Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Cara mengatasi anak yang susah makan sebenarnya tidaklah terlalu sulit, sehingga untuk itu para bunda tidak perlu terlalu khawatir secara berlebihan apalagi sampai harus repot-repot untuk membeli vitamin penambah nafsu makan untuk si kecil. Meskipun mengkonsumsi vitamin penambah nafsu makan bisa membantu anak-anak menjadi doyan makan secara instan tetapi alangkah baiknya apabila kita melakukan cara-cara alami saja untuk meningkatkan nafsu makan si anak.

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa cara mudah yang bisa bunda coba dirumah untuk mengatasi anak yang susah makan.

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan sayur



Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan


1. Jadikan Saat Makan Sesuatu Yang Menyenangkan
Salah satu cara menarik minat makan sang anak adalah dengan menjadikan suasana saat makan menyenangkan bagi mereka. Bujuk mereka dengan lemah lembut, sebisa mungkin hindari ancaman-ancaman dengan kata-kata yang menakutkan karena hal ini malah akan membuat si anak semakin malas dan susah untuk makan. Selain itu, kata-kata yang bernada ancaman atau menakut-nakuti akan membuat si anak menjadi trauma di kemudian hari.

2. Variasi Makanan
Cara selanjutnya untuk mengatasi anak yang susah makan adalah dengan melakukan variasi makanan. Usahakan agar Anda selalu menyajikan makanan yang berbeda setiap hari agar si anak merasa tidak bosan karena makanan nya berganti setiap hari. Namun Anda juga harus memperhatikan, pastikan bahwa makanan yang Anda masak memenuhi asupan nutirisi dan gizi bagi si kecil agar proses tumbuh kembang nya tidak terhambat.

3. Sajikan Makanan Dengan Bentuk Yang Menarik
Tidak ada salahnya apabila Anda selalu menyajikan makanan dalam bentuk yang menarik karena hal ini akan membuat anak-anak menjadi tertarik untuk makan. Untuk membuat karakter atau bentuk ini sangatlah mudah karena pada saat ini sudah banyak toko yang menjual cetakan nasi yang memiliki bentuk lucu. Menyajikan makanan dalam bentuk yang menarik merupakan salah satu solusi paling baik untuk mengatasi anak-anak yang susah makan.

4. Batasi Jajan di Luar
Salah satu penyebab mengapa anak-anak menjadi susah untuk makan dirumah adalah karena mereka telah kenyang jajan di luar sana. Untuk itu, sebagai orang tua Anda harus membatasi jajan sang anak karena bagaimana pun juga makan makanan dirumah jauh lebih baik dan sehat dibandingkan dengan jajanan di luar.

5. Libatkan Anak Dalam Memilih Menu Makanan
Kemudian cara selanjutnya yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah anak susah makan ini adalah dengan melibatkan mereka dalam pemilihan menu makanan yang akan Anda masak nantinya. Coba tanyakan pada mereka makanan apa yang paling mereka sukai, dengan begitu mereka pasti akan semangat untuk makan karena makanan yang Anda masak adalah makanan kesukaan mereka.

6. Jangan Memaksa
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jangan pernah memaksa, apalagi mengeluarkan kata-kata bernada ancaman atau menakut-nakuti anak agar mereka mau makan karena hal ini nantinya sangat tidak baik bagi mereka dan bisa menimbulkan trauma psikologis bagi mereka.

7. Batasi Pemberian Minum di Sela-Sela Makan
Batasi pemberian minum pada anak yang sedang makan karena apabila si anak terlalu banyak minum maka mereka akan cepat merasa kenyang oleh air sehingga membuat mereka menjadi malas untuk makan kembali.

8. Buat Jadwal Makan Teratur
Kemudian cara terakhir untuk mengatasi anak yang susah makan adalah dengan membuat jadwal makan secara teratur. Dengan memperlakukan jadwal makan secara teratur maka tanpa disadari hal ini akan menjadi kebiasaan bagi mereka sehingga membuat kita tidak sulit lagi menyuruh mereka untuk makan.


Itulah bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan, para bunda bisa menerapkan hal diaas apabila mengalami hal yang serupa pada buah hatinya. Selain itu, bunda juga harus mengetahui dan memperhatikan mengapa sang anak tiba-tiba menjadi susah untuk makan sehingga kita bisa mengatasinya dengan cepat.

Share this :

Previous
Next Post »