10 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman multimanfaat yang memiliki khasiat luar biasa baik itu bagi kesehatan maupun kecantikan kulit. Bahkan lidah buaya sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti mengobati luka, mengatasi gigitan serangga hingga terkadang digunakan untuk kecantikan dengan cara dijadikan masker wajah.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat lainnya dari tanaman yang satu ini maka silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan



Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan


1. Mengatasi Jerawat
Tanaman lidah buaya sangat baik untuk mengatasi jerawat pada wajah Anda, bahkan lidah buaya ini juga mampu menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Seperti yang kita ketahui bahwa jerawat merupakan masalah kecil yang berdampak besar karena tidak hanya membuat wajah kita menjadi kurang menarik tetapi jerawat diwajah juga bisa mengurangi rasa percaya diri kita.

Nah, bagi Anda yang pada saat ini sedang mencari cara untuk menghilangkan jerawat diwajah maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan lidah buaya. Caranya sangat simpel yaitu Ambil satu batang lidah buaya kemudian belah menjadi. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada seluruh wajah Anda dan diamkan selama 15 menit, baru setelah itu dibilas dengan air bersih. Lidah buaya mampu membantu meringankan iritasi akibat jerawat sekaligus menyebuhkan secara total.

2. Pelembab Alami
 Manfaat lidah buaya selanjutnya, dapat melembabkan kulit secara alami. Tidak hanya melembabkan kulit secara alami tetapi juga membuat kulit yang kering menjadi tampak lebih segar dan sehat. Dengan menggunakan lidah buaya Anda dapat menghemat waktu sekaligus menghemat biaya karena Anda dapat melakukan perawatan ini dirumah. Oleskan saja gel lidah pada kulit wajah Anda secara teratur dan konsisten setiap hari maka kulit wajah Anda akan menjadi lembab.

3. Mengatasi Kulit Kering
Jjika kulit Anda kering akibat paparan sinar UV, lidah buaya dapat dijadikan alternatif sebagai bahan untuk melindungi kulit Anda agar tidak kering. Hanya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gel lidah buaya, kemudian oleskan pada kulit Anda maka hal ini sudah bisa pemulihan kulit pasca terbakar.

4. Membuat Rambut Sehat Berkilau
Kebanyakan dari produsen shampoo memakai lidah buaya sebagai bahan utamanya, hal tersebut karena lidah buaya memiliki kemampuan menjaga kesehatan rambut dan membuatnya berkilau secara alami. Jika Anda ingin menjadikan lidah buaya sebagai conditioner, cukup campurkan minyak zaitun dengan lidah buaya lalu kemudian oleskan pada rambut Anda secara menyeluruh. Gunakanlah secara rutin agar rambut Anda sehat dan berkilau secara alami.

5. Mengobati luka
Lidah buaya tidka hanya bermanfaat untuk kecantikan wajah dan rambut saja tetapi juga bisa digunakan untuk mengobati luka ringan. Kandungan lignin dan antiseptik yang terdapat pada lidah buaya mampu mengurangi peradangan sehingga bisa menyembuhkan luka secara cepat. Cara mengaplikasikanny pada luka juga cukup mudah yaitu Anda tinggal ambil saja gel lidah buaya lalu oleskan pada luka. Lakukan hal ini dua kali dalam sehari.

6. Mengobati gigitan serangga.
Manfaat lidah buaya selain mengobati luka, dapat juga dipakai untuk menyembuhkan kullit yang terkena gigitan serangga. Rasa dingin yang dihasilkan dari gel lidah buaya dapat meringankan gatal dan juga perih sehingga membuat Anda menjadi lebih santai dan rileks

7. Mengatasi Sembelit.
Jika Anda mengalami sembelit, Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk mengatasi sembelit Anda tersebut. Hal pertama yang perlu Anda siapkan yaitu daging lidah buaya yang telah dicincang-cindang, air hangat, dan madu. Cuci sampai bersih daging lidah buaya tersebut, kemudian campurkan ketiga bahan tadi lalu setelah itu minum.

8. Mengatasi kencing manis
Bagi Anda yang mempunyai penyakit kencing manis, agar penyakit tersebut tidak semakin parah maka harus diobati dengan tepat. Nah, salah satu cara alami yang bisa Anda coba untuk mengobati penyakit diabetes ini adalah dengan mengkonsumsi lidah buaya. Cara membuat ramuan lidah buaya untuk penderitas diabetes ini sangatlah mudah yaitu Anda cukup merebus daging lidah buaya dengan air secukupnya, lalu kemudian minumlahair rebusan lidah buaya tersebut. Minumlah ramuan itu secara rutin sekitar tiga kali dalam sehari.

9. Detoksifikasi.
Mengkonsumsi segelas jus lidah buaya setiap hari sangat baik bagi kesehatan karena lidah buaya ini mampu membantu tubuh untuk membuang racun-racun jahat atau istilahnya yaitu detoksifikasi. Cara membuat jus lidah buaya ini sangatlah mudah yaitu Anda cukup menyediakan satu batang tanaman lidah buaya lalu kupas dan ambil dagingnya. Potong kecil-kecil daging lidah buaya tersebut lalu blender, boleh ditambah madu. Setelah itu silahkan diminum.

10. Mencegah tumor atau kanker
Mungkin tidak asing lagi bagi anda mendengar tentang kedua penyakit tersebut, kedua penyakit tersebut menjadi momok paling menakutkan karena sangat berbahaya dan mematikan. Tetapi tenang Anda tidak perlu khawatir karena penyakit ini bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi lidah buaya. Kandungan polisakarida pada tanaman ini bersifat anti tumor dan anti-kanker. Minumlah jus lidah buaya segelas sehari maka itu sudah lebih dari cukup untuk menjauhkan Anda dari penyakit kanker. Tetapi jangan lupa di imbangi juga dengan gaya hidup yang sehat.


Itulah 10 manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan. Begitu banyak manfaat dari tanaman yang satu ini sehingga Anda wajib menanamnya diperkarangan rumah.