12 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Siapa sih yang tak kenal dengan kacang hijau ? saya rasa mungkin bagi masyarakat Indonesia, kacang hijau bukanlah makanan yang asing karena memang sering kali dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai jenis makanan salah satunya adalah bubur kacang hijau. Selain itu, kacang hijau ini juga bisa dijadikan campuran atau isian didalam kue dan makanan lainnya.

Meskipun kacang hijau ini bentuknya kecil-kecil tetapi jangan pernah meremehkan manfaatnya, kandungan protein, serat, asam folat, asam lemak omega 3 dan 6, protein, vitamin B1, vitamin B6, riboflavin, vitamin E, fosfos, zat besi, mangan dan kalsium yang terdapat didalam kacang hijau sangat baik bagi kesehatan tubuh kita dan ibu hamil.

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan dan ibu hamil


Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai apa saja manfaat dai kacang hijau ini maka silahkan simak saja ulasannay dibawah ini.


Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan 


1. Menyehatkan rambut
Kandungan protein, kalsium dan zink pada kacang hijau dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Dengan rutin mengonsumsi kacang hijau maka bisa membuat rambut lebih subur dan berkilau.

2. Menjaga keelastisan kulit
Kandungan protein pada kacang hijau juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kolagen didalam tubuh sehingga elasitas kulit tetap terjaga. Caranya dengan meminum air rebusan kacang hijau atau dengan memakan olahan kacang hijau secara rutin.

3. Menyejukkan kulit
Tidak hanya menjaga keelastisan kulit, kacang hijau juga memiliki fungsi sebagai astringent yang bermanfaat menyejukkan kulit Anda. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah buku pengobatan tradisional China, Kai Bao  Cao yang menyebutkan bahwa kacang hijau juga memiliki khasiat lain seperti sebagai detoksifikasi racun pada kulit sehingga mampu menyejukkan kulit.

4. Mengatasi jerawat
Kacang hijau memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang sangat dipercaya mampu mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Caranya dengan menjadikan kacang hijau sebagai masker pada wajah Anda.

5. Mengatasi wajah berminyak
Kacang hijau juga bisa diandalkan untuk mengatasi wajah berminyak secara alami. Anda cukup menggunakannya sebagai masker secara rutin dan teratur maka minyak yang berlebihan diwajah Anda akan berkurang. Tidak hanya itu saja, masker kacang hijau juga dapat membuat kulit tampak lebih segar.

6. Mengangkat sel kulit mati
Sel kulit mati disebabkan karena debu yang menempel pada kulit wajah sehingga membuat kulit menjadi kusam, kasar, dan jika kulit wajah terlalu sensitif dapat menimbulkan jerawat. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat mengatasi masalah diatas hanya dengan mengunakan masker wajah yang terbuat dari kacang hijau.

Caranya yaitu siapkan kacang hijau secukupnya kemudian rendam dengan air hingga mengembang. Jika telah mengembang, blender kacang hijau hingga halus, setelah itu aplikasikan pada wajah, agar hasilnya maksimal kacang hijau tersebut dapat dicampurkan dengan madu, yogurt, minyak zaitun ataupun lemon. Lakukanlah hal tersebut secara rutin agar hasilnya akan maksimal.

7. Sangat baik untuk ibu hamil
Seseorang yang sedang mengandung atau hamil tentunya membutuhkan asupan makanan yang sehatdan bergizi tinggi. Nah, kacang hijau juga bisa menjadi makanan andalan bagi wanita hamil karena nutrisi yang terkandungan didalam kacang hijau ini sangat bagus untuk tumbuh kembang janin. Kandungan kacang hijau yang baik bagi ibu hamil diantaranya adalah asam folat, protein, karbohidrat, kalsium, vitamin B1 dan B2.

8. Mencegah penyakit jantung
Kandungan serat yang tinggi pada kacang hijau juga sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti dapat mencegah penyakit jantung. Jika Anda tidak ingin terhindar dari penyakit jantung maka selain rajin berolahraga, cobalah untuk rutin mengkonsumsi kacang hijau. Anda dapat membuat kacang hijau menjadi bubur, jus, kue, ataupun olahan lainnya.

9. Menyehatkan mata
Tidak hanya wortel yang dapat menyehatkan mata, kacang hijau juga berkhasiat menyehatkan mata. Didalam kacang hijau juga terkandung vitamin A yang sangat diperlukan bagi mata . jika mata mendapat asupan nutrisi yang baik maka penglihatan Anda akan tetap terjaga dengan baik

10. Mencegah kanker
Manfaat kacang hijau selanjutnya dapat mencegah kanker. Jika Anda telah mengidap penyakit kanker, untuk mengurangi penyakit Anda tersebut cobalah untuk mengonsumsi kacang hijau secara teratur. Kandungan serat pada kacang hijau sangat baik bagi tubuh sehingga dapat menurunkan kadar kanker dalam tubuh.

11. Mencegah wasir
Wasir adalah penyakit yang disebabkan pembengkakan pembuluh vena yang terjadi disekitar anus akibat gesekan yang terlalu keras pada pembuluh vena. Untuk mengatasi masalah wasir tersebut, kacang hijau dapat menjadi solusinya. Serat yang tinggi pada kacang hijau dapat mengurangi penyakit wasir yang Anda derita. Jika dikonsumsi secara rutin atau teratur penyakit wasir Anda akan hilang.

12. Sebagai sumber energi
Kacang hijau merupakan sumber energi yang baik, kandungan seratnya berperan sebagai karbohidrat. Kacang hijau sangat baik jika dikonsumsi saat pagi hari sebagai pengganti nasi, hal ini dikarenakan kacang hijau dapat membuat perut lebih terasa kenyang dan mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan bagi tubuh.


Demikianlah manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh, bahkan kacang hijau juga sangat baik bagi ibu hamil. Konsumsilah kacang hijau secara rutin dan tidak berlebihan maka Anda akan mendapatkan manfaat luar biasa dari kacang hijau ini.