Cara Alami Mengobati Tenggorokan Gatal Karena Batuk

Cara Alami Mengobati Tenggorokan Gatal Karena Batuk


Cara alami mengobati tenggorokan gatal karena batuk dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita dapat menjadi alternatif pilihan dari pada harus meminum obat. Cara alami lebih dipilih tentunya karena lebih aman karena lebih sedikit mengandung bahan kimia buatan, juga karena lebih murah serta mudah didapat.

Berikut ini informasi lengkap untuk Anda bagaimana cara mengobati tenggorokan gatal karena batuk menggunakan bahan alami.

1. Air putih
Walaupun terlihat sepele namun mengkonsumsi air putih yang cukup ternyata sangat penting untuk kesehatan, termasuk kesehatan tenggorokan. Meminum air putih sesuai menolong tubuh agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Terutama jika sedang tidak enak badan, tubuh akan cepat sekali kehilangan cairan.

Saat Anda sedang batuk, tenggorokan biasanya akan terasa kering. Keadaan ini menyebabkan tenggorokan menjadi gatal. Kurang minum air putih akan memperparah kondisi tenggorokan yang mengalami kekurangan pelumas berupa air dan lendir. Maka dari itulah ketika sedang batuk, Anda malah disarankan meminum lebih banyak air putih dari pada biasanya.

2. Madu
Cairan manis yang dihasilkan oleh lebah ini sudah dipercaya khasiatnya sejak bertahun-tahun lamanya. Madu banyak dimanfaatkan dalam industri kecantikan dan kesehatan karena banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam madu. Dalam madu, Anda dapat menemukan vitamin, protein dan mineral seperti kalsium, niasin, zat besi, potasium, tembaga, zinc dan roboflavin. 

Senyawa aktif antiviral dan juga antibakteri yang terkandung dalam madu juga sangat efektif menekan rasa gatal. Anda dapat meminum satu sendok madu sesaat sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Madu juga kaya akan antioksidan yang membantu memulihkan stamina tubuh.
Selain langsung dikonsumsi, Anda juga bisa mencampurkannya dengan perasan lemon dan jahe, kemudian seduh dengan air hangat. Perpaduan bahan-bahan tersebut akan menekan batuk dan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan. 

3. Lobak
Sayuran satu ini memang seringkali dipandang sebelah mata karena baunya, yang bagi sebagian orang, mengganggu. Padahal tumbuhan yang tergolong famili Cruciferae ini memiliki banyak sekali khasiat. Salah satunya adalah untuk meredakan batuk.

Cara alami mengobati tenggorokan gatal karena batuk dengan menggunakan lobak sangat mudah. Anda tinggal meminum campuran cengkeh sebanyak satu sendok teh, lobak pedas sebanyak satu sendok makan dan satu sendok teh madu yang diseduh dengan air panas.

4. Susu dan Kunyit
Gangguan gatal pada tenggorokan karena batuk juga dapat diatasi dengan susu dan kunyit. Caranya adalah dengan merebus susu sebanyak satu cangkir, masukkan kunyit sebanyak dua ruas (atau Anda bisa menggunakan kunyit bubuk sebanyak satu sendok makan), kemudian minum selagi hangat. Dijamin gatal tenggorokan tidak akan menghampiri lagi.

5. Air Garam
Air garam juga dapat dipakai sebagai cara alami mengobati tenggorokan gatal karena batuk. Air garam tidak diperuntukkan untuk diminum tetapi hanya untuk berkumur guna mengurangi kelebihan dahak yang mengganggu tenggorokan Anda.

6. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel sangat banyak manfaatnya. Untuk kesehatan, ternyata cuka sari apel juga dapat membantu mengurangi gatal pada tenggorokan Cukup campur satu sendok makan madu, satu sendok makan cuka apel dan seduh dengan air panas, minum selagi hangat.

Bila cara alami mengobati tenggorokan gatal karena batuk tidak kunjung memberikan hasil, segera kunjungi dokter langganan Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut. Apa lagi jika batuk sudah disertai dengan gejala pendukung yang lain seperti demam, kesulitan bernapas, dan terlebih dahak yang disertai darah.