17 Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tak kenal dengan buah strawberry ? buah berwarna merah dan berbentuk mungil ini memang sangat mudah kita temukan dipasaran, bahkan harganya pun tidak terlalu mahal. Strawberry memiliki rasa yang unik yaitu asam-asam mani sehingga tidak heran apabila banyak orang yang menjadi ketagihan dan tidak ingin berhenti apabila sudah mengkonsumsi buah yang satu ini. Nah dibalik rasanya yang enak dan menyegarkan ternyata buah strawberry ini memiliki banyak manfaat yaitu mulai dari menyehatkan mata, memutihkan gigi hingga bisa mencegah penyakit stroke.

Manfaat strawberry bagi kesehatan dan kecantikan


Gak percaya ? mari kita simak saja selengkapnya dibawah ini mengenai apa saja sih manfaat hebat lainnya dari buah mungil yang satu ini bagi kesehatan maupun kecantikan.


Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan


1. Mencerahkan kulit wajah
Jika kulit Anda kusam, hal itu terjadi karena adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan buah strawberry.

Caranya pun simple hanya menyiapkan buah strawberry segar kemudian haluskan dengan blender dengan ditambahkan sedikit madu asli. Setelah halus, jadikan masker dan oleskan ke seluruh bagian wajah Anda secara merata. Berikan sedikit pijatan lembut agar sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah Anda bisa terangkat. Kemudian diamkan selama 25 menit atau sampai masker tersebut kering, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

2. Sebagai scrub wajah
Buah strawberry juga dapat dijadikan sebagai scrub pada wajah sehingga baik untuk membuat kulit tampak lebih bersih dan halus. Caranya yaitu ambil buah strawberry yang telah matang, lalu potong menjadi dua. Setelah itu gosokan pada seluruh kulit wajah hingga leher. Diamkan selama 15-20 menit agar sarinya meresap pada pori-pori kulit. kemudian bersihkan dengan air dingin sampai bersih.

3. Sebagai scrub kaki
Tidak hanya sebagai scrub pada wajah, strawberry juga dapat dijadikan scrub untuk kulit kaki yang pecah-pecah. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tumbuk beberapa strawberry matang dan kemudian campurkan dengan sedikit gliserin serta gandum. Setelah itu, rendam terlebih dahulu kaki dengan air hangat sekitar 10-15 menit. Setelah itu keringkan, kemudian oleskan campuran strawberry tadi pada kulit kaki yang pecah-pecah.

4. Menghilangkan jerawat
Vitamin c, alpha hydroxyl acids (AHA), asam salsilat, dan flavonoid yang ada pada buah strawberry mampu membersihkan jerawat dan mengurangi minyak berlebih pada wajah. Hal itu merupakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan kulit yang berminyak.

5. Menghilangkan pembengkakan dibawah mata
Pembengkakan pada area dibawah mata memang sangat mengganggu apalagi bagi wanita membuat tidak percaya diri. Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan strawberry sebagai bahan alami yang sangat praktis dan efektif. Pertama, siapkan buah strawberry segar, belah menjadi dua. Kemudian kedua potongan tersebut letakkan pada mata sambil dipejamkan diamkan selama 15 menit. Lakukan secara rutin sampai pembekakan pada mata tidak terlihat.

6. Menyehatkan mata
Strawberry juga bisa diandalkan untuk menyehatkan mata. Cukup konsumsi buah yang satu ini setiap hari maka kesehatan mata Anda akan tetap terjaga. Selain itu, kita juga bisa terhindar dari radikal bebas.

7. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Memang banyak sekali manfaat vitamin C bagi tubuh, salah satunya menjaga sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah.  Didalam buah strawberry juga terdapat vitamin C, jika kita mengonsumsi secangkir jus strawberry maka 136% vitamin C telah masuk didalam tubuh. Hal tersebut sangat efektif untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

8. Menjaga jantung
Serat yang tinggi, mengandung asam folat dan antioksidan, rendah lemak dan vitamin B semuanya ada didalam strawberry. Semua senyawa itu dapat memperkuat otot jantung sehingga jantung dapat bekerja secara baik dan normal. Selain itu senyawa-senyawa tersebut juga dapat mengurangi kolesterol.

9. Menjaga fungsi otak
Semakin umur bertambah, semakin melemah juga kerja semua organ didalam tubuh. Seperti melemahnya jaringan otak dan saraf. Jika jaringan otak dan saraf tidak bekerja dengan baik maka dapat mengganggu fungsi otak. Vitamin C dan fitokimia pada strawberry dikenal mampu menjaga serta meningkatkan fungsi otak Anda. selain itu, kandungan yodium pada strawberry juga menjaga fungsi otak dan sistem saraf.

10. Menurunkan berat badan secara alami
Strawberry merupakan salah satu buah yang dipercaya dapat menurunkan berat badan secara alami. hal ini dikarenakan strawberry termasuk buah-buahan yang rendah kalori sehingga baik untuk seseorang yang sedang  melakukan diet. Caranya hanya dengan membuat strawberry menjadi jus.

11. Baik untuk ibu hamil
Strawberry sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil. Karena kandungan asam folat yang ada pada buah strawberry memang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk membantu perkembangan otak pada bayi yang ada didalam kandungan. Selain itu, asam folat juga baik untuk mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat.

12. Mampu menjaga kesehatan kulit
Didalam strawberry memang banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh salah satunya  asam ellagic yang berfungsi untuk mencegah kanker dan menyehatkan kulit serta bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari/ sinar UV.

13. Mencegah kekurangan darah
Jika Anda kurang darah atau biasa disebut anemia, cobalah untuk mengonsumsi strawberry. Karena kandungan zat besi yang ada didalamnya sangat baik untuk Anda yang sedang mengalami anemia.

14. Menyehatkan tulang
Karena mengandung mangan,kalium, dan vitamin K, strawberry dapat membantu untuk mempertahankan kepadatan tulang sehingga tulang akan semakin kuat dan juga sehat. Konsumsilah strawberry secara rutin agar Anda terhindar dari keropos tulang.

15. Memperkuat daya ingat
Banyak ahli yang telah meneliti bahwa mengonsusmsi strawberry dapat memperkuat daya ingat, meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak untuk memproses informasi. Selain itu strawberry juga mencegah terjadinya cacat otak pada bayi selama dalam kandungan.

16. Mencegah pertumbuhan jamur
Kandungan lain yang terdapat pada strawberry  yaitu mineral seperti tembaga, magnesium dan mangan. Senyawa-senyawa tersebut dapat menghambat terjadinya pertumbuhan jamur dikulit kepala Anda.

17. Mengatasi stroke
Antioksidan quercetin, kaemferol, dan antosianin telah terbukti dapat mengurangi pembekuan darah yang dapat membuat terjadinya stroke. Kalium yang terdapat pada strawberry pun dipercaya mampu mengurangi resiko kanker.


Itulah beberapa manfaat strawberry untuk kesehatan dan kecantikan. Bagaimana, masih tidak suka dengan buah yang satu ini ? saya rasa setelah membaca manfaat diatas Anda akan menjadi suka mengkonsumsi buah strawberry.