Sering Mengantuk di Pagi Hari ? Begini Cara Mengatasinya

Apakah Anda sering mengantuk dipagi hari ? jika iya maka tentu saja hal ini sangat menyebalkan karena ngantuk dipagi hari bisa membuat kita menjadi tidak konsentrasi serta malas-malasan untuk bekerja. Salah satu cara menghilangkan ngantuk dipagi hari yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang biasanya adalah dengan cara mengkonsumsi kopi. Meskipun hal tersebut bisa membantu tetapi ternyata selain kopi, ada beberapa hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa ngantuk yang datang dipagi hari.

Namun sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara mengatasi ngantuk dipagi hari, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja hal yang menjadi penyebab seseorang bisa mengantuk di pagi hari.

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari


Penyebab Ngantuk di Pagi Hari


1. Melewatkan Sarapan Pagi
Sarapan pagi sangatlah penting karena selain bagus untuk kesehatan tubuh, sarapan juga bagus untuk kesehatan otak. Meskipun sarapan pagi ini sangat penting tetapi tetap saja banyak orang yang terkadang melewatkannya dengan berbagai macam alasan. Seperti yang kita ketahui bahwa melewatkan sarapan pagi tidak hanya membuat perut kita menjadi cepat lapar tetapi juga bisa menyebabkan kita menjadi mengantuk dipagi hari.

Ketika kita melewatkan sarapan maka tentu saja perut akan menjadi kosong. Nah, perut yang kosong ini akan memberikan sinyak terhadap otak dan memerintahkan agar tubuh isitrahat. Hal inilah kemudian yang menyebabkan kita menjadi mengantuk dipagi hari.

2. Kekurangan Zat Besi
Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan kita menjadi ngantuk di pagi hari. Tidak hanya itu saja, seseorang yang kekurangan zat besi juga akan mudah merasa lelah serta sulit untuk berkonsestrasi sehingga tentunya akan sangat mengganggu akttivitas atau pekerjaan Anda. Nah, maka dari itu perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar asupan zat besi didalam tubuh Anda terpenuhi setiap hari.

3. Dehidrasi
Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi setidaknya 2 gelas air putih dipagi hari setelah bangun tidur agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan. Seperti yang kita ketahui bahwa ketika tubuh kekurangan cairan maka kita akan mengalami dehidrasi. Nah, dehidarasi ini bisa menyebabkan kita menjadi lelah dan selalu mengantuk ketika dipagi hari.

4. Begadang
Kemudian penyebab selanjutnya adalah begadang. Mungkin semua sudah mengetahui bahwa tidur yang terlalu larut malam akan membuat tubuh menjadi lemas dan lesu ketika dipagi hari. Bahkan tidak hanya itu saja, begadang juga bisa membuat kita merasa mengantuk sepanjang hari dari pagi hingg sore hari.

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari


1. Tidur Cukup
Hal pertama yang harus Anda lakukan apabila ingin terhindar dari rasa ngantuk dipagi hari adalah tidur yang cukup. Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam, selain itu usahakan agar Anda selalu tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun di pagi hari pada waktu yang sama juga. Meskipun hal ini terlihat sepele tetapi sangat membantu dan membuat tubuh Anda selalu segar sepanjang hari serta pastinya akan membuat Anda terbebas dari rasa mengantuk di pagi hari.

2. Matikan Lampu
Mematikan lampu kamar ketika tidur dimalam hari akan membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkulitas. Seperti yang kita kita ketahui bahwa tidur yang nyenyak dimalam hari akan membuat tubuh menjadi segar serta bugar ketika bangun di pagi hari. Apabila tubuh segar maka tentunya kita tidak akan merasa mengantuk dipagi hari karena cukup tidur.

3. Olahraga
Kemudian tips selanjutnya adalah berolahraga. Tidak perlu harus berolahraga berat, cukup dengan berlari atau berjalan santai saja di pagi hari maka itu sudah cukup untuk membuat tubuh dan pikiran kita menjadi segar. Olahraga akan meningkatkan stamina dan mood kita dipagi hari sehingga nantinya kita akan bersemangat menjalani hari dan terhindar dari rasa kantuk.

4. Jangan Lupa Mandi Pagi
Guyuran air dingin di pagi hari akan membuat tubuh kita menjadi segar sehingga otomatis akan membuat rasa mengantuk Anda menjadi hilang. Selain itu, dengan mandi di pagi hari  juga membuat kita menjadi bersemangat dan percaya diri dalam menjalani aktivitas harian.

5. Jangan Lupakan Sarapan
Seperti yang sudah dibahas diatas tadi bahwa melewatkan sarapan merupakan salah satu penyebab seseorang mengantuk dipagi hari. Nah maka dari itu, apabila Anda ingin terhindar dari rasa mengantuk di pagi hari maka jangan lupa untuk sarapan pagi. Tetapi perhatikan, jangan pula terlalu banyak mengkonsumsi makanan ketika sarapan pagi karena hal ini justru nantinya akan membuat Anda menjadi kekenyangan dan akhirnya mengantuk

6. Konsumsi Teh, Kopi atau Air Putih
Nah, tips untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari yang terakhir adalah dengan cara mengkonsumsi teh, kopi atau air putih. Anda tinggal pilih saja, apabila Anda suka mengkonsumsi kopi maka silahkan minum kopi dan apabila Anda menyukai teh maka silahkan konsumsi teh. Jika Anda tidak menyukai kedua minuman diatas maka silahkan mengkonsumsi air putih.


Itulah cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang mudah dan praktis. Anda bisa mencobanya agar bisa terhindar dari rasa mengantuk yang berlebihan ketika di pagi hari.