55 Manfaat Manggis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Manggis Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Siapa sih yang tak kenal dengan buah manggis ? saya rasa mungkin hampir setiap masyarakat Indonesia pasti mengenal buah yang satu ini karena memang beberapa tahun belakangan buah manggis menjadi primadona dan perbincangan dikalangan masyarakat Indonesia karena memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan maupun kecantikan. Bahkan, pada saat ini sudah banyak produsen yang menjual ekstrak kulit manggis dipasaran.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui apa saja sih manfaat yang terdapat didalam buah manggis ini maka silahkan simak saja selengkapnya dibawah ini.


Manfaat Manggis Bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Sebagai Anti-Kanker
Tahukah Anda bahwa buah manggis tidak hanya enak di konsumsi tetapi juga berkhasiat sebagai anti-Kanker? Kulit dan buah manggis mengandung senyawa yang dikenal dengan senyawa xanthone yang bersifat anti-proliferasi dan apoptosis yang sangat bermanfaat untuk menghambat atau mencegah pertumbuhan kanker dan juga menghancurkan sel-sel yang menyebabkan timbulnya penyakit kanker.

2. Mencegah Penyakit Jantung
Selain bisa mencegah kanker, manggis juga sangat membantu menjaga kesehatan jantung. Cukup dengan mengkonsumsi stau buah manggis setiap hari maka kesehatan jantung anda akan tetap terjaga. Tidak hanya itu saja, bahkan tekanan darah Anda akan tetap stabil.

3. Mengobati Sariawan
Buah manggis juga mengandung vitamin C sehingga sangat membantu Anda dalam mengobati sariawan. Cara menghilangkan sariawan dengan menggunakan buah manggis ini cukuplah mudah yaitu cukup siapkan saja dua buah kulit manggis yang telah dicuci bersih lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, potongan kulit manggis tersebut direbus dengan air sekitar 3 gela. Tunggu hingga mendidih dan airnya berkurang hingga 50% dari semula, kemudian diamkan hingga dingin. Setelah itu, saring air rebusan tersebut dan gunakan untuk berkumur-kumur.

4. Meremajakan Kulit
Manfaat selanjutnya adalah mampu membantu meremajakan kulit. Buah manggis ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat tetapi juga mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu, mengkonsumsi buah manggis secara teratur juga mampu membantu kulit kita terlihat cantik dan awet muda.

5. Menghilangkan penyakit kulit kering bersisik
Jika kulit Anda kering dan terlihat seperti bersisik, cobalah untuk mengonsumsi ekstrak buah manggis. Didalam kulit manggis terkandung anti-peradangan yang baik untuk mengurangi sisik dan gatal-gatal pada penyakit kulit.

6. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh kebanyakan masayarakay Indonesia, bahkan tak jarang akibat kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan seseorang meninggal mendadak akibat terkena serangan jantung. Nah selain dengan berolahraga dan diet, salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah manggis atau bisa juga ekstrak buah manggis.

Senyawa-senyawa yang ada pada buah manggis berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh serta mengatur kadar kolesterol agar tetap normal.

7. Membantu Mencegah Arteriosclorosis.
Arteriosclerosis merupakan suatu kelainan sirkulasi yang disebabkan oleh pengerasan sehingga menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah oleh zat kapur. Anda dapat mencegah hal tersebut dengan rutin mengonsumsi manggis. Cukup dengan mengkonsumsi manggis secara rutin dan teratur maka Anda dapat terhindar dari penyakit arteriosclerosis ini.

8. Meringankan sakit akibat carpa tunnel syndrome
Carpal tunnel syndrome adalah penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan dan jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. Penyakit tersebut biasanya dapat diakibatkan Karena terlalu sering memakai keyboard ataupun mouse. Dengan mengonsumsi manggis maka dapat meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit itu.

Manfaat Manggis Lainnya


  1. Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok.
  2. Membantu program diet.
  3. Menyembuhkan kerusakan urat saraf.
  4. Meringkan wasir.
  5. Memperkuan sistem imun.
  6. Menyembuhkan peradangan.
  7. Memperbaiki komunikasi antar sel.
  8. Mengagalkan kerusakan DNA.
  9. Alat bantu sistem getah bening.
  10. Membantu dalam penyembuhan luka.
  11. Membantu menurunkan kadar gula dalam darah.
  12. Memperkuat pembuluh darah.
  13. Membantu mengatasi penyakit GERD (penyakit kronik yang ditandai dengan mengalirnya asam lambung ke dalam kerongkongan).
  14. Membantu menyembuhkan borok/bisul.
  15. Meringankan syndrome kelainan usus besar (IBS).
  16. Membantu menghentikan diare.
  17. Dapat meringankan peradangan usus besar ataupun kecil yang dikenal dengan Crohn`s disease.
  18. Bisa mencegah salah satu penyakit radang usus besar (diverticulitis).
  19. Menurunkan demam.
  20. Mengatasi keracunan makanan.
  21. Menyembuhkan luka tenggorakan.
  22. Mengatasi sesak nafas.
  23. Membantu mengurangi migrant
  24. Mengurangi sakit gigi.
  25. Meningkatkan mood
  26. Menghilangkan rasa sakit akibat keseleo
  27. Meringankan radang tenggorokkan
  28. Membantu mencegah batu ginjal.
  29. Membantu mencegah penyakit sistem syaraf (parkinson).
  30. Memperbaiki kerusakan dari penggunaan obat penghilang rasa sakit (NSAID).
  31. Meredakan sakit akibat radang sendi.
  32. Menambah energi, meningkatkan kegembiraan dan menaikkan stamina.
  33. Memperlambat proses penuaan.
  34. Membantu menghindari penyakit kemerosotan pada otak (dementia & Alzheimer`s).
  35. Membantu mencegah pembesaran prostat.
  36.  Meringankan kesulitan buang air kecil.
  37. Sebagai obat pencuci perut yang lembut.
  38. Meminimalkan gejala sakit sebelum menstruasi (PMS).
  39. Meringankan gejala menopause.
  40. Menurunkan pembengkakan saat menstruasi.
  41. Meringkan sakit pada otot, ligamen, atau tendon (fibromyalgia).
  42. Meringankan sakit akibat penyakit menurunnya kepadatan tulang/pengapuran tulang (osteoporosis).
  43. Membantu meringkan penyakit asma.
  44. Membentuk gigi dan tulang yang lebih kuat.
  45. Bisa mencegah gangguan hyperaktif dan kurang perhatian (ADHD) dan alergi makanan.
  46. Membantu mencegah disentri.

Cara Membuat Ramuan Kulit Manggis

Dalam menjaga kesehatan dan kecantikan, buah manggis dapat dibuat menjadi ramuan. Cara membuat ramuan kulit manggis pertama cuci bersih terlebih dahulu kulit manggis lalu rebus dengan air sekitar 4 gelas. Tunggu hingga mendidih atau sampai 50% air berkurang. Setelah itu saring dan minumlah air rebusan kulit manggis secara rutin 2-3 kali sehari. Dapat Anda lihat hasilnya sendiri. selain itu, Anda dapat membuat manggis menjadi jus, dengan mengonsumsi jus buah manggis dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. cara membuat jusnya pun sama dengan membuat jus pada umumnya.


Itulah manfaat manggis bagi kesehatan dan kecantikan serta tips untuk membuat ramuan kulit manggis sebagai ramuan untuk merawat kecantikan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.