9 Bahaya Akibat Kurang Tidur Malam Bagi Tubuh

Tidur cukup dimalam hari sangatlah penting karena hal ini merupakan salah satu kunci agar kita tetap sehat dan segar ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Meskipun kebutuhan tidur setiap orang tidaklah sama tetapi menurut para ahli kesehatan bahwa waktu tidur malam yang ideal untuk orang dewasa adalah tujuh hingga sembilan jam per malamnya. Apabila kita kekurangan jam tidur setiap malamnya maka hal ini tidak hanya akan membuat kita merasa mengantuk ataupun lesu berkepanjangan ketika bangun tidur dipagi hari tetapi juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui apa saja dampak negatifnya bagi kesehatan akibat kurang tidur malam ini maka silahkan simak saja selengkapnya dibawah ini.

Bahaya Kesehatan Akibat Kurang Tidur Malam



Bahaya Kesehatan Akibat Kurang Tidur Malam


1. Sistem Kekebalan Menurun
Begadang setiap malam akan membuat tubuh anda menjadi lemah dan mudah terserang berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh kita menurun sehingga tidak bisa bekerja secara optimal lagi dalam melawan infeksi bakteri ataupun virus jahat yang masuk kedalam tubuh kita. Nah, apabila Anda terus-terusan begadang dan kekurangan jam tidur malam maka dampaknya sangat buruk bagi kesehatan Anda.

2. Depresi
Kekurangan waktu tidur tidak hanya membuat sistem imun didalam tubuh kita melemah tetapi juga bisa membuat kita rentan stres bahkan depresi. Kurang tidur ini biasanya akan membuat emosi kita menjadi tidak stabil sehingga gampang marah. Akibat tekanan emosi yang tidak stabil ini maka terkadang membuat seseorang rentan stres hingga depresi.

3. Membuat Berat Badan Naik
Seseorang yang sering tidur larut malam biasanya akan sering kali merasa lapar sehingga mereka lebih sering makan. Apabila hal ini terus berlanjut tentunya lama kelamaan akan membuat berat badan Anda menjadi naik. So, maka dari itu sebaiknya tidurlah 8 jam setiap malam agar tubuh Anda tetap sehat dan tetap langsing. Bukankah berat badan yang berlebihan merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes ?

4. Menurunkan daya Ingat
Kemudian dampak negatif selanjutnya akibat kurang tidur malam adalah menurun nya daya ingat. Sering begadang akan membuat kita menjadi mudah lupa dan otak menjadi tumpul sehingga kita akan sangat sulit untuk berkonsentrasi. Selain itu, Anda juga mudah mengantuk di siang hari sehingga tentunya akan sangat menggangu aktivitas harian Anda.

5. Penuaan Dini
Kurang tidur dimalam hari juga bisa membuat seseorang mengalami penuaan dini. Penuaan dini merupakan salah momok yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang terutama wanita karena akibat penuaan dini membuat mereka tampak tua padahal usianya masih muda. Tidak hanya itu saja, kurang tidur juga bisa membuat kulit menjadi kusam sehingga membuat Anda menjadi tidak cantik lagi.

6. Diabetes
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa seseorang yang kurang tidur dimalam hari maka mereka akan selalu merasa lapar sehingga makan lebih sering. Hal ini bisa memicu kenaikan berat badan dan menyebabkan Anda terkena obesitas. Nah, obesitas inilah yang merupakan pemicu timbulnya penyakit diabetes.

7. Kecelakaan Lalu Lintas
Mungkin kita tidak heran lagi dan sering mendengar di televisi bahwa salah satu penyebab seseorang mengalami kecelakaan adalah karena supirnya mengantuk, bahkan kita tidak hanya sekali dua kali saja mendengar berita semacam ini tetapi sudah sangat sering. Nah, maka dari itu apabila Anda kurang tidur dimalam hari maka sebaiknya jangan nekat untuk pergi berkendara di siang hari karena hal ini sangat berbahaya dan bisa memicu terjadinya kecelakaan.

8. Gangguan Tidur Berat
Dampak negatif selanjutnya adalah bisa menyebabkan kita mengalami gangguan tidur akut sehingga kita akan kesulitan untuk tidur dimalam hari. Apabila sudah begini maka Anda tidak bisa menganggap ini masalah sepele lagi dan sebaiknya harus segera berkonsultasi kepada dokter karena apabila dibiarkan akan membuat kepala Anda menjadi sakit, mudah lelah bahkan hingga kematian.

9. Mati Mendadak
Terakhir, kurang tidur dimalam hari juga bisa berakibat fatal dan membuat seseorang meninggal secara mendadak. Biasanya hal ini terjadi karena tubuh sudah mengalami masalah yang komplek yaitu mulai dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau diaebetes.


Itulah 9 bahaya kesehatan akibat kurang tidur malam yang harus Anda waspadai. So, mulailah dari sekarang menjalani gaya hidup yang sehat dan tidur yang cukup agar tubuh kita tetap sehat dan bugar sepanjang hari.