3 Cara Memilih Shampo Yang Baik Untuk Rambut

Shampo merupakan salah satu perlengkapan mandi yang wajib Anda miliki jika ingin memiliki rambut yang sehat dan indah. Seperti yang kita ketahui bahwa shampo biasanya digunakan pada rambut dan berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang ada pada kulit kepala. Tidak hanya itu shampo juga membantu rambut Anda menjadi lebih kuat dan terlihat berkilau.

Tips untuk memilih shampo yang baik

Nah ngomong-ngomong masalah shampo, pada saat ini sudah banyak sekali beredar berbagai merk shampo dipasaran yang menjanjikan hasil luar biasa sehingga terkadang membuat kita menjadi bingung untuk memilih produk mana yang cocok dan sesuai untuk rambut kita.  Biasanya karena memiliki banyak pilihan maka sebagian orang lebih suka mencoba bergonta-ganti shampo, padahal kebiasaan sering gonta-ganti shampo bisa merusak kesehatan rambut.

Untuk mengatasi kebingungan Anda dalam memilih shampo yang cocok untuk rambut Anda maka coba ikuti tips dibawah ini agar Anda bisa menemukan shampo yang tepat dan sesuai dengan jenis rambut yang Anda miliki. Penasaran bagaimana caranya ? yuk kita simak tulisan dibawah ini.

Tips Memilih Shampo Yang Benar


1. Kenali Tekstur Rambut Anda
Sebelum membeli shampo ada baiknya kenali terlebih dahulu tekstur rambut Anda agar nantinya kita tidak salah dalam memilih shampo. Anda harus tahu, apakah rambut yang Anda miliki lurus, keriting, rapuh, tipis atau bervolume ? nah, jika Anda sudah mengenali tekstur rambut yang Anda miliki maka sekarang saatnya untuk mencari shampo. Misalnya Anda memiliki rambut tipis maka carilah shampo yang bisa meningkatkan volume rambut, kemudian jika rambut Anda rapuh maka belilah shampo yang bisa menguatkan rambut. Biasanya setiap shampo yang dijual dipasaran pasti ada label kemasan yang menjelaskan fungsi dari shampo tersebut. So, pilihlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut kita.

2. Kenali Permasalah Rambut Anda
Cara kedua adalah dengan mengenali masalah pada rambut Anda. Coba perhatikan, apakah rambut Anda mempunyai masalah seperti berketombe, rontok, bercabang atau kusam ? nah, jika Anda sudah mengetahui apa permasalahan pada rambut Anda maka baru kita beli shampo.

Dengan begitu Anda tidak akan bergonta-ganti shampo karena kita sudah tahu shampo seperti apa yang dibutuhkan oleh rambut kita agar kerusakan pada rambut Anda bisa teratasi. Biasanya pada label kemasan shampo sudah ada tertera manfaat dan kegunaannya sehingga Anda hanya dituntut teliti dan membaca sebelum membeli sehingga tidak salah pilih.

3. Pastikan Kandungan Shampo Aman
Tips memilih shampo yang benar selanjutnya adalah pastikan bahwa kandungan didalam shampo yang Anda beli aman untuk kulit kepala dan rambut. Jika Anda tidak jeli dan malas membaca kandungan shampo yang tertera pada label kemasan maka hal tersebut akan merugikan Anda sendiri. Setidaknya hindari shampo-shampo yang mengandung kelima bahan ini, yaitu Sodium Lauryl/Laureth Sulfate, Dietanolamina, Parabens, Formaldehyde, Ammonium Lauryl, Laureth Sulfate, dan Ammonium Xylene Sulfonate karena bisa merusak keindahan rambut Anda.

Itulah tips agar tidak salah memilih shampo untuk rambut. Bagaimana mudah bukan ? so, telitilah sebelum membeli dan biasakan untuk membaca label yang tertera pada kemasan. Baca Juga : Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang Dan Tidak Rontok