Wajah Berminyak ? Kenali 10 Penyebab Utamanya

Penyebab wajah berminyak Wajah berminyak sering kali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan menyebabkan wajah kita menjadi kusam. Tidak hanya itu saja, apabila tidak diatasi dengan cepat maka bisa juga memicu timbulnya jerawat pada wajah Anda. Namun meskipun demikian Anda tidak perlu terlalu khawatir karena sebenarnya untuk menghilangkan minyak diwajah tidak perlu harus menggunakan krim-krim mahal tetapi cukup dengan bahan-bahan alami rumahan dan perawatan yang rutin maka minyak berlebihan yang ada diwajah Anda akan berkurang dan membuat wajah menjadi cerah serta bersih.


Nah, ngomong-ngomong masalah wajah berminyak maka di artikel sebelumnya sudah banyak saya bagikan tips untuk mengatasi wajah berminyak baik untuk pria maupun wanita sehingga diartikel kali ini saya hanya menulis mengenai apa saja penyebab wajah berminyak pada pria maupun wanita yang harus kita ketahui agar nantinya kita bisa mencegah dan menghindari pemicu yang menyebabkan produksi minyak berlebihan didalam tubuh.


Baiklah daripada Anda penasaran sebaiknya simak saja langsung dibawah ini apa saja sih penyebab dari wajah berminyak itu.

Penyebab Utama Wajah Berminyak


1. Perubahan Hormon
Mungkin sebagian dari kita tidak pernah menyadari bahwa ternyata perubahan hormon juga bisa memicu tubuh untuk memproduksi minyak secara berlebihan.  Produksi minyak yang berlebihan ini akan berimbas pada wajah Anda dan menyebabkan kulit wajah lebih berminyak daripada biasanya.

Hal ini bisa terjadi pada pria maupun wanita, khususnya untuk wanita biasanya mereka akan mengalami perubahan hormon ketika dalam masa menstruasi, hamil dan monopouse.

2. Kesalahan Kosmetik
Apakah Anda sering menggunakan kosmetik atau produk-produk perawatan wajah ? ya, hal tersebut tidak ada salahnya tetapi pastikan bahwa Anda memilih kosmetik yang benar-benar tepat untuk kondisi wajah Anda. Pemilihan kosmetik yang salah tidak hanya akan membuat wajah menjadi kusam dan berjerawat tetapi juga bisa membuat wajah menjadi lebih berminyak. So, perhatikan baik-baik sebelum membeli produk perawatan wajah.

3. Stres
Stres merupakan sesuatu yang wajar karena mungkin hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya stres. Tetapi Anda harus pintar-pintar mengendalikan stres karena stres yang berlebihan sangat berdampak negatif bagi kulit Anda, diantaranya bisa memicu produksi minyak didalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh kita mengeluarkan minyak secara berlebihan. Hal ini tentu saja akan berimbas pada kulit wajah Anda dan membuatnya terlihat berminyak. Nah, maka dari itu hindarilah stres agar tubuh sehat dna kulit wajah terjaga.

4. Genetik
Kemudian penyebab wajah berminyak selanjutnya adalah karena genetik atau keturunan. Coba amati atau tanyakan, apakah orang tua Anda wajahnya berminyak ? jika iya maka akan wajar rasanya apabila Anda juga memiliki wajah yang berminyak karena disebabkan oleh gen keturunan. Nah, apabila penyebabkan karena genetik maka butuh upaya keras untuk mengatasi wajah berminyak ini.

5. Pergantian Musim
Musim yang berganti tidak hanya membuat kekebalan tubuh menurun dan menyebabkan kita sakit tetapi juga sangat berpengaruh untuk kulit wajah dan membuat produksi minyak didalam tubuh meningkat. Tetapi tenang, Anda tidak perlu khawatir karena wajah berminyak akibat pergantian musim bisa diatasi dengan mudah dan biasanya tidak akan berlangsung lama.

6. Tanning
Apa itu tanning ? tanning adalah suatu proses pengcoklatan kulit.  Tanning ini biasanya banyak dilakukan oleh orang-orang yang berkulit putih, mereka ingin sedikit menggelapkan kulitnya agar terlihat eksotis dan manis. Namun tahukah Anda, ternyata pewarnaan kulit atau tanning ini mempunyai efek buruk untuk kulit itu sendiri dan menyebabkan tubuh mengeluarkan minyak lebih banyak sehingga wajah Anda akan terlihat sangat berminyak. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan tanning maka pikir-pikirlah terlebih dahulu.

7. Obat-Obatan
Mengkonsumsi obat-obatan juga bisa menjadi penyebab wajah berminyak. Maka dari itu usahakan selalu untuk mengkonsultasikan kepada dokter apabila akan mengkonsumsi obat-obatan agar lebih aman.

8. Alat Kecantikan
Siapa sangka ternyata alat-alat kecantikan seperti bantal bedak yang sering Anda gunakan ketika bermake up juga bisa menjadi penyebab wajah berminyak. Usahakan untuk memilih bantal bedak atau sikat yang lembut sehingga tidak mengganggu kinerja kelembaban kulit.

9. Minyak Rambut
Apa hubungannya minyak rambut dan wajah berminyak ? mungkin Anda bertanya-tanya didalam hati. Minyak rambut yang Anda gunakan pada rambut ternyata juga bisa turun ke wajah ketika kita bekeringat dan menyebabkan wajah menjadi berminyak. Maka dari itu, usahakan agar Anda menata rambut serapi mungkin agar tidak mengenai wajah.

10. Makanan Berminyak
Terakhir, penyebab wajah menjadi berminyak dalah karena faktor makanan. Sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berminyak seperti gorengan dan lainnya karena hal ini bisa membuat wajah semakin berminyak. Lebih baik perbanyak saja konsumsi buah dan sayur agar tubuh sehat dan kulitpun awet muda.

Itulah penyebab wajah berminyak yang harus Anda ketahui. Apabila Anda sudah mengetahuinya maka langkah selanjutnya adalah mencegah. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati ?