Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Cantik Tanpa Kesalon

Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Cantik Tanpa Kesalon
Kuku merupakan salah satu anggota tubuh yang mungkin paling sering diabaikan perawatannya, padahal perawatan kuku juga tak kalah pentingnya dengan perawatan wajah karena apabila kuku kita terlihat sehat dan cantik maka tentu saja akan membuat kita menjadi percaya diri dan yang terpenting adalah dicap sebagai orang yang bersih dan tidak jorok oleh orang lain. Bayangkan apabila kuku Anda hitam-hitam dan tidak terawat maka tentu saja setiap orang yang melihat Anda akan men cap Anda sebagai orang yang jorok.

Biasanya  untuk mendapatkan kuku yang sehat, terawat dan bersih para wanita akan pergi kesalon dan melakukan perawatan kuku kaki dan tangan mereka disana atau yang biasa disebut dengan pedicure dan manicure.  Meskipun pedicure dan menicure bisa membuat kuku tangan dan kuku kaki Anda menjadi bersih dan sehat tetapi tentu saja semua itu tidak gratis dan membutuhkan biaya yang cukup mahal sehingga tidak semua orang yang mau untuk melakukan perawatan kuku disalon.

Nah, daripada Anda harus mengeluarkan biayan yang mahal dan banyak untuk melakukan perawatan kuku di salon lebih baik kita melakukan perawatan sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan alami rumahan yang tentunya sangat murah meriah sehingga siapapun bisa melakukannya. Penasaran bahan alami apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk membuat kuku terlihat bersih dan sehat ? yuk kita simak saja silahkan simak tulisan dibawah ini.


Cara Merawat Kuku Menggunakan Bahan Alami


1. Garam
Bahan rumahan pertama yang bisa kita manfaatkan adalah garam. Semua pasti sudah mengetahui bahwa garam ini biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan dan memberi rasa pada makanan. Nah, ternyata selain itu garam juga bisa kita manfaatkan untuk merawat kuku agar kuku kita tetap sehat dan bebas dari kuman.

Caranya sangat mudah yaitu Anda siapkan saja air didalam mangkok lalu tambahkan garam secukupnya, lalu setelah itu rendam tangan dan kaki Anda pada air garam tersebut. Diamkan selama 15 menit, lalu kemudian baru bilas kaki dan tangan Anda dengan menggunakan air hangat. Air garam ini mampu menghilangkan bakteri dan kuman-kuman yang ada pada kuku tangan dan kaki Anda.

2. Jeruk Nipis
Apabila Anda sudah melakukan hal diatas maka jangan senang dulu karena perawatan selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya juga sangat mudah dan simpel sama dengan cara diatas yaitu peras jeruk nipis dan ambil airnya, setelah itu campurkan air perasaan jeruk nipis itu dengan air hangat secukupnya.

Rendam kuku tangan dan kaki Anda pada campuran air hangat dan perasan jeruk nipis tadi selama 15 menit, setelah itu baru keringkan dengan handuk.  Seperti yang kita ketahui bahwa jeruk nipis ini mengandung astrigen yang bermanfaat untuk menghilangkan warna kusam pada kuku.

3. Belimbing Wuluh
Kemudian selanjutnya adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Mungkin Anda sudah tahu bahwa belimbing wuluh memiliki rasa asam yang bisa membuat siapa saja merasakan sensasi yang berbeda ketika mengkonsumsinya. Selain itu, belimbing wuluh juga terkadang bisa dijadikan sebagai sayuran dan dimasak.

Nah, untuk membuat kuku kaki dan tangan menjadi sehat maka Anda bisa menggosokan kuku pada bagian daging belimbing wuluh dan kemudian setelah menggosokan kuku pda belimbing maka diamkan saja selama 10 menit. Kandungan vitamin dan asam amino pada belimbing wuluh ini akan membuat kuku lebih cerah dan bersih

4. Minyak Zaitun
Setelah semua perawatan diatas Anda lakukan maka saatnya untuk memperhatikan kulit disekitar kuku Anda agar membuat kuku Anda terlihat semakin cantik dan sehat. Untuk menghaluskan kulit sekitar kuku tangan dan kaki maka Anda bisa menggunakan minyak zaitun. Oleskan saja minyak zaitun pada kulit di sekitar kuku tangan dan kaki Anda. Hal ini akan membuat kulit Anda menjadi lembab dan bebas kusam.

5. Susu
Susu merupakan minuman yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh sehingga maka dari itu tidak heran apabila para pakar kesehatan menganjurkan kita untuk mengkonsumsi susu setiap hari.

Tahukah Anda ? ternyata kandungan didalam susu tidak hanya baik untuk tubuh saja tetapi juga kuku kita. Kandungan vitamin B2, vitamin A dan zat besi didalam susu mampu membantu menguatkan kuku kita. So, selain melakukan perawatan dari luar kita juga harus membantu perawatan dari dalam yaitu salah satunya dengan cara rajin mengkonsumsi susu setiap hari.


Itulah cara merawat kuku agar sehat tanpa harus kesalon dan mengeluarkan uang yang banyak. Bagaimana mudah bukan ? Apabila artikel ini bermanfaat maka silahkan bagikan agar teman, sahabat dan keluarga Anda juga bisa mengetahui hal ini.