Cara Merawat Gigi Agar Tetap Sehat dan Kuat

Siapa sih yang tak ingin memiliki gigi kuat dan sehat ? saya rasa setiap orang pasti menginginkan hal tersebut karena memiliki gigi yang tetap sehat dan kuat hingga tua merupakan suatu kebanggan tersendiri tentunya. Seperti yang kita ketahui bahwa menjaga kesehatan gigi sebenarnya sangatlah simpel dan tidak terlalu ribet tetapi sayangnya terkadang sebagian orang justru menyepelekan kesehatan gigi mereka dan tak jarang kebanyakan dari kita malas untuk membersihkan gigi, padahal membersihkan gigi sangatlah penting agar kita bisa terhindar dari berbagai masalah seperti gigi berlubang, sakit gigi, gigi kuning dan berbagai masalah lainnya.

Cara merawat kesehatan gigi agar kuat sampai tua

Nah, maka dari itu jangan malas untuk membersihkan gigi Anda karena menurut para ahli kesehatan gigi mengatakab bahwa rajin menggosok atau menyikat gigi merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga gigi agar tetap sehat, kuat dan putih cemerlang. Namun selain rajin membersihkan gigi ternyata ada beberapa perawatan lainnya yang wajib Anda lakukan jika ingin memiliki gigi sehat dan kuat hingga tua. Penasaran ? yuk silahkan simak tulisan dibawah ini.

Cara Merawat Gigi Agar Tetap Kuat dan Sehat Hingga Tua


1. Sikat Gigi Secara Rutin
Hal pertama yang wajib dan harus anda lakukan adalah rutin menyikat gigi setiap hari minimal 2 kali sehari. Usahakan untuk selalu rajin untuk membersihkan gigi Anda terutama sesudah makan dan akan tidur di malam hari agar kuman dan sisa makanan tidak menempel dan merusak gigi Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa sisa makanan dan ditambah kuman yang ada didalam mulut bisa menciptakan berbagai masalah pada gigi diantaranya adalah bisa membuat gigi berlubang dan menimbulkan karang gigi.

2. Ganti Sikat Gigi Secara Berkala
Kemudian tips selanjutnya adalah dengan mengganti sikat gigi secara berkala yaitu setidaknya 6 bulan sekali agar fungsinya maksimal. Saya rasa hal ini bukanlah sesuatu yang berat karena harga sikat gigi tidak terlalu mahal sehingga tidak ada salahnya jika Anda menggantinya secara berkala setiap 6 bulan sekali.

3. Gunakan Pasta Gigi Mengandung Flouride
Jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi ketika menggosok gigi agar hasilnya maksimal dan usahakan pasta gigi yang Anda gunakan mengandung flouride. Flouide ini berfungsi untuk memperkuat lapisan gigi serta membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada lapisan gigi. Tidak hanya itu, pasta gigi yang mengandung flouride juga bisa menghadang pembentukan plak pada gigi.

4. Hindari Makanan Yang Bisa Merusak Gigi
Selain melakukan perawatan dan membersihkan gigi secara rutin untuk mendapatkan gigi yang sehat  dan kuat maka Anda haru menghindari makanan yang bisa merusakan gigi. Biasanya makanan yang bisa memicu kerusakan gigi adalah makanan-makanan manis, maka dari itu jangan terlalu sering atau mengurangi mengkonsumsi makanan manis agar gigi Anda tetap sehat dan kuat. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan yang terlalu keras karena hal ini bisa merusak enamel gigi.


5. Konsumsi Makanan Sehat
Makanan sehat tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh kita tetapi beberapa jenis buah dan sayur tertentu ternyata memiliki nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan gigi dan gusi Anda. Nah, maka dari itu jika Anda ingin gigi tetap sehat dan kuat maka kita tidak hanya melakukan perawatan dari luar saja tetapi juga perawatan dari dalam dengan cara mengkonsumsi buah dan sayuran seperti buah stroberi, jeruk, nanas, apel dan kiwi sedangkan sayuran yang baik untuk kesehatan gigi adalah seperti wortel, brokoli dan jamur shitake.

6. Hindari Merokok
Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh saja tetapi juga tidak baik untuk kesehatan gigi Anda. Merokok bisa menyebabkan gigi menjadi kuning dan napas menjadi tidak sedap, bahkan yang lebih parah merokok bisa menyebabkan kanker mulut.

7. Mengunjungi Doketr Gigi
Cara merawat gigi agar selalu sehat dan kuat sepanjang waktu tidak cukup dengan hanya perawatan diatas tetapi Anda juga perlu mengunjungi doketr gigi secara berkala setidaknya 6 bulan sekali agar kesehatan gigi Anda benar-benar terjaga. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan karang gigi dan berkonsultasi mengenai masalah yang sering timbul pada gigi Anda agar bisa ditangai dengan cepat dan tepat.


Itulah cara merawat gigi agar tetap sehat dan kuat hingga usia tua. Memiliki gigi sehat dan kuat juga merupakan salah satu kunci agar kita tetap terus bisa menikmati enaknya makanan.