Cara Membuat Air Mawar Sendiri di Rumah

Cara membuat air mawar sebenarnya tidaklah terlalu susah sehingga untuk itu Anda tidak perlu repot-repot harus mengeluarkan uang untuk membeli air mawar yang dijual dipasaran. Selain harganya yang cukup mahal, air mawar yang dijual dipasaran terkadang tidak terjamin keaslian nya sehingga apabila Anda kurang teliti didalam membeli maka bisa-bisa Anda malah akan mendapatkan air mawar yang telah dicampur atau tidak murni lagi.

Seperti yang kita ketahui, air mawar memang sudah dikenal sejak dahulu memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kecantikan kulit wajah ataupun rambut. Penggunaan air mawar secara rutin dipercaya bisa membantu membuat kulit wajah menjadi putih berseri, halus dan lembab. Bahkan air mawar ini juga bisa dijadikan toner yang berfungsi untuk membantu menyegarkan kulit wajah.

Cara Membuat Air Mawar Sendiri di Rumah


Nah, begitu banyak manfaat dari air mawar ini bukan ? maka dari itu tidak ada salahnya apabila Anda sesekali membuat air mawar sendiri dirumah dibandingkan harus membeli. Tenang, cara membuat air mawar ini sangatlah mudah dan tidak terlalu susah sehingga saya yakin Anda pasti bisa membuatnya di rumah.


Cara Membuat Air Mawar di Rumah


1. Siapkan Kelopak bunga mawar segar secukupnya yang sudah di cuci bersih
2. Kemudian rebus air menggunakan panci sebanyak 2-3 gelas, tunggu hingga mendidih
3. Apabila air sudah mendidih maka masukan kelopak bunga mawar
4. Rebus dengan api kecil, biarkan sampai warna kelopak bunga mawar berwarna pucat.
5. Setelah itu matikan kompor dan tunggu hingga rebusan menjadi dingin. Jangan buka tutup panci
6. Setelah dingin, masukan panci kedalam kulkas dan biarkan hingga 24 jam. Ingat, pastikan bahwa tutup panci tidak terbuka.
7. Apabila sudah 24 jam di dalam kulkas maka baru setelah itu buka tutup panci dan saring air mawar ke dalam botol yang kedap udara.
8. Apabila Anda ingin air mawar bisa bertahan lama maka usahakan untuk selalu menyimpan nya didalam kulkas.
9. Selesai, air mawar siap digunakan kapan saja

Note: Usahakan untuk merebus kelopak mawar dengan air sulingan agar hasilnya lebih maksimal, apabila tidak ada air sulingan maka Anda bisa menggantinya dengan air RO.

Cara Menggunakan Air Mawar Untuk Wajah dan Rambut


1. Sebagai Toner
Bagi Anda yang ingin memanfaatkan air mawar ini sebagai toner maka caranya sangat mudah yaitu cukup dengan meneteskan air mawar pada kapas dan kemudian sapukan pada bagian kulit wajah secara merata. Apabila digunakan secara rutin maka akan membuat kulit wajah Anda menjadi lembab dan segar. Selain itu, air mawar ini juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah ketika kita selesai beraktivitas di sore hari.

2. Sebagai Masker Wajah
Anda juga bisa menggunakan air mawar sebagai masker untuk wajah. Kita bisa mencampur air mawar dengan beberapa bahan alami lainnya agar hasilnya lebih maksimal. Salah satu bahan alami yang bisa kita campurkan dengan air mawar dan kemudian dijadikan sebagai masker wajah adalah putih telur. Campuran putih telur dan air mawar ini sangat ampuh untuk membantu melembabkan serta mencerahkan kulit wajah.

Cara membuat masker ini sangat mudah yaitu Anda tinggal campurkan saja putih telur ayam kampung dengan satu sendok air mawar dan kemudian aduk agar kedua bahan tercampur rata, setelah itu gunakan sebagai masker wajah.

Selain putih telur, Anda juga mencampurkan air mawar dengan kulit jeruk. Caranya juga sangat mudah yaitu keringkan kulit jeruk terlebih dahulu dan kemudian apabila sudah kering maka giling hingga halus. Nah, kemudian campurkan kulit jeruk yang sudah halus tersebut dengan satu sendok air mawar lalu jadikan sebagai masker. Biarkan masker ini melekat di wajah Anda selama 15 menit dan setelah itu baru bilas dengan air bersih

3. Untuk Rambut
Air mawar juga bisa membantu menjaga kesehatan rambut. Caranya yaitu, Anda cukup menyiapkan setengah ember kecil air dan kemudian masukan 1-2 sendok air mawar kedalam air tersebut. Gunakan air tersebut sebagai pembilas rambut ketika Anda selesai keramas. Apabila hal ini Anda lakukan secara rutin maka rambut akan Anda terlihat lebih bersinar dan lembut.


Itulah cara membuat air mawar sendiri di rumah. Bagaimana, mudah bukan ? dibandingkan harus membeli maka tidak ada salahnya jika sesekali Anda mencoba membuatnya sendiri.