5 Kebiasaan Buruk Ini Membuat Kuku Menjadi Rapuh

penyebab kuku mudah patah-kuku rasak-kuku kuning
Kuku merupakan salah satu anggota tubuh yang sering disepelekan dan dianggap tidak berguna sehingga tak heran apabila sebagian orang lebih memilih memotong kuku mereka ketika sudah panjang daripada harus merawatnya. Pdahal sebenarnya kuku yang dirawat dan dibersihkan secara teratur bisa jadi penunjang penampilan kita juga loh, bahkan jika kita lihat ada sebagian orang terutama wanita yang berani mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk merawat kecantikan kuku mereka agar selalu sehat dan tidak mudah rapuh.

Ngomong-ngomong masalah kuku rapuh maka kali ini kita akan membahas mengenai penyebab serta tips cara agar kuku tidak gampang patah. Sayangkan jika kuku cantik yang telah kita rawat ternyata setelah panjang mudah patah ? Nah, untuk itu maka simak tulisan dibawah ini.

Penyebab dan Tips Agar Kuku Sehat Tidak Mudah Patah


1. Cat Kuku
Penyebab pertama yang sering mengakibatkan kuku menjadi mudah rapuh adalah karena terlalu sering mengecat kuku. Cat kuku mahal dan bagus sekalipun tidak menjamin bahwa itu aman untuk kesehatan kuku Anda karena tetap saja formulanya bisa merusak dan membuat rapuh kuku secara perlahan.

Tips: Jika Anda ingin mengecat kuku nail-sticker  ataupun nail art setidaknya bebaskanlah cat dari kuku Anda minimal 2 hari dalam seminggu agar kuku mendapatkan oksigen yang cukup untuk melakukan proses regenerasi.

2. Melupakan Base Coat
Penyebab kedua kenapa kuku bisa menjadi rapuh adalah karena Anda melupakan base coat ketika hendak mengecat kuku sehingga jangan heran apabila Anda melupakan yang satu ini maka kuku Anda akan terlihat menguning dan kusam. Baca Juga : Cara Memutihkan Kuku Yang Kuning Secara Cepat

Tips: Gunakanlah Base Coat sebelum pengaplikasian cat kuku karena base coat ini mampu melembutkan, melembabkan dan menyehatkan kuku. Selain itu, ketika Anda melakukan penghapusan cat kuku maka kuku tidak akan menjadi kuning.

3. Gonta-Ganti Warna Cat Kuku
Apakah Anda suka bergonta-ganti warna cat kuku ? jika iya maka sebaiknya mulai dari sekarang hentikan kebiasaan tersebut karena tanpa disadari kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan kuku menjadi rapuh. 

Tips: seperti yang sudah dijelaskan diatas sebaiknya pilihlah satu warna yang Anda suka dan biarkan saja bertahan pada kuku Anda dalam waktu sedikit lama. Jangan terlalu sering mengganti warna cat kuku seperti 4-5 kali dalam sebulan karena bisa menyebabkan kuku menjadi mudah patah.

4. Mengigiti Kuku
Penyebab keempat yang bisa membuat kuku Anda menjadi mudah patah adalah karena sering mengigiti kuku. Mungkin terdengar menjijikan tetapi ada sebagian orang yang melakukan hal ini yaitu mengigiti kuku mereka untuk menghilangkan bagian yang patah.

Tips: Jangan pernah gigiti kuku anda yang terkelupas atau patah karena hal ini akan membuatnya semakin rapuh. Gunakanlah pemotong kuku agar bagian yang sehat tidak ikut menjadi rapuh karena gigitan Anda. 

5. Melupakan Krim Tangan
Mungkin bagi sebagian orang krim tangan hanya membantu menghaluskan tangan saja, padahal penggunaan krim tangan juga bisa membuat kuku menjadi sehat karena kandungan didalam krim tangan juga mampu membuat kuku ternutrisi sehingga menjadi kuat.

Tips: Jangan lupakan krim tangan karena banyak sekali manfaatnya. Oleskan krim tangan Anda saat kulit terasa kering. 

Itulah 5 kebiasaan buruk penyebab kuku mudah patah dan rapuh. So, jangan biarkan kuku cantik yang telah Anda rawat menjadi rusak akibat keteledoran yang kita lakukan sendiri. Hati-hati ya ladies karena kuku rusak bisa membuat kita kehilangan kepercayaan diri.