Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal

Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal
Gejala awal penyakit batu ginjal memang sering kali tidak bisa kita rasakan begitu saja, apalagi batu yang bersarang di ginjal kita tersebut ukuran nya masih kecil maka biasanya hal ini hampir tidak menimbulkan gejala apapun karena batu ginjal yang masih berukuran kecil bisa keluar dengan sendirinya bersamaan saat kita buang air kecil. 

Ketika nanti batu ginjal yang bersarang didalam tubuh Anda tersebut, ukuranya sudah mulai besar maka cepat atau lambat barulah kita akan merasakan gejala akibat batu ginjal ini. Batu ginjal yang sudah berukuran agar sedikit besar maka tidak bisa lagi keluar melewati ureter. Ureter ini adalah suatu saluran muskuler yang berbentuk silinder, berfungsi untuk menghantarkan urin dari ginjal menuju kandung kemih. Nah, apabila batu ginjal sudah mulai membesar maka batu tersebut tidak bisa lagi masuk kedalam ureter sehingga akan terjadi penyumbatan. Jikapun batu berukuran besar tersebut bisa masuk ke ureter maka hal ini akan menyebabkan dinding ureter mengalami iritasi hingga bahkan terluka sehingga menyebabkan rasa nyaman pada tubuh kita. 

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui apa saja gejala awal atau tanda-tanda seseorang terkena penyakit batu ginjal maka silahkan simak saja selengkapnya dibawah ini.

Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal


1. Rasa Nyeri Pada Pinggang dan Perut Bagian Bawah
Setidaknya sudah 12 tahun saya mengalami penyakit batu ginjal ini dan pada akhirnya semua berakhir ketika saya melakukan operasi. Selama 12 tahun tersebut, gejala awal dari penyakit batu ginjal yang paling sering saya rasakan yaitu adanya rasa nyeri hebat pada pinggang. Awalnya memang terasa nyeri di pinggang namun lama kelamaan akan menjalar ke perut bagi bawah sebelah kiri. Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh batu ginjal ini sangat kuat sehingga membuat kita menjadi serba salah dan terkadang nyerinya juga hilang timbul. Ketika salah sedikit saja mengkonsumsi makanan, seperti makan jengkol ataupun minum kopi maka pinggang dan perut bagian bawah langsung terasa nyeri. 

Nah, apabila Anda sudah sangat sering merasakan nyeri pada area sekitar pinggang hingga terkadang menjalar kearah perut bagian bawah maka itu merupakan salah satu gejala awal dari penyakit batu ginjal.


2. Buang Air Kecil Sedikit dan Berdarah
Biasanya selain membuat nyeri yang hebat pada pinggang dan perut bagian bawah, gejala penyakit batu ginjal selanjutnya yaitu adanya darah didalam urin dan jika Anda perhatikan maka biasanya urin yang keluar pun hanya sedikit. Tak jarang terkadang saat kita buang air kecil tersebut timbul rasa perih atau sakit. Sebagai orang yang pernah mengalami penyakit batu ginjal maka saya sudah sangat sering merasakan hal ini.

3. Mual, Muntah dan Lemas
Kemudian gejala penyakit batu ginjal selanjutnya yaitu timbulnya rasa mual serta bahkan membuat kita menjadi muntah-muntah hingga terkadang membuat kita menjadi lemas. Apabila Anda merasakan gejala seperti ini dan dibarengi dengan gejala yang telah disebutkan diatas maka silahkan periksa kedokter untuk mengetahui seberapa besar batu ginjal yang mengendap diginjal Anda. 

Kenapa saya menyarankan seperti itu ? karena menurut pengalaman saya, jika Anda sudah merasakan gejala seperti yang saya tulis diatas maka saya pastikan jika Anda memang positif terkena penyakit batu ginjal sehingga Anda perlu memeriksakan diri kedokter untuk melakukan tindakan seperti apa yang tepat untuk mengatasi penyakit batu ginjal yang Anda alami.

4. Tidak Nafsu Makan
Ketika pinggang sudah terasa nyeri maka selain membuat badan menjadi lemas maka juga membuat kita menjadi tidak nafsu untuk makan. Apabila dipaksa untuk makan maka kita akan terasa mual dan bahkan muntah. Gejala awal penyakit batu ginjal yang saya sebutkan ini sangat berkaitan erat dengan gejala-gejala diatas. Namun apabila Anda tidak merasakan kondisi apapun dan tiba-tiba nafsu makan Anda menurun maka itu bukan pertanda bahwa Anda terkena penyakit batu ginjal, bisa saja itu pertanda bahwa Anda sedang putus cinta. 

5. Badan Seakan Demam dan Mengigil
Tubuh juga akan terasa seperti demam dan mengigil, hal ini menandakan bahwa telah adanya infeksi  sehingga jalan satu-satunya yaitu Anda harus memeriksakan diri kedokter. 


Itulah gejala awal dari penyakit batu ginjal yang wajib Anda ketahui. Anda harus ingat, gejala diatas saling berkaitan satu sama lain dan biasanya gejala pertama yang muncul adalah nyeri pada pinggang yang menjalar ke perut bagian bawah, lalu kemudian baru di ikuti gejala-gejala seperti mual, muntah, darah didalam urin, demam hingga nafsu makan menghilang.