10 Manfaat Cabai Merah Bagi Kesehatan

Cabe merah atau cabai merah merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan untuk menyedapkan masakan. Meskipun memiliki cita rasa yang pedas tetapi cabe merah tetap memiliki penggemar dan di sukai oleh banyak orang karena selain mampu menambah rasa nikmat pada makanan, cabe merah juga memiliki manfaat luar biasa yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Nah, apa saja sih manfaat cabai merah ini bagi kesehatan tubuh ? baiklah, bagi Anda yang belum mengetahui akan manfaat dari cabe merah ini bagi kesehatan maka silahkan simak penjelasan nya dibawah ini.

Manfaat cabai merah bagi kesehatan




Manfaat Cabe Merah Bagi Kesehatan


1. Membuat Pencernaan Menjadi Sehat
Selama ini banyak orang yang mengatakan bahwa cabe merah merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami masalah pencernaan dan membuat perut menjadi sakit. Hal tersebut ternyata tidaklah benar karena ternyata menurut penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi cabe merah justru membuat pencernaan kita menjadi sehat.

Kandungan capsaicin pada cabai merah mampu merangsang mikroorganisme baik pada pencernaan yang meningkatkan penyerapan nutrisi untuk sumber metabolisme. Tidak hanya itu saja, cabe merah juga bermanfaat untuk mencegah gangguan kronis pada pencernaan serta membunuh bakteri penyebab tukak lambung.

2. Meringankan Rasa Nyeri
Cabai merah mengandung vitamin A, C, dihidrokapsaisin, damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, clan lutein dan capsaicin yang mana ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan capsaicin didalam cabe mampu menghalangi aktivitas kerja otak ketika adanya sinyal rasa sakit. Dengan terhalangnya sinyal-sinyal rasa sakit tersebut maka tentu saja akan membuat rasa sakit atau nyeri yang Anda rasakan akan berkurang.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Selain mampu membuat pencernaan menjadi sehat, mengkonsumsi cabai merah juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit.

4. Menurunkan Berat Badan
Untuk menurunkan berat badan memang di perlukan latihan dan olaharaga secara rutin. Nah, selain dengan berolahraga dan diet ternyata mengkonsumsi cabai juga bisa membantu menurunkan berat badan kita loh. Kandungan capsaicin dan dihydrocapasite yang terdapat didalam cabai merah mampu membantu meningkatkan pengeluaran energi selama beberapa jam setelah kita mengkonsumsi cabai merah. Tidak hanya itu saja, cabai merah juga bisa membantu kita agar lebih cepat kenyang sehingga membuat kita tidak terlalu banyak makan.

5. Melancarkan Pernafasan
Kemudian manfaat cabe merah selanjutnya adalah mampu membantu melancarkan pernafasan. Rasa panas dan pedas dari cabe merah ini mampu merangsang sekreasi yang membantu membersihkan lendir yang ada di hidung dan mengatasi sesak pada paru-paru sehingga pernafasan kita menjadi terasa lancar.

6. Mengatasi Rematik
Rematik merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Rematik tidak hanya bisa diatasi dengan obat-obatan saja tetapi juga bisa dobati dengan menggunakan cara-cara alami. Salah satu cara alami untuk mengobati rematik ini adalah dengan menggunakan cabai merah.

Cara membuat ramuan dari cabai untuk mengatasi rematik yang Anda derita sangatlah mudah yaitu Anda cukup haluskan saja kurang lebih 10 gram cabai merah dan kemudian setelah halus maka campurkan dengan setengah gelas air hangat. Setelah itu, oleskan ramuan cabai merah tersebut pada bagian tubuh yang mengalami nyeri akibat terkena rematik.

7. Mengobati Luka Lebih Cepat
Bagi Anda yang mengalami luka akibat benda tajam maka bisa memanfaatkan cabai merah untuk menyembuhkan luka tersebut. Caranya sangat mudah yaitu Anda cukup haluskan saja cabai merah secukupnya lalu tempelkan pada bagian kulit yang terlukan. Meskipun rasanya agak sedikit panas tetapi cara ini mampu mempercepat penyembuhan luka yang Anda alami.

8. Mengobati Bisul
Bisul bukanlah penyakit yang sepele karena penyakit yang satu ini sangat menjengkelkan dan membuat kita mejadi serba salah, apalagi bisul tersebut tumbuh di bagian pantat maka sudah pasti akan membuat kita susah untuk duduk.

Nah, bagi Anda yang pada saat ini sedang mengalami penyakit yang satu ini maka cobalah diatasi dengan menggunakan daun cabai merah. Caranya mudah, ambil beberapa buah daun cabai dan kemudian bersihkan atau cuci dengan air. Setelah itu, oleskan daun cabai dengan minyak sayur dan kemudian layukan diatas api kecil. Apabila sudah layu, tempelkan daun cabai tersebut selagi hangat pada bagian kulit yang terdapat bisul.

9. Mencegah Stroke
Kandungan capsaicin didalam cabai merah juga mampu mencegah adanya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga hal ini membuat jantung kita lebih sehat dan membuat kita terhindar dari penyakit stroke.

10. Mengurangi Pegal-Pegal
Kemudian manfaat cabai merah yang terakhir adalah bisa membantu mengurangi rasa pegal-pegal di tubuh. Senyawa kapsisikol yang terdapat didalam cabe akan memberikan efek hangat bagi tubuh. Nah, efek hangat inilah yang mampu membantu untuk menghilangkan rasa pegal pada tubuh kita.

Bahaya Cabai Merah


Meskipun cabai merah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh tetapi hal ini bukan berarti anda boleh mengkonsumsi cabai merah secara berlebihan. Seperti yang kita ketahui bahwa cabai mengandung capsaicin yang mana senyawa ini memberikan rasa pedas yang kuat. Apabila Anda terlalu banyak mengkonsumsi capsaicin maka akan menyebabkan iritasi parah, sensasi seperti terbakar pada lidah, mulut ataupun tenggorokan. Selain itu, mengkonsumsi cabai merah secara berlebihan juga bisa membuat pencernaan kita menjadi terganggu.


Itulah manfaat cabai merah bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum Anda ketahui. Namun perhatikan, meskipun cabe memiliki manfaat tetapi jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya karena sesuatu yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan.