32 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Kunyit yang memiliki nama latin Curcuma Domestica Val adalah salah satu rempah-rempah khas Indonesia yang sering dimanfaatkan oleh para ibu rumah tangga untuk menyedapkan masakan mereka. Seperti yang kita ketahui bahwa masakan Indonesia terkenal dengan beragam bumbunya, hampir disetiap masakan khas Indonesia menjadikan kunyit sebagai salah satu bumbunya seperti pada makanan gulai, nasi kuning, pindang, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Nah selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak, kunyit ini juga sering dijadikan sebagai jamu ataupun ramuan obat tradisional. Bahkan tidak hanya itu saja, jika kita lihat pada saat ini bahwa kunyit juga kerap kali dijadikan sebagai bahan dasar untuk pembuatan produk-produk kecantikan. Kunyit dipercaya bisa membantu memutihkan wajah, menghilangkan jerawat, menyegarkan kulit hingga menghilangkan mata panda.

Manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan


Baiklah apabila Anda penasaran ingin mengetahui lebih lengkap lagi mengenai manfaat dari kunyit ini maka silahkan simak saja tulisan dibawah ini

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Dapat Meningkatkan Sistem Imun
Antioksidan dan fitonutrien dalam kunyit dapat meningkatkan kesehatah tubuh secara keseluruhan. Ini juga termasuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah Anda agar terhindar dari berbagai penyakit.

2. Sebagai Antiseptic Alami
Kunyit dapat dijadikan sebagai antiseptik alami untuk menyembuhkan luka secara cepat, jika kulit Anda terluka gunakanlah kunyit yang telah ditumbuk dan letakkan pada bagian kulit yang terluka. Hal tersebut dapat mempercepat penyembuhan luka Anda.

3. Mengatasi Rheumatoid
Rheumatoid dapat disembuhkan dengan kunyit. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan rheumatoid Anda.

4. Mencegah penuaan dini
Untuk mencegah proses penuaan dini banyak cara yang dapat Anda lakukan, salah satunya dengan kunyit. Sifat antioksidan pada kunyit dapat mencegah Anda dari proses penuaan sejak dini.

5. Menghilangkan bekas luka
Jika Anda memiliki bekas luka, Anda dapat menghilangkan bekas luka tersebut dengan menggunakan kunyit. Pasti bertanya-tanya, kok bisa yah kunyit dapat menghilangkan bekas luka ? Hal ini telah terbukti, untuk menghilangkan bekas luka tersebut Anda hanya perlu menggosok-gosokkan bagian kunyit pada bekas luka Anda sekitar beberapa menit kemudian setelah itu diamkan sejenak. Lalu bilas dengan air bersih. Jika Anda melakukannya secara rutin, dapat dipastikan bekas luka Anda akan memudar dan menghilang dengan sendirinya. 

6. Mengatur Insulin
Salah stau peran kunyit terhadap diabetes yaitu dapat mengatur kadar insulin. Pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh manusia, jika kadar insulin tersebut masih dalam kadar normal maka hal tersebut baik bagi tubuh. Tetapi sebaliknya, jika kadar insulin yang dihasilkan pankreas melebihi kadar normal maka dapat menimbulkan penyakit. Peran kunyit disini adalah mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin, ini berkat anti glikemik yang ada pada kunyit. Tidak hanya itu, kunyit juga mencegah resistensi insulin dengan menurunkan kadar gula darah juga trigliserida didalam tubuh.

7. Dapat Mengurangi Lemak
Kebanyakan penderita diabetes akan mengalami kenaikan berat badan. Hal tersebut sangat tidak menguntungkan bagi si penderita karena telah kita ketahui bahwa kelebihan berat badan dapat dikatakan sebagai salah satu penyebab timbulnya penyakit diabetes. Tidak hanya berperan mengatur insulin, kunyit juga dapat mencegah diabetes dengan cara mengurangi lemak pada tubuh yang menyebabkan berat badan terus naik melalui kandungan kurkuminnya. Selain itu, kandungan kurkumin juga dapat menghilangkan akumulasi lemak yang berbahaya bagi tubuh Anda.

8. Mencegah Infeksi
Diabetes tipe-1 dapat ditingkatkan oleh adanya virus cixsackie B4. Untuk mencegah infeksi virus tersebut kunyit dapat mengatasinya. Antivirus, antibakteri, antibiotic pada kunyit dapat mencegah infeksi ini dan akhirnya mengobati dan mengontrol penyakit diabetes.

9. Menjaga Kesehatan Kulit
Jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat maka Anda bisa mengonsumsi kunyit. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan susu atau gula. Tambahkan dengan air hangat, aduk hingga rata lalu minum ramuan tersebut. Minum setiap hari dan lihat manfaatnya pada kulit Anda.

10. Sebagai Masker Wajah
Kunyit dapat dijadikan sebagai masker wajah untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat. Nah, cara membuat masker wajah dari kunyit ini juga terbilang muda yaitu pertama, campurkan pasta kunyit dan tepung buncis lalu tambahkan sedikit air. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada wajah Anda sebagai masker. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air bersih. Lihatlah sendiri perbedaan yang terjadi pada kulit Anda.

11. Mengobati Gatal
Masalah ini dapat Anda atasi hanya dengan mencampurkan tumbukan kunyit dengan minyak. Kemudian oleskan pada area yang bermasalah atau gatal

12. Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Kanker
Kunyit memiliki sifat Anti-kanker yang sangat baik. Seperti yang kita ketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan sehingga sebisa mungkin kita harus mencegah datangnya penyakit ini. Nah, salah satu cara mencegah penyakit kanker adalah dengan mengkonsumsi kunyit. kandungan anti kanker yang terdapat didalam kunyit ini mampu mengurangi resiko terbentuknya kanker didalan tubuh.


Manfaat Kunyit Lainnya


13. Dapat mendetoksifikasi racun yang berbahaya dan bahan kimia pada tubuh.
14. Kunyit dapat mencegah penyakit leukemia.
15. Kunyit berguna untuk menyembuhkan pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari atau sinar UV.
16. Perut mules pada saat haid
17. Dapat mengobati penyakit Amandel, Batuk, sakit perut, Morbili
18. Mengatasi diare
19. Mengatai penyakit maag
20. Mengatasi sembelit atau susah buang air besar
21. Mengobati sakit kepala
22. Mengobati sariawan
23. Dapat mengatasi mabuk kendaraan
24. Mengobati sakit gigi yang belubang
25. Dapat menambah darah
26. Menambah nafsu makan
27. Mengobati bengkak akibat disengat serangga
28. Mengobati kuliy berminyak
29. Mengatasi rambut rontok
30. Mengatasi rambut berketombe
31. Dapat menghaluskan tumit dan siku
32. Membuat kulit gelap menjadi lebih cerah dan putih.

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan. Terimakasih bagi Anda yang telah menyimak artikel ini. Semoga manfaat kunyit ini dapat menambah pengetahuan Anda bahwa kunyit memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kecantikan.