Cara Mencegah Agar Rambut Tidak Beruban di Usia Muda

Uban atau rambut putih terkadang di anggap “aib” oleh sebagian orang, padahal seperti yang kita ketahui bahwa seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia maka setiap orang didunia ini sudah pasti akan mengalami penuaan seperti kulit kendur, tumbuh uban dan lainnya. Nah, maka dari itu Anda tidak perlu khawatir apabila rambut sudah mulai beruban karena hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Yang tidak wajar adalah apabila uban tersebut tumbuh pada saat usia Anda masih muda atau remaja.

Cara mencegah rambut beruban di usia muda

Rambut beruban di usia remaja atau muda tentu saja  bukan sesuatu yang normal dan pasti ada yang salah dengan diri Anda baik itu kesalahan dalam menjalani gaya hidup atau juga bisa pola makan yang tidak sehat. Meskipun uban tersebut bisa di tutupi dengan cara di semir tetapi hal tersebut bukanlah solusi yang tepat karena hanya bersifat sementara dan uban akan muncul kembali nantinya.

Nah, maka dari itu sebelum rambut Anda timbul uban maka sebaiknya lakukan hal-hal berikut agar uban tidak tumbuh di saat usia Anda masih muda. 

1. Konsumsi Makanan Bergizi
Para ahli jauh-jauh hari telah mengatakan bahwa jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat maka jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Nah, tentunya makanan bergizi ini tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat saja tetapi juga membuat rambut menjadi sehat dan bisa menghindari penuaan pada rambut sehingga rambut Anda tidak mudah beruban. 

Konsumsilah makanan seperti wortel, bayam, buncis, telur, buah beri, daging hati karena makanan tersebut tidak hanya baik untuk tubuh Anda tetapi juga bisa mencegah rambut beruban di usia muda. 

2. Pilih Shampo Yang Tepat
Pemilihan shampo yang tepat juga bisa meminimalisir timbulnya uban di usia muda dan menjadikan rambut Anda menjadi sehat dan indah sepanjang hari. Perhatikan gunakanlah satu merek shampo saja dan jangan terlalu sering-bergonta-ganti shampo karena hal ini bisa membuat rambut Anda semakin cepat beruban. So, pandai-pandailah dalam memilih suatu produk shampo dan jangan sampai tergiur dengan setiap iklan yang ada.

3. Hindari Stres
Kemudian tips selanjutnya untuk mencegah agar rambut tidak mudah beruban di usia muda adalah menghindari stres yang berlebihan. Ketika kita sedang stres dan dibiarkan tanpa Anda kendalikan maka lama-kelamaan bukan hanya bisa menyebabkan depresi tetapi juga bisa membuat produksi pigmen pada rambut berkurang sehingga menyebabkan rambut menjadi putih atau beruban.

4. Berhentilah Gonta-Ganti Warna Rambut
Masa muda memang masa emas dan pada masa itu banyak remaja yang ingin mencoba segala hal dan salah satunya adalah bergonta-ganti warna cat rambut agar terlihat menawan dan stylish. Meskipun Anda keren dengan warna rambut yang selalu bergonta-ganti tetapi hal kegiatan tersebut ternyata berdampak buruk bagi kesehatan rambut Anda, bahkan gonta-ganti warna rambut bisa memicu timbulnya uban di usia muda.

5. Pijat Rambut
Kemudia terakhir agar rambut tidak beruban di usia muda adalah dengan cara rutin melakukan perawatan rambut salah satunya adalah pijat rambut. Jangan malas untuk memijat rambut Anda, gunakanlah minyak kemiri ketika memijat rambut agar rambut Anda tetap hitam, sehat dan cepat panjang.


Itulah tips sederhana untuk mencegah agar rambut tidak beruban di usia muda. Bagaimana, mudah bukan ? lebih baik mencegah daripada mengobati. Baca Juga : 5 Cara Alami Untuk Menghilangkan Uban Dengan Cepat