Sejuta Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki aroma kuat serta manis dan pedas. Seperti yang kita ketahui bahwa kayu manis sering kali dijadikan penyedap masakan oleh ibu rumah tangga dan selalu tersedia didapur.

Selain digunakan untuk penyedap masakan, kayu manis juga kerap kali diandalkan untuk pengobatan tradisional. Banyak orang yang percaya bahwa kayu manis ini bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti mencegah penyakit jantung, radang sendi, mengobati sakit perut hingga bahkan digunakan untuk kecantikan kulit.

Manfaat kayu manis bagi kesehatan dan kecantikan

Nah, daripada Anda penasaran dan ingin mengetahui apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan apabila mengkonsumsi kayu manis ini maka silahkan simak saja ulasannya dibawah ini.


Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Melembabkan kulit
Kayu manis dapat bermanfaat untuk kecantikan seperti melembabkan kulit wajah. Untuk mendapatkan kulit wajah yang lembab maka hal yang perlu Anda lakukan hanya dengan mencampurkan minyak kayu manis dengan minyak zaitun, kemudian usapkan pada wajah selama 10 menit dengan dipijat perlahan-lahan. Setelah itu bilas dengan air bersih, minyak kayu manis dapat mengurangi kerutan pada wajah, flek hitam dan garis-garis halus pada wajah Anda.

2. Mengatasi jerawat
Kayu manis juga berkhasiat mengatasi jerawat yang membandel pada wajah. Caranya dengan mencampurkan kayu manis dan madu, aduk hingga tercampur rata. Setelah itu aplikasikan pada kulit wajah secara merata dan diamkan sekitar 15-20 menit. Jika telah selesai, bilas dengan air bersih.

3. Mengurangi kadar kolesterol
Jika kadar kolesterol dalam darah Anda cukup tinggi, hal tersebut dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya. Akan tetapi, Anda dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah hanya dengan mengonsumsi kayu manis. Kayu manis dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cara dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir.

4. Mencegah diabetes
Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena kadar gula dalam darah sangat tinggi. Untuk mencegah agar kita terhindar dari penyakit ini maka Anda bisa mengandalkan kayu manis. Kayu manis sangat ampuh mengontrol gula darah sehingga gula darah tetap normal.

5. Melangsingkan tubuh
Jika lemak dalam tubuh Anda terus menumpuk akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak maka lambat laun berat badan Anda pasti akan menjadi bertambah. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mengonsumsi kayu manis yaitu caranya dijadikan minuman hangat atau campuran masakan lainnya. Kayu manis mampu menghilangkan lemak berlebih yang ada didalam tubuh Anda sehingg tubuh Anda akan tetap langsing meskipun sering mengkonsumsi makanan berlemak.

6. Sebagai obat sakit perut
Kayu manis juga bermanfaat sebagai obat sakit perut. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah yaitu cuku campur madu dengan bubuk kayu manis secukupnya, lalu minum. Selain mengobati sakit perut, kayu manis juga dapat membersihkan perut serta menyembuhkan bisul sampai keakar-akarnya.

7. Sebagai obat rambut rontok
Rambut Anda sering rontok? itu berarti rambut Anda mengalami kekurangan nutrisi maka dari itu rambut menjadi rontok dan apabila hal ini dibiarkan tanpa ada penanganan maka lama kelamaan akan menyebabkan kebotakan.

Nah, untuk mengatasi hal ini tidak perlu harus mengeluarkan uang yang banyak karena ternyata kayu manis juga bisa diandalkan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Caranya yaitu campurkan saja minyak zaitun, madu dan bubuk kayu manis secukupnya lalu kemudian oleskan ramuan tersebut pada rambut Anda dari akar hingga ujung rambut dan diamkan selama 10 menit. Lakukan hal ini sebelum Anda mandi.

8. Mengobati sakit gigi
Manfaat kayu manis selanjutnya dapat mengobati sakit gigi. Caranya dengan membuat campuran bubuk kayu manis dengan madu sekitar 5 sendok. Lalu tinggal oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit. Lakukan hal tersebut hingga gigi berhenti sakit.

9. Menghilangkan bau nafas
Campuran madu, kayu manis dan air hangat dapat menghilangkan bau nafas Anda. ramuan tersebut dapat menjaga nafas tetap segar seharian penuh. Ramuan ini juga sangat baik jika diminum saat pagi hari sebelum melakukan aktifivitas. Jika Anda rutin mengonsumsinya maka nafas Anda akan terasa segar.

10. Sebagai obat kanker
Pada  beberapa Negara seperti di Jepang dan Australia menunjukkan bahwa kanker perut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Bagi orang yang sedang menderita penyakit kanker, cukup dengan mengkonsumsi 1 sendok madu dengan 1 sendok bubuk kayu manis selama satu bulan dan diminum 3 kali sehari.

11. Mengobati sakit jantung
Kayu manis juga dapat dijadikan sebagai obat sakit jantung. Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti saat waktu sarapan pagi. Madu dan kayu manis tersebut dapat mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri serta dapat mengurangi resiko serangan jantung. Jika seseorang telah terkena serangan jantung maka dengan mengonsumsi madu dan kayu manis setiap harinya Anda dapat terhindar dari serangan jantung kambuhan. Jika Anda mengonsumsinya secara rutin maka dapat memperlancar pernafasan sekaligus memperkuat detak jantung sehingga dapat bekerja secara normal.

12. Mengurangi HIV4
Pada penelitian tanaman obat di India menyatakan bahwa kayu manis berpotensi efektif terhadap penyakit HIV4. Pada salah satu penelitian menuliskan “ ekstrak yang paling efektif terhadap HIV-1 dan HIV-2 masing-masing adalah kayu manis dan cardiospermum helicacabum.

13. Dapat mengatasi rematik
Dalam suatu studi di departemen of Internal Medicine, Rumah Sakit Kangnam di Korea menyatakan bahwa kayu manis sangat berguna dalam mengurangi sitokin yang menyebabkan nyeri pada sakit rematik. Kayu manis juga dapat mengurangi rasa sakit pada penyakit arthritis.


Itulah beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan agar bermanfaat serta diketahui oleh banyak orang akan kehebatan khasiat dari kayu manis ini.