17 Manfaat Pisang Yang Jarang Diketahui

Pisang merupakan salah satu buahan yang bisa dikatakan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena selain rasanya yang enak dan manis, buah yang satu ini harganya cukup terjangkau serta mudah ditemukan dipasaran. Bahkan mungkin ada sebagian dari kita yang menanam pisang diperkarangan rumah sehingga tidak perlu untuk membeli dan tinggal menunggu masak lalu panen.

Buah pisang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, bahkan pisang juga dianggap sebagai makanan yang bagus bagi wanita-wanita yang sedang melakukan diet. Selain itu, pisang bukan hanya dikonsumsi saja tetapi juga sering dijadikan masker kecantikan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit maupun rambut.

Manfaat dan khasiat buah pisang bagi kesehatan serta kecantikan


Nah, bagi Anda yang mungkin penasaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat dari buah pisang ini baik itu bagi kesehatan maupun kecantikan maka silahkan simak saja tulisan dibawah ini.


Manfaat Pisang Bagi Kecantikan dan Kesehatan


1. Sebagai sumber energi
Buah pisang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga berguna sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Jika Anda sedang melakukan program diet dengan cara tidak mengonsumsi nasi atau bahan pokok lain, Anda dapat menjadikan pisang sebagai alternatif makanan yang sehat dan mengenyangkan. Hanya dengan mengonsumsi 2 buah pisang setiap pagi harinya akan memberikan energi bagi tubuh Anda sama dengan Anda mengonsumsi bahan pokok lainnya sehingga Anda dapat melakukan aktivitas harian seperti biasanya dan pisang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Anda mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar? Cobalah untuk mengonsumsi buah pisang secara rutin. Dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu memperlancar sistem pencernaan agar dan membuat sistem pencernaan bekerja secara normal. Dengan demikian, Anda dapat terhindar beberapa penyakit pada sistem pencernaan.

3. Meningkatkan mood
Mungkin yang banyak Anda ketahui bahwa coklat dapat meningkatkan mood Anda. Tidak hanya coklat loh! Ternyata pisang juga dapat mengurangi gejala depresi dan meningkatkan mood Anda. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan zat triptofan yang merupakan protein yang sangat berperan dalam membantu meningkatkan suasana hati yang sedang sedih atau galau menjadi lebih ceria dan gembira.

4. Mengurangi rasa sakit pada saat haid
Kebanyakan wanita pada saat haid sering merasa sakit yang luar biasa, mereka mengatasinya dengan minum obat-obatan yang belum tentu dapat menyembuhkan rasa sakit tersebut. sebenarnya, Anda tidak perlu repot mengonsumsi berbagai obat, cukup dengan makan buah pisang saja maka sudah bisa mengurangi rasa sakit Anda saat sedang haid. Ini dikarenakan kandungan vitamin B6 yang ada pada buah pisang sangat baik untuk mengatasi rasa nyeri. Selain itu, pisang juga dapat mengontrol emosi saat haid dan memperbaiki suasana hati Anda kembali.

5. Menguatkan tulang
Buah pisang juga memiliki kandungan yang tidak kalah pentingnya yaitu kaya akan mineral. Senyawa tersebut sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Bahan mineral seperti kalsium dan magnesium pada buah pisang ini sangat bagus untuk membuat tulang Anda menjadi lebih kuat. Tidak hanya kalsium dan magnesium, senyawa  fructooligosaccharide  juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium dari berbagai sumber.

6. Mengalirkan oksigen ke otak
Kesehatan otak sangat perlu dijaga, jika otak Anda sehat maka otak pun akan bekerja secara normal tetapi jika otak Anda mengalami gangguan maka sistem kerja otak pun akan terganggu. Kandungan kalium pada buah pisang berperan penting untuk menjaga aliran oksigen ke otak agar tetap berjalan dengan normal dan juga dengan adanya zat ini, konsentrasi Anda pun akan meningkat. buah pisang sangat baik dikonsumsi terutama untuk anak-anak karena dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.  Mulai saat ini cobalah membiasakan diri untuk mengonsumsi buah pisang setiap pagi hari. Seseorang yang suka makan pisang akan memiliki daya ingat dan konsentrasi yang tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak sama sekali mengonsumsi buah pisang.

7. Menghilangkan kecanduan terhadap rokok
Bagi Anda yang  sangat candu sekali terhadap rokok, Anda dapat menghentikan kecanduan tersebut dengan rutin mengonsumsi pisang. Kandungan kalium dan magnesium yang sangat tinggi pada buah pisang ini tidak hanya menguatkan tulang tetapi dapat melawan efek kecanduan yang sangat berat terhadap rokok yang diakibatkan adanya senyawa nikotin pada rokok tersebut. cukup dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin, keinginan Anda untuk merokok akan berkurang dan lama-kelamaan Anda tidak akan tertarik lagi untuk merokok.

