15 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menyedapkan masakan mereka. Tidak hanya itu saja, terkadang jahe juga sering kali dimanfaatkan dan diolah menjadi minuman. Sifat jahe yang menghangatkan badan membuat banyak orang lebih memilih minuman berbahan dasar jahe seperti wedang jahe atau bandrek jahe untuk membuat badan mereka menjadi hangat ketika cuaca sedang dingin.

Nah, selain hal diatas ternyata masih banyak lagi manfaat jahe bagi kehidupan manusia. Apabila Anda penasaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat lainnya dari jahe ini maka silahkan simak tulisan dibawah ini.

Manfaat jahe bagi kesehatan


Manfaat Jahe Bagi Kesehatan 


1. Menghangatkan tubuh
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jahe mempunyai sifat menghangatkan sehingga tak jarang jika jahe sering diolah menjadi berbagai jenis minuman seperti wedang jahe ataupun bandrek jahe untuk menghangatkan badan ketika cuaca sedang memasuki musim dingin. Tidak hanya itu saja, jahe juga memiliki anti virus dan antioksidan yang mampu mengobati batuk dan masuk angin.

2. Mengatasi masalah pernafasan
Gangguan pada pernafasan yang paling umum terjadi adalah batuk atau pilek. Jahe termasuk ekspektoran alami yang berfungsi melegakan sistem pernafasan dengan memecah dan menghilangkan lendir sehingga membuat sistem pernafasan menjadi normal kembali.

3. Melancarkan pencernaan
Kebanyakan dari kita hanya mengetahui bahwa buah-buahanlah yang dapat melancarkan pencernaan. Sebenarnya tidak hanya itu,  minuman jahe juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Jahe berfungsi menyerap makanan dan mencegah kemungkinan sakit perut, sifatnya yang mengurangi peradangan sehingga mampu melancarkan masalah pada pencernaan Anda.

4. Mencegah timbulnya kanker
Kandungan ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker didalam tubuh, seperti mencegah penyebaran kanker kulit, pankreas, ginjal dan kanker paru-paru.

5. Mengatasi rasa nyeri
Ketika tubuh Anda mengalami kecelakan kecil seperti terjadi benturan dengan benda tumpul, seringkali menyebabkan memar. Sari jahe merupakan solusinya karena anti inflamasi yang terkandung didalam jahe mampu meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. kandungan anti inflamasi tersebut tidak hanya mampu meredakan nyeri tetapi juga membantu mengurangi  nyeri pada gejala penyakit rematik.

6. Mengatasi keropos pada tulang
Jahe juga dapat mengatasi keropos pada tulang Anda caranya dengan membuat jahe sebagai minuman. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu siapkan jahe merah, kacang hijau, kapulaga, merica, kayu manis dan air. Semua bahan teresbut dicuuci dengan bersih kemudian rebus hingga matang. Setelah itu minum air rebusan tersebut 2 kali sehari pada saat pagi dan sore setelah makan. Agar terasa lebih nikmat, tambahkan 2 sendok makan madu asli. Lakukanlah secara rutin agar khasiatnya benar-benar terasa.

7. Dapat mengatasi asma
Selain mengatasi keropos pada tulang, jahe juga berkhasiat mengatasi penyakit asma yang Anda derita.  Caranya siapkan jahe merah, daun sambiloto, daun randu, daun lampes dan air. Semua bahan dicuci bersih, iris kecil-kecil. Kemudian rebus semua bahan tersebut sampai benar-benar mendidih lalu saring dan minumlah air rebusan tadi. Minumlah secara rutin agar hasilnya maksimal.

8. Melawan infeksi jamur pada kaki
Jahe berguna untuk mengatasi infeksi jamur pada kaki. Caranya dengan merendam kaki selama 15 menit dalam air hangat yang telah dicampur dengan jahe.

9. Mengatasi stroke
Stroke merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh, jika kita terkena stroke biasanya sebagian tubuh kita tidak dapat bergerak hal ini disebabkan karena arteri yang menuju ke otak pecah atau tertutup embolus sehingga otak tidak mendapat suplai oksigen.

Jahe dapat berguna untuk mengatasi stroke caranya pun sama dijadikan sebagai minuman tetapi ditambakan dengan beberapa bahan-bahan lainnya seperti mengkudu, pule pundak, daun dewa, daun cermai, dan air. Semua bahan tersebut setelah dicuci bersih direbus hingga mendidih, kemudian disaring. Lalu minum air saringan tersebut, jika melakukannya secara rutin stroke yang Anda diderita dapat berkurang.
10. Sebagai obat batuk alami
Jika batuk Anda tak kunjung sembuh, cobalah untuk mengonsumsi jahe. Jahe berkhasiat menghilangkan batuk secara cepat. Caranya sangat simple cukup dengan merebus jahe sampai mendidih kemudian saring. Setelah itu, minum air saringannya. Jika ingin lebih enak Anda dapat menambahkan madu dan lemon.

11. Mengatasi kulit berminyak
Jika Anda mengalami kulit berminyak, tetapi takut memakai cream yang memakai bahan kimia. Cobalah memakai bahan alami seperti jahe. Jahe mampu mengatasi kulit berminyak pada wajah Anda, bahan mineral alami yang terkandung didalam jahe sangan ampuh mengurangi kulit yang berminyak. Cara-cara yang dapat Anda lakukan seperti menyiapkan jahe parut, bubuk kayu manis, dan pala bubuk. Semua bahan tersebut dihaluskan, lalu tambahkan air secukupnya. Kemudian oleskan pada area wajah Anda yang banyak menghasilkan minyak. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan hal tersebut secara teratur agar hasilnya maksimal.

12. Menghilangkan ketombe
Ternyata sari jahe tidak hanya berkhasiat mencegah kanker tetapi untuk kecantikan jahe juga bermanfaat untuk mengurangi ketombe pada rambut. Caranya pun terbilang mudah, hanya dengan menghaluskan jahe lalu kemudian oleskan pada rambut Anda secara merata dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

13. Mencegah jerawat
Bukan hanya tomat yang dapat menghilangkan jerawat. Jahe juga sangat baik untuk mencegah jerawat. Jika Anda ingin menggunakan jahe untuk menghilangkan jerawat pada wajah Anda maka Anda harus rajin mencuci muka dengan menggunakan air jahe. Dengan mencuci muka menggunakan air jahe dapat membuat waja Anda bersih dan terhindar dari kuman.

14. Menghaluskan kulit
Manfaat jahe selanjutnya dapat menghaluskan kulit. jahe mengandung banyak zat yang baik bagi kesehatan kulit. Anda dapat menjadikan jahe sebagai masker atau lulur.

15. Menghilangkan selulit
Bagi wanita, selulit dianggap mengganggu kecantikan dan bisa mengurangi rasa percaya diri. Untuk menghilangkan selulit pada tubuh sebenarnya tidak sulit, cobalah untuk menggunakan jahe. Anda dapat meminum air rebusan jahe secara teratur. Dijamin cara ini ampuh untuk menghilangkan selulit pada tubuh. Semakin sering atau rutin Anda meminumnya, maka akan membuat Anda bebas dari selulit.


Itulah manfaat jahe bagi kesehatan maupun kecantikan kulit yang mungkin jarang kita ketahui. So, jangan pernah remehkan tanaman yang satu ini karena khasiatnya sangat luar biasa bagi tubuh kita.

Share this :

Previous
Next Post »