5 Tips Agar Gigi Tidak Mudah Berlubang


Gigi berlubang merupakan salah satu momok paling menakutkan bagi kebanyakan orang karena ketika gigi sudah mulai berlubang maka biasanya terkadang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya pada gigi kita, salah satunya adalah sakit gigi. Sakit gigi yang diakibatkan oleh gigi berlubang memang terdengar sesuatu yang sepele tetapi kenyataannya tidaklah demikian. Ketika gigi yang berlubang tersebut sudah mulai menimbulkan rasa sakit maka siap-siap saja akan membuat Anda menderita. 

Nah, maka dari itu agar gigi Anda tidak mudah berlubang maka mulailah sejak dini untuk selalu rajin merawat serta membersihkan gigi setiap hari. Gosoklah gigi Anda setidaknya 2-3 kali sehari setiap pagi dan malam hari ketika hendak tidur. Dengan rajin menggosok gigi maka kesehatan gigi Anda akan tetap terjaga dan terhindar dari gigi berlubang dan bau mulut.

Tips Mencegah Gigi Berlubang


Ternyata selain harus rajin menyikat gigi, berikut dibawah ini ada beberapa tips lainnya yang bisa membantu Anda agar terhindar dari gigi berlubang.


Cara Mencegah Gigi Berlubang


1. Kurangi Mengkonsumsi Gula dan Makanan Berlemak
Jika Anda ingin terhindar dari gigi berlubang maka menggosok gigi saja tidak cukup tetapi Anda juga harus membatasi mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula serta makanan yang berlemak. Meskipun kedua makanan tersebut terkadang sangat enak tetapi usahakan agar Anda tidak terlalu berlebihan mengkonsumsinya karena makanan tersebu bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan membuat gigi Anda menjadi mudah berlubang. Selain menyebabkan gigi berlubang, mengkonsumsi makanan manis serta berlemak secara berlebihan juga bisa memicu terjadinya berbagai macam masalah pada kesehatan Anda. 

2. Tambahkan Minyak Kelapa Dalam Menu Makanan Anda
Kemudian tips selanjutnya agar kesehatan gigi tetap terjaga dan tidak mudah berlubang yaitu dengan cara menambahkan minyak kelapa kedalam menu diet Anda. Kandungan vitamin serta mineral pada minyak kelapa tidak hanya menyehatkan tubuh saja tetai juga bisa membantu menguatkan akar serta enamel gigi sehingga kesehatan gigi Anda tetap terjaga dan mencegah terjadinya gigi berlubang. 

3. Konsumsi Sayur dan Buahan
Mengkonsumsi sayur dan buah adalah suatu keharusan karena banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rajin mengkonsumsi sayur dan buahan. Selain membuat tubuh menjadi sehat, rajin makan sayur dan buah juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi serta menghindari gigi berlubang.

4. Agar-Agar
Agar-agar merupakan salah satu makanan yang cukup populer di masyarakat kita. Selain rasanya yang enak, cara membuat agar-agar pun juga cukup mudah sehingga tak heran apabila kebanyakan dari kita sangat menyukai agar-agar dan sering membuatnya dirumah. Nah tahukah Anda, dibalik rasanya yang lezat ternyata agar-agar juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat agar-agar ini yaitu bisa membantu menjaga kesehatan gigi serta gusi. 

5. Bersihkan Dengan Floss
Untuk memperkecil kemungkinan terjadinya gigi berlubang maka usahakan agar Anda selalu membersihkan gigi dengan dental floss. Meskipun sikat gigi sudah bisa membantu menghindari Anda dari gigi berlubang tetapi alangkah baiknya jika Anda juga sesekali menggunakan dental floss agar gigi kita menjadi lebih bersih dan sehat sehingga gigi Anda tidak mudah berlubang.


Itulah tips untuk mencegah agar gigi tidak mudah berlubang dan tetap sehat serta kuat sepanjang waktu. Semoga bermanfaat