5 Tanda-Tanda Kadar Kolesterol Anda Tinggi

Kolesterol bukanlah suatu penyakit tetapi adalah lemak yang terdapat pada aliran darah atau sel manusia dan berfungsi untuk membantu pembentukan dinding sel serta menjadi bahan baku beberapa hormon tubuh. Nah, kolesterol ini terbagi menjadi dua yaitu kolesterol  jahat (Low Density Lipoprotein) dan kolesterol baik (High Density Lipoprotein). Sesuai dengan namanya, kolesterol jahat ini menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh apabila kadarnya terlalu tinggi, sedangkan kolesterol baik tidak membahayakan bagi tubuh.

Cara mudah cek kolesterol
Berbicara mengenai kolesterol maka yang harus Anda hindari adalah kolesterol jahat atau LDL yang biasanya berasal dari makanan tidak sehat yang sering kita konsumsi sehari-hari. Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jika kadar kolesterol jahat tinggi didalam tubuh maka berpotensi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh kita seperti obesitas, stroke dan penyakit jantung. Maka dari itu kita harus mengontrol kadar kolesterol secara rutin agar tidak terjadi hal-hal yang dinginkan.

Untuk mengukur kadar kolesterol didalam tubuh tentunya kita membutuhkan suatu alat yang harganya cukup lumayan mahal dipasaran sehingga mungkin tidak banyak orang yang ingin membelinya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena tanpa menggunakan alat sebenarnya kita bisa mengetahui bahwa kolesterol didalam tubuh mulai tinggi yaitu hanya dengan melihat atau merasakan tanda-tanda fisik pada tubuh.

Jika Anda penasaran maka silahkan simak tulisan dibawah ini yaitu 5 tanda-tanda tubuh seseorang yang mempunyai kolesterol tinggi.

1. Sering Pusing di Kepala Belakang
Apakah Anda sering merasakan hal ini ? jika iya maka jangan diabaikan karena itu merupakan salah satu tanda atau sinyal yang diberikan oleh tubuh bahwa kadar kolesterol didalam tubuh Anda sudah tinggi. Biasanya pusing tersebut diakibatkan karena adanya penyumbatan darah dibagian kepala, hal ini disebabkan kolesterol jahat sudah mulai membentuk plak sehingga terjadi penyumbatan.

2. Sering Nyeri Pada Dada Kiri
Apabila Anda sering mengalami hal ini maka sebisa mungkin jangan diabaikan karena akan berakibat fatal nantinya. Rasa nyeri di dada identik dengan serangan jantung yaitu penyakit mematikan yang bisa datang kapan saja sehingga kita harus segera memeriksakan diri ke dokter. Nah, hal ini bisa menjadi pertanda bagi Anda bahwa kada kolesterol jahat telah berada diambang batas dan segera mengubah gaya hidup tidak sehat Anda.

3. Sering Kesemutan
Mungkin setiap orang pernah mengalami kesemutan, jika hal ini sesekali mungkin tak mengapa tetapi apabila sudah terlalu sering maka ini bisa jadi pertanda bahwa kadar kolesterol didalam tubuh Anda sudah terlalu tinggi. Ketika kadar kolesterol kita tinggi maka darah akan jadi sangat kental sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan membuat beberapa saraf tidak teraliri oleh darah yang kemudian menyebabkan seseorang mengalami kesemutan.

4. Sering Pegal Pada Tangan dan Kaki
Pegal sehabis bekerja merupakan sesuatu yang wajar karena hampir setiap orang mengalami hal tersebut. Namun apabila Anda sering merasa pegal pada tangan dan kaki tanpa melakukan apapun maka itu bisa menjadi pertanda bahwa kadar kolesterol didalam tubuh Anda sedang tinggi. Ketika kadar kolesterol tinggi maka akan terjadi penumpukan lemak sehingga lama kelamaan akan menjadi plak dan terjadi penyumbatan. Nah, aliran darah yang tidak lancar pada tangan dan kaki inilah yang menjadi penyebab Anda selalu merasa pegal.

5. Sering Pegal pada Pundak dan Tengkuk
Pegal pada pundak dan tengkuk merupakan salah satu tanda bahwa kadar kolesterol didalam tubuh Anda sedang tinggi sehingga jangan diabaikan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa penyumbatan akibat penumpukan lemak jahat lah yang menjadi penyebab Anda merasa pegal pada pundak dan tengkuk. So, rajinlah berolahraga dan maka makanan sehat agar kadar kolesterol didalam darah Anda normal.

Itulah 5 tanda-tanda kolesterol tinggi pada seseorang yang harus diwaspadai. Jangan anggap sepele dan diabaikan karena bisa membahayakan kesehatan bahkan nyawa Anda sendiri. Baca Juga : 4 Tanda-Tanda Jantung Anda Bermasalah