7 Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Minum Soda

Mengkonsumsi minuman bersoda memang sangat menyegarkan, apalagi diminum pada saat cuaca panas maka pasti akan membuat orang-orang ketagihan sehingga tanpa terasa mereka bisa menghabiskan beberapa kaleng soda hanya dalam waktu beberapa jam saja. Namun tahukah Anda, bahwa dibalik kesegarannya ternyata minuman bersoda mempunyai efek buruk untuk kesehatan tubuh kita, bahkan apabila dikonsumsi secara berlebihan setiap hari maka bisa merusak organ-organ didalam tubuh Anda.

Bahaya minuman bersoda bagi kesehatan

Mungkin hal ini sedikit berlebihan bagi Anda, namun percaya atau tidak ternyata telah banyak orang diluar sana yang mengalami berbagai masalah kesehatan akibat kebiasaan mereka yang terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda. Dampak yang paling sering terjadi dan dirasakan oleh sebagian orang adalah bertambahnya berat badan secara drastis, hingga yang lebih serius yaitu menganggu fungsi ginjal. Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai apa saja dampak dari minuman bersoda bagi kesehatan maka silahkan simak tulisan dibawah ini.

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan


1. Merusak Ginjal
Ginjal merupakan organ penting yang harus dijaga kesehatannya karena apabila fungsinya terganggu sedikit saja maka bisa mempengaruhi organ lainnya pada tubuh. Nah, untuk menjaga kesehatan ginjal ini sangatlah mudah yaitu dengan menjaga pola makan dan hidup yang sehata saja maka itu sudah cukup.

Jauhi kebiasaan-kebiasaan buruk penyebab ginjal bermasalah salah satunya adalah minuman bersoda. Penelitian telah mengungkapkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi minuman bersoda 2 kali dalam sehari maka lama kelamaan akan mengalami kerusakan ginjal dan penurunan fungsinya.

2. Menyebabkan Diabetes
Diabetes merupakan masih menjadi penyakit mematikan yang ditakuti oleh semua orang didunia ini karena sampai saat ini diabetes belum ada obatnya. Walaupun banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit ini namun yang perlu Anda ketahui adalah salah satu faktor tersebut adalah karena terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda.

Seperti yang kita ketahui bahwa minuman bersoda ini banyak mengandung gula dan pemanis buatan sehingga apabila di konsumsi setiap hari dalam jumlah banyak maka kadar gula didalam tubuh Anda akan meningkat sehingga jika dibiarkan lama kelamaan maka akan meningkatkan resiko diabetes.

3. Meningkatkan Risiko Obesitas
Obesitas merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kebanyakan orang terutama bagi kaum wanita karena memiliki tubuh dengan berat badan berlebih bisa membuat mereka tidak percaya diri. Nah, salah satu penyebab obesitas atau kelebihan berat badan ini adalah karena terlalus ering mengkonsumsi soda.

Selain, membuat kita minder ternyata memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh salah satunya adalah penyakit mematikan yaitu diabetes dan stroke.

4. Meningkatkan Risiko Tulang Rapuh
Tulang rapuh dan keropos bukanlah hal sepele karena ini bisa mengancam kesehatan Anda, jika tidak diatasi dengan cepat maka tentu saja akan membuat kita kesulitan dalam menjalani aktivitas keseharian karena Anda sangat rentan untuk mengalami patah tulang.

Nah, selain karena usia ternyata pengeroposan tulang ini juga dipicu karena beberapa kebiasaan buruk yang sering kita lakukan salah satunya adalah terlalu sering mengkonsumsi soda. Hal ini bukanlah isapan jempol belaka karena telah dilakukan penelitian. Hasilnya, atlet remaja yang gemar mengkonsumsi minuman bersoda mengalami patah tulang 5 kali lebih banyak daripada atlet remaja yang tidak mengkonsumsi minuma bersoda.

5. Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas
Minuman bersoda juga dipercaya bisa meningkatkan resiko kanker pankreas. Hal ini berdasarkan hasil penelitian di Amerika Serikat yang mengatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi 2 kaleng soda setiap hari menunjukan peningkatan resiko kanker pankreas.

6. Meningkatkan Kerusakan pada Gigi
Kesehatan gigi sebaiknya harus dijaga dengan baik karena apabila sudah rusak seperti berlubang dan lainnya maka Anda akan sulit untuk mengunyah makanan. Nah, kerusakan gigi ini tidak hanya karena seseorang malas membersihkan gigi tetapi juga bisa diakibatkan karena kebiasaan buruk mengkonsumsi soda setiap hari. Kandungan zat gula dan asam fosfat bisa melarutkan kalsium gigi Anda sehingga lama kelamaan akan membuat gigi menjadi rusak.

7. Meningkatkan Ketergantungan pada Kafein
Selain kandungan gula dan asam fosfat, minuman bersoda juga mengandung kafein yang mempunyai dampak buruk bagi kesehatan Anda. Walaupun kafein juga bermanfaat bagi tubuh tetapi lebih banyak bahayanya seperti membuat jantung menjadi berdebar hingga membuat Anda mengalami kesulitan tidur atau insomnia.

Itulah 7 dampak buruk soda bagi kesehatan Anda. Bagaimana, apakah Anda masih mau mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari ? Ingin Ginjal Sehat ? Tinggalkan 8 Kebiasaan Buruk Ini