11 Manfaat minyak zaitun bagi kecantikan dan kesehatan

Minyak zaitun memang telah dikenal sejak zaman dahulu sangat banyak manfaatnya. Maka tidak heran, apabila minyak zaitun sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan maupun digunakan untuk kecantikan kulit. Bahkan, pada saat ini kebanyakan produk kosmetik, memakai minyak zaitun sebagai bahan utamanya.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat hebat lainnya dari minyak zaitun ini maka silahkan simak saja tulisan dibawah ini

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan



Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Melembabkan kulit
Paparan sinar matahari biasanya membuat kulit menjadi kering sehingga untuk itu kita harus melakukan perawatan ekstra agar kulit tetap lembab meskipun sering beraktiivtas diluar ruangan. Nah, salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan untuk melembabkan kulit adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun sangat baik untuk memberikan kadar minyak yang dibutuhkan untuk kulit.

Caranya, bersihkan wajah menggunakan kapas dengan diolesi minyak zaitun, lakukan hal tersebut secara rutin.

2. Menghilangkan flek hitam atau noda jerawat
Cara menghilangkan noda bekas jerawat atau flek hitam yang membandel pada wajah tidak harus dengan menggunakan produk atau cream wajah yang berharga mahal tetapi bisa juga dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya yaitu cukup panaskan minyak zaitun sebentar, kemudian aplikasikan pada bagian wajah yang terdapat flek hitam.

3. Mencegah penuaan dini
Minyak zaitun memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh seperti zat linoleic acid yang berfungsi membantu dalam menjaga kadar air pada kulit wajah agar tidak menimbulkan keriput pada usia dini atau masih muda. Anda bisa mengoleskan langsung minyak zaitun pada wajah atau dengan mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

4. Melindungi sel-sel dari kerusakan
Minyak zaitun kaya akan antioksidan jenis polifenol yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Senyawa tersebut bersifat anti-inflamasi, beberapa ilmuwan juga menyatakan bahwa efek polifenol pada minyak zaitun sangat baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan. Dalam hal ini juga menunjukkn bahwa minyak zaitun juga berpotensi dalam peningkatan fungsi otak dan meningkatkan ingatan atau memori.

5. Mencegah kanker
Pada beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun dapat mencegah atau menurunkan resiko terhadap terjadinya kanker kolorektal. Bagi wanita yang sering mengkonsumsi minyak zaitun, diyakini dapat menurunkan resiko terhadap terjadinya kanker pada aset bagian atas mereka.

6. Mencegah stroke
Tahukah Anda bahwa orang-orang yang mengonsumsi minyak zaitun akan lebih rendah resiko penyakit stroke dibandingkan dengan orang-orang yang sama sekali tidak mengonsumsinya. Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minyak zaitun baik untuk mencegah penyakit stroke.

7. Melebatkan rambut
Minyak zaitun juga dapat mengatasi masalah pada rambut kering. Dengan memanfaatkan alpukat dan madu menjadi masker rambut. Cara yang harus ada lakukan sangat simple, pertama haluskan alpukat dengan menggunakan blender dan campurkan dengan minyak zaitun. Setelah itu aplikasikan pada rambut Anda secara merata. Diamkan sekitar 15menit, lalu setelah itu baru bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin rambut Anda tidak hanya berkilau tetapi juga lebih lebat dari sebelumnya.

8. Mengatasi wajah berminyak
Minyak zaitun juga bisa diandalkan untuk mengatasi minyak yang berlebihan pada wajah kita. Cara mengaplikasikannya juga terbilang sangat mudah yaitu Anda hanya menyiapkan bubuk cendana secukupnya lalu campur dengan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga rata bahan tersebut lalu baru kemudian aplikasikan pada wajah Anda. Biarkan saja ramuan tersebut menempel selama 15 menit dan setelah itu baru kemudian dibilas dengan menggunakan air bersih.

9. Memanjangkan rambut
Minyak zaitun tidak hanya membantu mengatasi masalah pada wajah kita tetapi juga bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut. Nah, apabila Anda ingin memiliki rambut yang panjang dan sehat maka cobalah menggunakan ramuan alami ini. Pertama tumbuk lemon dan lada, kemudian apabila sudah halus maka campurkan kedua bahan tersebut dengan minyak zaitun secukupnya. Setelah itu, baru oleskan pada rambut Anda secara merata dan diamkan saja selama 20 menit. Kemudian bilas rambut Anda dengan air bersih atau bisa juga menggunakan shampo.

10. Merawat kerusakan rambut
Kerusakan rambut seperti kering, kusam atau rontok biasanya sangat mengganggu dan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Apabila Anda ingin rambut tetap sehat dan terhindar dari berbagai kerusakan maka bisa memanfaatkan minyak zaitun. Caranya yaitu campurkan kelopak bunga mawar dan minyak zaitun lalu masukan kedalam botol.

Biarkan campuran tersebut semalaman, setelah itu baru digunakan pada rambut Anda. Ingat, sebelum mengoleskan ramuan ini maka basahi terlebih dahulu rambut Anda dengan menggunakan air hangat. Ramuan ini tidak hanya membuat rambut Anda menjadi sehat tetapi juga bisa membuat rambut Anda menjadi wangi.

11. Mengobati penyakit wasir
Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah bisa mengobati penyakit wasir. Pertama-tama siapkan satu sendok minyak zaitun, kemudian campurkan dengan bubuk habbatussauda secukupnya. Aduk hingga rata, dan minum ramuan tersebut sehari 3 kali. Ramuan tersebut baiknya diminum sebelum makan pagi, siang dan malam. Jika Anda melakukannya dengan rutin, maka dalam satu minggu saja penyakit wasir Anda akan berkurang ataupun hilang.


Itulah beberapa manfaat minyak zaitun bagi kecantikan dan kesehatan. Semoga bermanfaat dan membantu Anda, silahkan bagikan agar semua orang mengetahui akan manfaat hebat dari minyak zaitun ini.