8. Mengobati jerawat
Jerawat merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada kulit wajah, masalah ini seringkali membuat Anda tidak percaya diri bukan. Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan buah pisang untuk mengatasi jerawat tersebut. caranya pun sangat simple, cukup dengan menghaluskan buah pisang yang telah ranum atau matang. Kemudian oleskan pada area kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda dapat menggunakan pisang tersebut menjadi masker sehingga tidak hanya menghilangkan jerawat, buah pisang tersebut juga membuat kulit wajah Anda menjadi halus.

9. Menghaluskan kulit wajah
Kulit Anda kusam dan kering? Pastinya hal tersebut sangat membuat Anda tidak percaya diri bukan. Buah pisang dapat menjadi solusinya loh! Cobalah untuk menggunakan masker yang dibuat dari pisang. Caranya haluskan pisang yang telah matang dan campurkan dengan sedikit madu. Setelah itu aplikasikan pada kulit wajah diamkan selama 15-25 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Dengan menjadikan buah pisang sebagai masker wajah dapat membuat kulit anda menjadi lebih cerah dikarenakan buah pisang memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab lulit kusam dan kering.

10. Mengencangkan Kulit
Buah pisang juga mengandung vitamin E yang dipercaya dapat menjaga keelastisan kulit dan mencegah penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat buah pisang itu sendiri sangat mudah, cukup dengan mengonsumi buah pisang secara langsung atau bisa dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang cepat, Anda dapat melakukan kedua hal tersebut secara rutin.

11. Mencegah penyakit jantung
Manfaat buah pisang selanjutnya dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan vitamin C dan flavonoid pada buah ini sangat berperan sebagai antioksidan alami untuk mencegah proses oksidasi lemak dalam darah. Serat pectin dan kalium pada buah pisang juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

12. Menurunkan berat badan
Kebanyakan ngemil biasanya dapat menaikkan berat badan secara cepat. Sebenarnya pendapat tersebut kurang tepat karena jika kita mengonsumsi cemilan yang tidak sehat ya tentunya dapat menaikkan berat badan, tetapi jika kita mengonsumsi cemilan yang sehat seperti buah pisang hal tersebut malahan dapat bermanfaat bagi kita. Bagi Anda yang sedang diet, mengkonsumsi buah pisang sangat dianjurkan karena dapat mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda sehingga berat badan kita akan tetap stabil. jadi, tubuh Anda akan tetap ideal walaupun mengemil setiap harinya. Serat yang ada pada buah pisang juga dapat memperlancar metabolisme tubuh sehingga mempercepat proses penurunan berat badan.

13. Mengatasi penyakit anemia
Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan asupan sel darah merah sehingga membuat tubuh menjadi lesu, lunglai dan lemah. Untuk penderita anemia, Anda dapat mengatasinya dengan rutin mengonsumsi buah pisang. Zat besi, vitamin B6, kalium yang tinggi pada buah ini dapat mempercepat produksi sel darah merah pada tubuh. Hanya dengan mengonsumsi 2 buah pisang setiap harinya dapat mengatasi penyakit anemia yang Anda derita.

14. Dapat memutihkan gigi
Tidak hanya buah pisang yang memiliki banyak manfaat kulit buah pisang juga memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya yaitu dapat memutihkan gigi. Setelah anda memakan daging buah pisang, jangan langsung membuah kulit pisangnya karena kulit tersebut dapat Anda gunakan untuk memutihkan gigi. Caranya sangat simple cukup dengan menggosok-gosokkan bagian kulit pisang pada gigi Anda secara perlahan-lahan. Lakukan hal tersebut setiap harinya dan beberapa minggu saja lihatlah perbedaan yang terjadi pada warna gigi Anda.

15. Baik untuk ibu hamil
Mengonsumsi pisang sangat baik terutama bagi ibu hamil. Kandungan asam folat yang tinggi berperan dalam pembetukan sel-sel baru pada janin, dan mencegah bayi agar tidak lahir secara prematur atau dalam keadaan cacat. Satu buah pisang mengandung sekitar 58 mikrogram asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Jadi, jika Anda ataupun kerabat Anda ada yang sedang hamil sarankanlah untuk mengonsumsi buah pisang secara rutin untuk mendukung agar bayi tidak lahir prematur dan mendukung kecerdasan otak bayi.

16. Obat Alami Untuk Psoriasis
Penyakit psoriasis dapat diatasi dengan menggunakan kulit pisang. Caranya pun sangat mudah hanya dengan menggosokkan kulit pisang pada area yang terkena psoriasis. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi merah namun jika dilakukan secara terus menerus akan terlihat hasilnya.

17. Mengatasi iritasi pada kulit
Gatal-gatal, alergi atau iritasi pada kulit dapat diobati dengan kulit pisang. Hanya dengan menempelkan bagian kulit pisang pada area yang terkena gatal lalu gosok perlahan dan biarkan semalaman. Bahan kimia alami dalam kulit pisang akan membantu mengurangi ataupun menghilangkan rasa gatal.


Itulah 17 Manfaat pisang yang mungkin jarang diketahui oleh banya orang. Selain enak dikonsumsi dan mengenyangkan terdapat berbagai manfaat yang luar biasa.