Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam dan Kering

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam
Wajah kusam dan kering tentu saja membuat kamu menjadi kurang percaya diri. Makanya tidak heran apabila kebanyakan orang mati-matian merawat wajah mereka agar terhindar dari kusam dan kering. Bahkan merekapun rela mengeluarkan uang berlebih untuk membeli berbagai macam produk perawatan wajah yang dijual dipasaran. Mulai dari produk pencuci wajah hingga sampai membeli masker wajah yang berharga mahal.

Nah, selain dengan menggunakan produk perawatan wajah yang Anda beli dipasaran maka berikut dibawah ini ada beberapa poin penting bagaimana cara merawat wajah agar tidak kusam dan kering.


Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam dan Kering 


1. Konsumsi Air Putih
Perbanyak mengkonsumsi air putih setiap hari, setidaknya kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi delapan gelas dalam sehari. Air putih sangat bagus untuk kulit Anda, karena bisa membantu melembabkan kulit dan mencegah kulit wajah menjadi kusam. 

Nah, apabila Anda ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah, serta terjaga kelembabannya maka jangan malas untuk minum air putih yang cukup setiap hari..

2. Mencuci Muka
Mencuci muka memang menyegarkan dan bisa membuang kotoran serta debu pada kulit wajah anda apalagi ritual cuci muka selalu anda lakukan sebelum tidur maka wajah anda akan terlihat segar ketika terbangun dipagi hari. Namun walaupun demikian bukan berarti anda harus mencuci wajah setiap saat karena hal tersebut justru membuat kulit wajah anda menjadi kering dan kusam.

Mencuci muka terlalu sering akan membuat kelembaban kulit anda berkurang karena minyak yang bertugas untuk melembabkan kulit wajah akan berkurang akibat terkena air terus menerus dan pada akhirnya kulit anda menjadi kering dan kusam. Intinya, cucilah wajah Anda secara teratur setiap hari agar terhindar dari kusam dan kering.

3. Konsumi Sayuran dan Buahan
Cara merawat wajah agar tidak kusam dan kering tidak hanya dilakukan dari luar tetapi juga harus dibantu dari dalam dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buahan setiap hari, karena seperti yang kita ketahui bahwa sayur dan buah mengandung vitamin dan zat radikal bebas yang bisa membuat kulit anda tetap halus, lembab dan sehat. 

Selain itu, sayuran dan buahan juga membantu proses regenerasi pada kulit anda sehingga sel-sel kulit yang telah mati akan cepat digantikan dengan yang baru dan proses peremajaan ini tentunya akan membuat kulit anda tetap sehat.

4. Sabun Wajah
Gunakan sabun pencuci wajah yang cocok untuk kulit Anda. Kandungan zat yang terdapat didalam sabun pencuci wajah biasanya dapat membantu mencerahkan wajah kita dan menjaga kulit agar tetap lembab. Namun perhatikan sabun pencuci wajah yang hendak Anda beli, pastikan bahwa Anda sudah membaca zat apa saja yang terkandung didalam sabun pencuci wajah tersebut. Salah-salah memilih sabun pencuci wajah malah akan membuat wajah Anda menjadi kering dan kusam.

5. Berolahraga
Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat dan bugar namun aktivitas ini juga bisa membuat kulit anda sehat.

6. Pelembab
Dan yang terakhir cara merawat kulit wajah agar tidak kusam dan kering yaitu dengan menggunakan pelembab wajah. Hal ini sangat membantu anda karena dengan menggunakan pelembab, wajah anda tidak kering dan kusam. Namun pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda agar tidak terjadi alergi atau malah sebaliknya bukan melembabkan tetapi malah menambah kekusaman wajah anda.

Jika anda sudah melakukan hal diatas maka untuk mengantisipasi kulit anda menjadi kering dan kusam maka sebaiknya menghindari hal-hal dibawah ini.

Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Kering 


Penyebab Kulit Kusam

1. Stres
Jangan remehkan stres, karena stres yang tidak terkendali tak hanya akan membuat seseorang menjadi depresi tetapi juga akan berdampak buruk bagi kulit. So, hati-hati stres bisa membuat kulit wajah anda menjadi kusam dan kering

2. Sinar Matahari
Sudah bukan rahasia lagi jika sinar matahari merupakan salah satu penyebab kulit kita menjadi kusam dan kering sehingga usahakan apabila anda akan keluar rumah maka sebaiknya menggunakan baju lengan panjang atau tabir surya agar kulit wajah anda terlindungi dan tidak terpapar secara langsung oleh sinar matahari.

3. Begadang
Begadang akan membuat tubuh kekurangan jam istirahat sehingga bisa mengacaukan sistem metabolisme pada tubuh kita. Tak hanya itu, kurang istirahat dan tidur juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit anda salah satunya bisa membuat kulit wajah menjadi kusam dan kering.

Nah itulah cara merawat kulit wajah agar tidak kusam dan kering sehingga anda tetap percaya diri karena memiliki wajah yang mempesona. Bagaimana mudah bukan ? namun semuanya tetap memerlukan kesabaran dan konsistensi agar benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal.