14 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Siapa sih yang tak kenal dengan tomat ? bagi masyarakat Indonesia, tomat bukanlah tanaman yang asing karena memang kita bisa dengan mudah menemukan tanaman tomat disekitar kita bahkan mungkin Anda menanamnya sendiri dipekarangan rumah. Buah yang rasanya sedikit asam ini biasanya sering kali digunakan oleh ibu rumah tangga untuk sebagai penyedap masakan mereka. Selain itu, biasanya tomat juga sering kali dijadikan jus dan diminum oleh masyarakat Indonesia.

Buah yang murah meriah ini dikenal mengandung banyak vitamin yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti vitamin C dan A, bahkan tomat juga mengandung antioksidan yang mana zat ini sangat ampuh untuk melawan radikal bebas. Selain baik bagi kesehatan, tomat juga kerap kali dijadikan sebagai masker wajah karena banyak orang yang percaya bahwa kandungan yang terdapat pada tomat juga bagus untuk kecantikan kulit wajah kita.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Nah, daripada Anda penasaran dan ingin mengetahui lebih lengkap lagi mengenai apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah tomat ini maka silahkan simak saja tulisan dibawah ini.


Manfat Tomat Bagi Kesehatan


1. Dapat membantu diet
Lemak banyak dikatakan sebagai pemicu darah tinggi dan juga maningkatkan berat badan. Biasanya untuk mengurangi jumlah lemak pada tubuh kegiatan yang dapat dilakukan seperti olahraga dan pengaturan pola makan. Jika Anda sudah melakukan kegiatan tersebut tetapi berat badan tak juga menurun, cobalah dengan mengonsumsi tomat secara rutin sebelum berolahraga atau berkegiatan lainnya. Tomat mengandung protein, karbohidrat, dan kalori yang mampu membantu menurunkan berat badan Anda.

2. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan yang ada pada tomat dapat mengatasi kanker usus besar dan paru-paru. Dari 72 penelitian, terdapat 52 penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi tomat secara rutin dan cukup dapat menurunkan resiko kanker pancreas, usus besar dan leher rahim. So, apabila Anda ingin terhindar dari penyakit yang mematikan tersebut maka cobalah untuk mengkonumsi tomat secara rutin baik itu di jus atau langsung dimakan.

3. Dapat membentuk otot pada pria
Kebanyakan kaum pria ingin memiliki bentuh tubuh yang ideal agar menjadi perhatian bagi kaum hawa. Mereka rela menghabiskan banyak biaya hanya untuk membentuk tubuh menjadi ideal. Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata tanpa harus harus pergi ke gym kita tetapi bisa loh mendapatkan bentuk tubuh yang ideal yaitu hanya dengan mengkonsumsi tomat. Konsumsi satu buah tomat sebelum dan sesudah berolahraga maka itu sudah cukup. Kandungan protein yang ada pada tomat berguna memperbesar peluang pembentukan postur atletis.

4. Menjaga gigi dan tulang agar sehat dan kuat
Manfaat tomat selanjutnya dapat menjaga gigi dan tulang agar tetap sehat dan kuat. Tomat merupakan penyuplai kalsium yang sangat baik untuk memelihara tulang agar tidak gampang keropos dan juga dapat menguatkan gigi agar tetap sehat.

5. Dapat menangkal radikal bebas
Menurut para ahli atau spesialis kesehatan, kandungan flavonoid dan zea-xanthim dalam buah tomat sangat berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Kedua senyawa ini sebagai antioksidan yang paling banyak terdapat pada buah tomat. Maka dari itu, memakan buah tomat minimal satu kali sehari sangat dianjurkan.

6. Menyehatkan mata
Bukan hanya wortel yang dapat menyehatkan mata, tetapi tomat juga dikenali banyak orang merupakan buah yang mampu menyehatkan mata karena didalamnya juga terkandung vitamin A yang banyak. Bukan hanya vitamin A nutrisi lainnya seperti niacin, thiamine, dan asam folat juga terdapat pada buah tomat. Semua nutrisi tersebut bekerja sama untuk menyembuhkan gangguan kesehatan pada mata.

7. Membuat jantung bekerja stabil
Satu tomat berukuran kecil terkandung sekitar 235 kalium yang berguna mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan membuatnya tetap bekerja secara normal atau stabil. Bukan hanya itu tomat juga berguna agar menjaga Anda tidak terkena penyakit jantung dan stroke.

8. Mengontrol kolesterol dalam tubuh
Didalam tubuh terdapat 2 macam kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol baik bagus untuk tubuh Anda tetapi sebaliknya kolesterol jahat dapat membuat penyakit pada tubuh Anda. Jumlah kolesterol baik harus lebih banyak dari jumlah kolesterol jahat, karena jika jumlah kolesterol jahat lebih banyak dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Untuk mengatasi hal itu, upaya yang dapat dilakukan seperti  makan buah tomat secara rutin. Tomat memiliki kandungan mineral yang dapat membantu mengatur jumlah kolesterol yang beredar dalam darah.

9. Mengontrol gula darah
Kita harus mengontrol gula darah yang ada dalam tubuh, jika gula dalam darah melebihi batas kewajaran maka dapat memperbesar resiko terjadinya diabetes. Konsumsilah tomat secara rutin agar jumlah gula darah tidak mengalami pelonjakan karena tomat merupakan sumber alami kromium yang baik untuk mengatasi gula darah Anda.

Manfaat Tomat Bagi Kecantikan


10. Dapat mengecilkan pori-pori
Buah tomat bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi buah tomat juga dipercaya dapat dimanfaatkan untuk kecantikan secara alami. Vitamin c dan air yang ada pada buah tomat apabila bekerja sama didalam tubuh maka dapat memperkecil pori-pori pada kulit Anda. caranya dengan menjadikan tomat sebagai masker.

11. Dapat mencerahkan kulit
Kulit Anda kusam ? jangan khawatir, tomat mempunyai kandungan vitamin c dalam jumlah yang banyak sehingga dapat mencerahkan kulit wajah Anda. Cukup potong tomat dengan ukuran cukup tebal, kemudian gosokan pada wajah Anda secara merata. Hanya dalam waktu satu minggu jika Anda melakukannya dengan rutin, kulit Anda akan tampak bersinar dan sehat.

12. Dapat menghilangkan jerawat
Tomat juga bisa diandalkan untuk menghilangkan jerawat yang ada diwajah Anda. Tidak hanya itu saja, bahkan hanya dengan menggunakan masker tomat maka kemerahan pada wajah akibat sinar matahari bisa hilang. Cara membuat masker tomat ini sangat mudah yaitu Anda tinggal haluskan saja buah tomat secukupnya lalu setelah itu oleskan pada wajah Anda secara merata.

13. Mengatasi kulit berminyak
Cara yang sangat mudah mengatasi kulit berminyak adalah dengan menggunakan buah tomat. Caranya dengan memblender tomat dan mentimun kemudian oleskan pada wajah Anda dengan menggunakan kapas lalu diamkan hingga kering dan bilas dengan air bersih. Jika Anda melakukannya dengan rutin, dijamin minyak pada wajah Anda akan berkurang.

14. Dapat membuat awet muda
Jangan mengira tampil cantik dan awet muda harus dengan perawatan kesalon yang mahal. Kita dapat membuat kulit tampak awet muda hanya dengan mengonsumsi buah tomat. Tomat dapat memperlambat penuaan dengan menyerap oksigen secara maksimal,. Hanya perlu melakukan perawatan dengan tomat secara rutin disela-sela waktu luang Anda.


Itulah beberapa manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan bagi tubuh Anda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.