus kedokter atau membeli obat-obatan kimia di apotik tetapi cukup dengan melakukan beberapa tips sederhana maka hal itu sudah bisa membuat mata Anda kembali segar.  Seperti yang kita ketahui bahwa menatap layar komputer yang terlalu lama memang bisa membuat mata menjadi perih, bahkan tidak hanya itu saja terkadang mata lelah juga bisa mengakibatkan kepala menjadi pusing sehingga hal ini sangat menganggu dan  membuat kita menjadi tidak nyaman karena tidak bisa fokus ketika sedang bekerja di menggunakan komputer.

Nah, baiklah bagi Anda yang sering bekerja didepan layar komputer maka jangan khawatir dan takut jika matanya akan menjadi perih atau lelah karena sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk mengatasi mata lelah karena komputer. Gak percaya ? silahkan simak tips dibawah ini.

Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Komputer


1. Istirahat
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika mata mulai lelah akibat menatap layar komputer adalah beristirahat. Tentu saja Anda harus beristirahat sejenak dan jangan dipaksakan karena hal ini hanya akan sia-sia dan membuat Anda menjadi tidak fokus dan bahkan terkadang bisa membuat kepala menjadi sakit. So, jika mata mulai lelah maka cobalah untuk istirahat sebentar dan memandang benda lain disekitar Anda

2. Berkedip
Mungkin kita tidak pernah sadar jika selama menatap layar komputer mata sangat jarang berkedip, Nah hal inilah yang membuat mata kita menjadi cepat lelah. Maka dari itu untuk mengatasi mata lelah karena menatap layar komputer maka berkediplah karena ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dan efektif sehingga membuat mata lelah menjadi segar kembali.

3. Kendurkan Otot Mata
Kemudian tips selanjutnya adalah dengan mengendurkan otot-otot mata. Caranya sangat mudah yaitu pertama Anda gosok-gosokan kedua telapak tangan dan apabila sudah mengeluarkan panas maka tempelkan pada mata Anda. Panas tubuh yang tercipta akibat menggosokan kedua tangan tadi bisa membuat mata kita bisa menjadi rileks kembali.

4. Pijat Mata Anda
Memijat mata juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi mata lelah akibat terlalu sering menatap layar komputer. Caranya yaitu pijatlah kelopak mata Anda secara halus dengan gerakan melingkar ketika hendak tidur malam hari. Cara ini bisa membantu mengendurkan otot-otot mata yang tegang sehingga mata Anda kembali segar ketika bangun dipagi hari.

5. Gunakan Irisan Mentimun
Nah tips terakhir yang terbilang cukup ampuh adalah dengan menggunakan mentimun. Caranya yaitu masukan terlebih dahulu mentimun kedalam kulkas dan tunggu hingga sampai dingin. Kemudian setelah dingin maka iris mentimun dan tempel pada mata, cara ini tidak hanya bisa menyegarkan mata tetapi juga bisa menghilangkan mata sembab akibat kekurangan tidur. Gunakan cara ini ketika hendak tidur di malam hari dan biarkan irisan mentimun menempel dimata Anda selama 15 menit.

Tips Agar Mata Tidak Mudah Lelah Ketika Menatap Komputer


1. Perhatikan Jarak Pandang Anda dan Komputer
Bagi Anda yang kesehariannya bekerja didepan komputer dan sedang dikejar deadline maka harus pintar-pintar untuk mensiasati agar mata tidak mudah lelah sehingga pekerjaan lebih cepat selesai. Nah, agar mata Anda tidak cepat lelah ketika bekerja didepan komputer maka jangan lupa untuk selalu mengatur jarak pandang Anda dengan komputer. Buatlah posisi Anda senyaman mungkin agar Anda tidak merasa cepat capek.

2. Atur Kecerahan Layar Komputer
Kemudian tips selanjutnya adalah dengan cara mengatur tingkat kecerahan layar komputer Anda. Usahakan jangan terlalu terang karena hal ini akan membuat mata menjadi mudah lelah.

3. Gunakan Kaca Mata Anti Silau
Kaca mata anti silau juga sangat perlu Anda gunakan agar mata tidak mudah menjadi lelah. Kaca mata ini bisa melindungi mata kita dari paparan cahaya layar komputer yang terlalu kontras.

4. Jangan Lupa Konsumsi Makanan Sehat
Kemudian makanan sehat yang kaya akan vitamin A seperti wortel dan sayuran lainnya juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Maka dari itu jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat agar mata selalu sehat dan tidak mudah lelah ketika bekerja didepan layar komputer.

5. Periksakan Pada Dokter
Tips terakhir adalah dengan memeriksakan mata kepada dokter ahli secara rutin agar kesehatan mata terus terjaga dengan baik.


Itulah cara mengatasi mata lelah karena terlalu sering menatap layar komputer yang bisa Anda terapkan di rumah. Jangan sepelekan mata lelah ini karena bisa berdampak negatif bagi kesehatan Anda, salah satu masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat mata lelah ini adalah sakit kepala. Baca Juga : Cara Menyegarkan Mata Lelah Secara Alami Dan Mudah