Cara Agar Tubuh Tetap Fit dan Segar Saat Puasa

Puasa merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat muslim, mereka dianjurkan untuk menahan lapar serta haus mulai dari sebelum matahari terbit hingga sampai matahari tenggelam. Ketika kita berpuasa maka otomatis tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan ataupun asupan cairan kurang lebih selama 14 jam sehingga tak heran apabila terkadang hal tersebut membuat kita menjadi lesu dan tidak bertenaga untuk menjalani akitivtas harian.

Meskipun saat berpuasa kita tidak boleh makan dan minum di siang hari tetapi jika Anda pandai-pandai didalam mengatur pola makan saat berbuka dan sahur maka sebenarnya tubuh kitapun akan selalu fit dan segar sepanjang bulan puasa.

Cara Agar Tubuh Tetap Fit dan Segar Saat Puasa


Nah, berikut dibawah ini ada beberapa tips sederhana agar tubuh tetap fit dan segar saat puasa sehingga Andapun bisa menjalani aktivitas harian dengan lancar tanpa ada hambatan.

Cara Agar Tubuh Tetap Fit Saat Puasa


1. Konsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur
Jika Anda ingin tubuh tetap fit serta segar saat puasa maka kunci utamanya yaitu terletak pada sahur. Jika Anda melewatkan sahur maka tentunya badan akan terasa lesu serta tidak bertenaga saat disiang hari. Selain itu, melewatkan sahur juga akan membuat kita menjadi lebih cepat dehidrasi sehingga Anda akan menjadi cepat merasa haus. Konsumsilah makanan yang bergizi dan mengandung karbohidrat komplek seperti oatmel, nasi merah atau roti gandum ketika kita sahur agar Anda tidak mudah merasa lapar saat di siang hari. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air putih cukup saat sahur agar kita terhindar dari dehidrasi.


2. Jangan Terlalu Lama Berada di Bawah Terik Matahari
Berada di bawah terik sinar matahari siang saat sedang puasa bukanlah suatu ide yang baik karena hal ini malah akan membuat Anda merasa cepat haus dan menyebabkan badan menjadi cepat letih. Jika Anda ingin badan tetap fit serta segar saat berpuasa maka sebaiknya hindari berlama-lama berada dibawah terik matahari siang. Batasi aktivitas fisik di luar rumah ketika pada siang hari agar Anda tidak mudah letih dan dehidrasi.

3. Tidur Siang
Jangan lupa untuk tidur siang agar badan selalu fresh dan tidak mudah mengantuk. Seperti yang kita ketahui bahwa ketika bulan puasa biasanya jam tidur kita akan sedikit berubah dibandingkan hari biasanya sehingga untuk itu kita perlu menyiasati agar waktu tidur kita tetap tercukupi. Salah satu cara menyiasatinya yaitu dengan tidur siang, cukup tidur 30 menit hingga satu jam di siang hari maka akan sangat membantu tubuh kita agar selalu fit dan segar sepanjang hari.

4. Jangan Makan Berlebihan Saat Buka Puasa
Jangan jadikan buka puasa sebagai ajang balas dendam, konsumsilah makanan secara wajar dan tidak berlebihan. Sebaiknya saat berbuka, konsumsi makanan yang manis terlebih dahulu seperti kurma atau takjil. Kemudian selain itu, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air putih yang cukup agar asupan cairan didalam tubuh tetap terjaga. Mengkonsumsi makanan secara berlebihan saat berbuka hanya akan merugikan diri kita sendiri, apalagi terlalu berebihan mengkonsumsi air es maka nantinya bisa menyebabkan kita menjadi sakit atau demam.

5. Tidur Cukup
Tidur yang cukup akan sangat membantu kita untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar selama menjalani puasa di bulan ramadhan. Nah maka dari itu, jika Anda selalu sehat dan bugar saat puasa maka pastikan jika Anda selalu tidur tepat waktu dan jangan terlalu sering begadang. Usahakan agar Anda selalu tidur pada jam 9 atau 10 malam agar ketika bangun sahur nanti kita tidak merasa ngantuk dan malas-malasan.

6. Olahraga
Banyak orang yang bermalas-malasan beraktivitas ketika sedang berpuasa, padahal apabila tubuh kita jarang bergerak maka hal ini bisa saja malah akan membuat tubuh menjadi lesu dan mudah sakit.  Nah, apabila Anda ingin selalu sehat selama puasa pada bulan ramadhan maka jangan malas untuk berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan bersepeda santai di sore hari selama 15-20 menit maka itu sudah sangat membantu menjaga kondisi tubuh kita agar tetap sehat dan bugar.

7. Konsultasi ke Dokter
Kemudian tips agar selalu sehat dan bugar saat puasa yang terakhir yaitu dengan cara mengkonsultasikan ke dokter. Konsultasi ini sangat penting, apalagi bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. Dengan berkonsultasi ke dokter maka Anda bisa tahu mengenai kondisi kesehatan yang Anda rasakan dan beserta pencegahannya.


Itulah tips agar tubuh tetap sehat dan fit saat menjalani puasa ramadhan satu bulan penuh. Selama bulan puasa ini, yang terpenting adalah perhatikanlah apa yang Anda konsumsi karena sebenarnya kunci tubuh yang sehat dan fit saat dibulan puasa tergantung dari asupan makanan yang Anda konsumsi di saat sahur dan berbuka.