Sejuta Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Sirsak adalah buah-buahan yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun seiring dengan berjalannya waktu, sirsak berkembang hingga sampai kepelosok dunia. Sirsak dapat tumbuh diiklim tropis dan termasuk tanaman herbal karena kaya akan manfaat. Manfaat yang sangat dikenal dari sirsak adalah khasiat daunnya. Daun sirsak dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit berbahaya dan hal itu memang tidak diragukan lagi karena telah banyak penelitian yang meneliti tentang hal tersebut. Daun sirsak mengandung beberapa senyawa seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid dan muricapentocin yang mampu menjaga kesehatan dan juga dapat menjaga kecantikan tubuh.

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan


Nah, berikut dibawah ini ada beberapa manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang.


Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan


1. Mampu mengatasi asam urat
Manfaat daun sirsak yang pertama adalah bisa mengatasi penyakit asam urat. Nah bagi Anda yang pada saat ini sedang mengidap penyakit asam urat maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi ramuan daun sirsak. Rebus beberapa lembar daun sirsak dengan dua gelas air putih, lalu biarkan hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut secara teratur agar penyakit asam urat yang ada derita bisa berkurang.

2. Dapat mengatasi diabetes
Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang dapat dikategorikan penyakit mematikan karena orang Indonesia sangat banyak mengidap penyakit ini. Meskipun sampai saat ini belu ditemukan obat dari penyakit ini tetapi Anda tidak usah berkecil hati, bagi anda yang pada saat ini sedang menderita penyakit diabetes maka selain menjalani pengobatan medis maka tidaka da salahnya mencoba pengobatan alternatif dengan menggunakan ramuan alami.

Salah satu ramuan alami yang bisa diandalkan untuk mengurangi diabetes adalah daun sirsak. Cukup dengan meminum air rebusan daun sirsak secara rutin dan terautur maka mudah-mudahan penyakit diabetes Anda akan berangsur-angsur membaik.

3. Mengatasi kista ovarium
Daun sirsak mengandung  acetogenins yang tidak hanya berkhasiat untuk mengatasi penyakit kanker tetapi juga dapat mengobati penyakit pada wanita seperti kista ovarium. Caranya pun sama, hanya dengan meminum air rebusan daun sirsak.

4. Mengatasi wasir
Daun sirsak tidak hanya mengandung acetogenins, tetapi mengandung zat-zat seperti annocatacin, annocatalin, annohexocin, annomuricin, annonacin, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoeic acid yang berperan penting dalam mengobati ambient atau wasir.

5. Membantu diet
siapa sangka bahwa air rebusan daun sirsak juga dapat membantu Anda yang sedang melakukan program diet. Dengan mengonsumsi daun sirsak ini, rasa lapar akan berkurang. Tetapi pada hari pertama, Anda akan merasa haus dan lapar tetapi pegal-pegal pada badan akan hilang. Setelah hari selanjutnya, rasa lapar tersebut akan kembali berkurang.

6. Mengurangi kolesterol
Kolesterol sangat penting bagi tubuh Anda jika dalam kadar normal. Akan tetapi, jika kadar kolesterol melebihi batas normal maka akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes dan jantung. Nah, bagi anda yang mempunyai masalah dengan koleseterol tinggi maka cobalah untuk mengkonsumsi teh daun sirsak secara rutin, hal ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh Anda.

7. Mengatasi kanker
Kandungan acetogenins, annocatacin, asam gentisit, asam lonoleat, caclourin. yang ada pada daun sirsak dipercaya mampu menangani penyakit kanker 10 ribu kali lebih baik dibandingkan dengan pengobatan melalui kemoterapi. Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa senyawa ini digunakan pada dunia medis sebagai obat berbagai macam penyakit terutama penyakit kanker seperti kanker prostat, pankreas, dan paru-paru.

8. Mengatasi penyakit liver
Daun sirsak juga dapat mengatasi penyakit liver. Cobalah meminum air rebusan daun sirsak pada siang hari. Kandungan yang ada pada daun sirsak berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, yang sangat efektif melawan berbagai jenis parasit penyebab penyakit liver.

9. Mengobati penyakit asma
Asma adalah gangguan yang terjadi pada sistem pernafasan yang menyebabkan kita sulit atau susah untuk bernafas. Untuk mengatasi penyakit tersebut, Anda dapat mencoba mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Lakukan hal tersebut hingga penyakit asma anda benar-benar sembuh.

10. Menghilangkan bisul
Daun sirsak juga dapat menghilangkan bisul yang Anda derita. Caranya cukup mudah, pertama ambil daun sirsak secukupnya cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Campurkan bahan tersebut dengan air hangat secukupnya, setelah itu aplikasikan pada kulit yang ada bisulnya.  Tunggu hingga mengering dan kemudian baru bilas dengan air bersih.

11. Mengobati penyakit rematik
Manfaat daun sirsak selanjutnya dapat mengobati penyakit rematik. Caranya sama dengan penyakit lainnya dengan mengonsumsi teh daun sirsak 2 kali sehari atau hingga penyakit Anda sembuh.

12. Mengobati sakit pinggang
Daun sirsak juga dipercaya dapat mengobati sakit pinggang. Masyarakat zaman dahulu selalu mengonsumsi teh daun sirsak agar terhindar dari sakit pinggang.


Manfaat lain daun sirsak

  1. Membantu merileksasi otot.
  2. Menghambat pertumbuhan tumor.
  3. Menghambat mutasi gen.
  4. Menghambat proses pertumbuhan bakteri jahat.
  5. Mengurangi stres.
  6. Menguatkan saraf.
  7. Menyehatkan jantung.
  8. Meredakan rasa nyeri.
  9. Dapat dijadikan sebagai obat anti kejang.
  10. Membantu melebarkan pembuluh darah.
  11. Menurunkan demam.
  12. Mampu menekan peradangan.
  13. Meningkatkan produksi asi pada ibu hamil menyusui.

Itulah manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang mungkin jarang diketahui oleh orang banyak. Apabila informasi ini bermanfaat maka silahkan bagikan agar orang lain juga mengetahui hal ini.

Share this :

Previous
Next Post »