Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Lepek

Cara mengatasi rambut berminyak dan lepek secara alami
Rambut lepek dan berminyak merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami oleh wanita Indonesia, meskipun hal ini tampak sepele tetapi bagi para wanita rambut yang lepek dan berminyak sesuatu yang sangat menggangu dan membuat penampilan mereka terlihat kurang sempurna. Tidak hanya bisa menurunkan rasa percaya diri saja, apabila dibiarkan tanpa diatasi dan dirawat rambut berminyak dan lepek ini bisa mengakibatkan rambut Anda berketombe dan rontok.

Nah ngomong-ngomong masalah rambut lepek dan berminyak, di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi dan merawat rambut yang lepek dan berminyak tanpa harus membeli produk perawatan rambut yang berharga jutaan. Mau tau ? yuk silahkan simak saja selengkapnya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Lepek


1. Rajin Membersihkan Rambut
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah rambut berminyak ini adalah dengan cara membersihkan rambut atau keramas secara teratur. Keramas dengan menggunakan shampo yang ringan, atau bisa juga shampo yang sering digunakan oleh bayi untuk mencuci rambut Anda agar kotoran, debu dan minyak yang menempel di rambut serta kulit kepala Anda bisa hilang dan bersih. Seperti yang kita ketahui bahwa rambut berminyak membuat kotoran dan debu mudah menempel sehingga apabila Anda malas membersihkannya maka lama-kelamaan rambut Anda akan mudah lepek serta berketombe.

2. Perhatikan Ketika Menggunakan Kondisioner
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan rambut berminyak dan lepek maka ketika keramas sebaiknya memperhatikan penggunaan kondisioner. Usahakan agar Anda tidak menggunakan kondisioner hingga ke pangkal rambut karena hal ini akan membuat rambut Anda menjadi semakin lepek. Gunakan saja kondisioner pada ujung-ujung rambut Anda agar ujung rambut Anda tidak menjadi kering dan bercabang.

3. Gunakan Jeruk Nipis
Kemudian bahan alami yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi rambut lepek dan berminyak ini adalah jeruk nipis. Jeruk nipis memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kecantikan wajah maupun rambut. Nah, salah satu manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah bisa mengatasi rambut berminyak dan lepek.

Cara mengatasi rambut berminyak dan lepek dengan menggunakan jeruk nipis ini sangatlah mudah sehingga saya saya yakin Anda pasti bisa mengaplikasikan nya dirumah. Caranya yaitu oleskan perasan air jeruk nipis ke seluruh rambut Anda secara merata dari pangkal hingga ujungnya dan berikan sedikit pijatan, lalu biarkan saja selama 5 menit. Setelah itu, silahkan Anda keramas.

4. Cuka Apel
Selain dengan menggunakan jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan cuka apel untuk mengatasi rambut yang berminyak dan lepek ini. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu cukup oleskan saja cuka apel secukupnya saja pada seluruh rambut Anda secara merata. Gunakan cara ini setelah Anda berkeramas apabila rutin dan konsisten maka mudah-mudahan rambut Anda akan kembali sehat serta indah.

5. Lidah Buaya
Semua pasti sudah tahu bahwa lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki sejuta manfaat. Salah satu manfaat dari lidah buaya ini adalah bisa mengatasi rambut berminyak, lepek dan rontok. Cara mengaplikasikan lidah buaya pada rambut sangatlah mudah yaitu tinggal oleskan saja gel lidah buaya pada seluruh rambut Anda mulai dari pangkal hingga ujung rambut sambil diberikan sedikit pijatan, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, baru bilas rambut Anda dengan menggunakan air bersih.

6. Gunakan Air Dingin
Selalu usahakan agar Anda menggunakan air dingin ketika keramas atau mencuci rambut. Keramas dengan menggunakan air hangat akan membuat rambut Anda menjadi semakin berminyak dan mudah rontok.

7. Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut
Kemudian terakhir, pastikan Anda tidak terlalu sering menyisir rambut karena kebiasaan sering menyisir rambut ini akan membuat rambut Anda semakin berminyak. Sisirlah rambut Anda ketika hendak pergi ke luar rumah, jika dirasa sedikit berantakan maka Anda bisa merapikan nya dengan menggunakan tangan sehingga tidak perlu harus menyisir setiap saat.


Itulah cara mengatasi rambut berminyak dan lepek yang bisa Anda coba ikuti. Semoga tips diatas bisa membantu dan menambah wawasan kita. Silahkan bagikan agar bermanfaat bagi orang banyak.