Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Ampuh

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan cepat
Cara menghilangkan ketombe sebenarnya tidaklah terlalu sulit karena ada beberapa cara alami yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan ketombe ini. Anda tidak perlu repot-repot, apalagi sampai mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli produk-produk perawatan penghilang ketombe yang banyak dijual dipasaran karena ternyata bahan-bahan alami rumahan yang murah meriah seperti garam, lidah buaya dan lainnya juga sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe dengan cepat dan tentunya aman.

Nah, sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan alami maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja sih penyebab rambut berketombe.


Penyebab Ketombe Pada Rambut


1. Malas Mencuci Rambut
Salah satu penyebab mengapa ketombe bisa bersarang di kulit kepala Anda adalah karena kebiasaan malas untuk mencuci rambut. Seseorang yang tidak mencuci rambutnya secara teratur maka akan menyebabkan kotoran dan debu menjadi menumpuk di rambut mereka yang kemudian lama kelamaan akan memicu timbulnya ketombe.

2. Cuaca
Perubahan cuaca yang tak menentu juga bisa menjadi penyebab munculnya ketombe pada rambut Anda. Maka dari itu usahakan agar selalu memperhatikan kebersihan rambut dan kulit kepala agar ketombe tidak mudah muncul di rambut Anda meskipun cuaca tak menentu.

3. Kekurangan Gizi
Penyebab selanjutnya mengapa dirambutnya sering  muncuk ketombe adalah karena kekurangan asupan gizi. Seseorang yang kekurangan asam lemak esensial, vitamin B6, dan kekurangan selenium snagat rentan berketombe. So, pastikan bahwa kebutuhan gizi Anda terpenuhi setiap hari agar tubuh tetap sehat dan Anda pun terhindar dari ketombe.

4. Stres
Faktor penyebab munculnya ketombe yang terakhir adalah karena akibat stres. Seseorang yang sedang mengalami stres, tidak hanya beresiko mengalami depresi tetapi juga bisa memicu munculnya ketombe pada rambut.

Nah, setelah Anda mengetahui penyebab rambut berketombe maka seperti yang sudah saya janjikan diatas bahwa saya akan membagikan tips atau cara mengatasi ketombe secara alami yang pastinya aman dan ampuh.


Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami


1. Garam
Bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe ini adalah garam. Cara menghilangkan ketombe dengan garam dapur ini terbilang sangat mudah untuk diaplikasikan yaitu cukup taburkan saja garam pada seluruh rambut Anda secara merata dan kemudian gosok-gosok rambut Anda. Ingat, sebelum melakukan cara ini maka terlebih dahulu basahi rambut Anda. Setelah selesai menggosok-gosokan garam di rambut Anda maka bilas rambut Anda dengan air bersih. Boleh juga menggunakan shampo agar seluruh sisa kotoran yang ada di kulit kepala Anda bisa hilang.

2. Baking Soda
Baking soda tidak hanya bermanfaat untuk membuat kue tetapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dirambut. Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan baking soda ini juga sangat simpel dan hampir sama dengan cara diatas.  Basahi terlebih dahulu rambut anda hingga ke kulit kepala, lalu setelah itu baru oleskan atau balurkan baking soda ke seluruh rambut Anda sambil sedikit diberi pijatan lembut.

Bagi Anda yang baru sekali menggunakan cara ini maka rambut Anda akan terasa kering tetapi jangan khawatir nantinya rambut Anda akan kembali seperti semula. Setelah 10 menit, kemudian bilas rambut Anda air bersih. Boleh juga menggunakan shampo agar rambut Anda menjadi wangi dan seluruh kotoran sisa baking soda tadi menjadi hilang.

3. Lidah buaya
Kemudian bahan alami selanjutnya yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah ketombe adalah lidah buaya. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah yaitu Anda tinggal siapkan saja satu batang lidah buaya lalu belah menjadi dua dan ambil gel nya. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada seluruh rambut Anda dan gosok-gosok atau dipijat dengan tangan. Biarkan saja kira-kira 10 menit, setelah itu baru bilas rambut Anda dengan air bersih.

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya ini bisa dikatakan sangat ampuh dan praktis sehingga Anda tidak perlu harus membeli produk perawatan rambut yang berharga mahal untuk menghilangkan ketombe.

4. Daun Pandan
Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan menggunakan daun pandan. Jika biasanya daun pandan digunakan untuk penyedap dan pewangi masakan tetapi kali ini kita akan memanfaatkan daun pandan ini untuk menghilangkan ketombe.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah yaitu pertama tumbuk atau blender beberapa lembar daun hingga halus, jangan lupa tambahkan dengan satu gelas air putih. Setelah halus, peras dan saring ramuan tersebut lalu baru dioleskan pada seluruh rambut Anda. Berikan pijatan lembut pada rambut Anda dan kemudian setelah itu bungkus rambut Anda dengan menggunakan handuk. Biarkan selama satu jam, setelah itu baru dibilas dan dicuci dengan menggunakan air bersih.

5. Cuka Apel
Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel juga sangat mudah untuk Anda terapkan dirumah. Oleskan saja cuka apel pada seluruh rambut Anda yang sebelumnya sudah dibasahi dan kemudian berikan sedikit pijatan lembut. Biarkan saja selama 15 menit dan kemudian baru bilas rambut Anda dengan menggunakan air bersih, boleh menggunakan shampo.

6. Jeruk Nipis
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini karena memang jeruk nipis sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Nah, bagi Anda yang mempunyai masalah dengan ketombe maka bisa memanfaatkan jeruk nipis ini untuk menghilangkan ketombe membandel di kulit kepala Anda.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe sangatlah simpel dan praktis yaitu Anda siapkan saja dua sampai tiga buah jeruk nipis lalu kemudian peras dan ambil airnya. Hasil perasan jeruk nipis tersebut oleskan pada seluruh rambut Anda, jangan lupa berikan sedikit pijatan agar kotoran dikulit kepala Anda terangkat semua. Setelah itu, baru bilas rambut Anda dengan menggunakan air bersih.


Itulah cara menghilangkan ketombe secara alami dan cepat sehingga Anda tidak perlu membeli produk perawatan rambut berharga jutaan hanya untuk menghilangkan ketombe. Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat untuk Anda, silahkan bagikan agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui bagaimana cara menghilangkan ketombe ini.