Ingin Ginjal Sehat ? Konsumsi 5 Makanan Ini

makanan sehat untuk ginjal sehat
Kesehatan ginjal harus benar-benar dijaga karena organ yang satu ini mempunyai peran penting bagi manusia sehingga apabila terganggu kesehatanya maka bisa membuat kita menderita. Kerusakan ginjal ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor namun penyebab yang paling umum biasanya karena seseorang kurang minum air putih. Selain itu, gangguan pada ginjal juga bermacam-macam seperti batu ginjal, infeksi ginjal hingga yang paling berbahaya adalah gagal ginjal yaitu dimana kondisi ini mengharuskan penderitanya untuk melakukan hemodialisis atau yang biasa kita kenal dengan cuci darah.

Begitu pentingnya peran ginjal bagi manusia sehingga itulah mengapa kita harus wajib menjaga kesehatan ginjal sebelum terjadi hal-hal yang tak dinginkan. Di samping kita harus cukup minum air putih, kita juga harus mengkonsumsi makanan sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk penyebab ginjal rusak. Nah, berbicara mengenai makanan maka dibawah ini ada 5 makanan yang membantu menjaga kesehatan ginjal Anda. Apa saja makanan tersebut ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Kubis
Kubis merupakan sayuran yang murah meriah dan sangat mudah didapatkan karena banyak dijual dipasaran. Namun meskipun sayuran kubis murah meriah tetapi mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan Anda, terutama kesehatan ginjal. Kandungan zat phytochemical didalam kubis mampu membuat radikal bebas yang ada didalam tubuh kita sehingga ini akan memperingan beban kerja ginjal Anda. Jika ginjal kerjanya tidak terlalu keras maka sudah pasti kesehatannya akan tetap bail-baik saja.

2. Putih Telur
Bagi Anda yang ingin memiliki ginjal sehat maka jangan lupa untuk mengkonsumsi putih telur setiap hari. Kandungan fosfor didalam putih telur ini dipercaya sangat ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal, hal ini berbanding terbailk dengan kuning telur yang justru tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menyebabkan seseorang mudah terkena batu ginjal.

3. Kembang Kol
Kembang kol memang enak ketika dijadikan sayuran, namun tidak hanya sekedar enak tetapi juga menyehatkan. Kandungan yang terdapat pada kembang kol seperti indoles, glucosinotales, dan tiosianat mampu menangkal dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Tentu hal ini akan membuat kerja ginjal menjadi ringan, mengingat tugas ginjal untuk menyaring dan mengeluarkan racun didalam tubuh telah terbantu dengan kandungan didalam kembang kol.

4. Paprika
Paprika mungkin belum terlalu populer bagi masyarakat Indonesia, tetapi meskipun demikian namun dikota-kota besar mengkonsumsi paprika sudah bukan hal aneh lagi. Nah, kandungan didalam paprika ini mampu memecah kotoran yang ada didalam darah kita sehingga hal ini bisa memperingan kerja ginjal Anda dan membuatnya tetap sehat sepanjang waktu.

5. Ikan
Ikan merupkan sumber protein yang baik untuk tubuh kita, kandungan asam lemak dan omega 3 didalam ikan mampu membantu mencerdaskan otak. Bahkan tidak hanya itu, mengkonsumsi ikan secara rutin juga bisa membuat ginjal tetap sehat karena juga bersifat anti inflamsi.

Itulah 5 makanan sehat untuk ginjal yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. So, lebih baik mencegah daripada mengobati karena apabila fungsi ginjal sudah menurun maka akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Batu Ginjal Secara Alami Tanpa Operasi