10 Manfaat Minum Air Putih Saat Baru Bangun Tidur di Pagi Hari

Manfaat Minum Air Putih Saat Baru Bangun Tidur di Pagi Hari

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari sangatlah banyak. Namun sayangnya kebanyakan orang tidak mengetahui akan hal ini, mungkin ada beberapa orang yang sudah mengetahuinya tetapi mereka seakan tidak perduli dan lebih memilih mengkonsumsi kopi dibandingkan mengkonsumsi air putih di pagi hari.

Tidak ada yang melarang Anda untuk mengkonsumsi kopi dipagi hari tetapi alangkah baiknya apabila saat baru terbangun tidur dipagi hari minum air putih sebanyak 1-2 gelas terlebih dahulu dan kemudian setelah itu silahkan konsumsi kopi atau teh. Mengapa kita diwajibkan mengkonsumsi air putih terlebih dahulu saat dipagi hari ? akan banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rutin minum air putih dipagi hari sehabis bangun tidur.

Gak percaya ? berikut setidaknya ada beberapa manfaat minum air putih setelah bangun tidur dipagi hari bagi kesehatan tubuh Anda.


Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari


1. Mengembalikan Cairan Tubuh dan Mencegah Dehidrasi
Pada saat kita tidur dimalam hari tubuh kita akan tetap bekerja memberbaiki diri, hal ini membuat kita kehilangan banyak cairan. Apalagi ketika tidur suasana dikamar cukup panas maka tentu saja kita akan mengeluarkan banyak keringat. Akibatnya pada pagi hari kita akan menjadi haus karena pada saat tidur kita sudah kehilangan banyak cairan.

Nah, apabila pada pagi harinya kita tidak langsung minum saat baru bangun tidur maka tentu saja hal ini bisa menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi akibat kekurangan cairan. Maka dari itu konsumsilah air putih setidaknya 1-2 gelas untuk membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang sehinga Anda menjadi lebih berenergi serta bersemangat dipagi hari.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Minum segelas air putih saat baru bangun tidur dipagi hari juga bisa membantu meningkatkan metabolisme didalam tubuh kita. Menurut sebuah studi dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 1 gelas pada pagi hari maka akan membantu tubuh berfungsi lebih baik, sehingga pencernaan akan bekerja lebih efisien saat Anda memulai hari Anda.

3. Membantu Menyingkirkan Racun Didalam Tubuh
Segelas air putih dipagi hari sudah bisa membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh Anda. Apalagi dicampur dengan perasan air lemon maka itu sangat bagus sekali, bukan saja hanya sekedar membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh tetapi juga bisa membantu mencegah penyakit batu ginjal.

4. Membantu Melancarkan Buang Air Besar
Air putih sangat efektif didalam membantu mempermudah buang air besar dipagi hari. Dengan mengkonsumsi air putih sehabis bangun tidur dipagi hari, apalagi pada waktu tersebut perut masih kosong maka akan membuat sistem pencernaan Anda menjadi lebih lancar sehingga mempermudah kita untuk buang air besar.

5. Bisa Menurunkan Berat Badan
Beberapa penelitian pernah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi air putih dipagi hari saat perut masih kosong akan sangat membantu didalam menurunkan berat badan. Air putih mampu membakar timbunan lemak yang ada didalam tubuh Anda dan meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Mencegah Mulas
Mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur akan membantu membersihkan asam dikerongkangan Anda yang sempat naik saat ketika kita sedang tidur. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk minum air putih saat baru bangun tidur dipagi hari untuk mencegah mulas.

7. Mencegah Pusing Saat Bangun Tidur Pagi
Tidak sedikit orang yang mengeluh sering kali merasa pusing ketika bangun tidur dipagi hari. Hal ini dikarenakan tubuh kita mengalami dehidrasi, sehingga untuk mengatasi masalah tersebut kita dianjurkan untuk minum air putih dipagi hari sesaat bangun tidur.

8. Membuat Anda Tidak Mudah Sakit
Segelas air putih dipagi hari akan membantu  memastikan drainase tubuh lebih tepat. Selain itu, dengan mengkonsumsi air putih saat baru bangun tidur dipagi hari akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

9. Mencegah Sembelit
Salah satu penyebab sembelit adalah dehidrasi. Nah, apabila Anda tidak mau mengalami sembelit maka jangan lupa minum air putih setelah bangun tidur dipagi hari. Lakukan kebiasaan baik ini secara rutin dan terus menerus.

10. Meningkatkan Fungsi Otak
Kemudian manfaat minum air putih dipagi hari setelah bangun tidur yang terakhir yaitu bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Ketika asupan cairan tubuh terpenuhi maka sistem didalam tubuh kita akan berjalan dengan baik sehingga pasokan oksigen ke otak berjalan dengan lancar. Apabila pasokan oksigen ke otak berjalan lancar sudah pasti fungsi otak kita juga akan berjalan dengan baik.


Itulah manfaat minum air putih setelah bangun tidur dipagi hari. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. So, mulai dari sekarang mulailah lakukan kebiasaan baik ini setiap pagi.