Cara Mengatasi Nyeri Haid Yang Aman dan Ampuh

Banyak wanita yang sering kali mengalami nyeri pada perut mereka saat sedang haid, hal ini sebenarnya sesuatu yang wajar karena nyeri haid ini hampir dialami oleh setiap wanita di dunia ini sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir secara berlebihan. Ada banyak cara mengatasi nyeri haid ini, mulai dari mengkonsumsi obat pereda nyeri haid seperti parasetamol, asam mafenat hingga dengan menggunakan cara-cara alami.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, meskipun nyeri haid ini merupakan sesuatu yang lumrah dan wajar dialami oleh para wanita dewasa tetapi tetap saja kita tidak boleh membiarkan nyeri haid ini berlarut-larut karena pastinya akan sangat mengganggu aktivitas harian dan mood Anda. Nah, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi nyeri haid yang aman dan ampuh.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami dan Ampuh




Cara Mengatasi Nyeri Haid


1. Mengkonsumsi Minuman Hangat
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri haid adalah dengan mengkonsumsi minuman hangat. Dengan mengkonsumsi minuman hangat maka akan membuat otot-otot kita menjadi rileks, peredaran darah pun menjadi lancar sehingga rasa sakit atau nyeri haid bisa sedikit berkurang.

Selain mengkonsumsi air putih hangat, Anda juga bisa mengkonsumsi ramuan tradisional yang terbuat dari kunyit. Cara membuat ramuan tradisional untuk penghilang nyeri haid ini sangatlah mudah yaitu parut beberapa ruas kunyit lalu tambahkan sedikit air kemudian setelah itu peras dan ambil air sari dari kunyit tersebut. Tambahkan sedikit asam jawa dan gula merah, kemudian rebus hingga mendidih dan angkat. Konsumsilah ramuan tersebut ketika masih hangat, mudah-mudahan bisa menghilangkan nyeri haid yang Anda rasakan

2. Melakukan Pijatan
Kemudian cara selanjutnya yang cukup ampuh untuk mengatasi nyeri haid ini adalah dengan cara memijat perut yang nyeri tersebut. Lakukan pemijatan dengan gerakan memutar diperut bagian bawah, tetapi  usahakan jangan terlalu keras memijatnya. Untuk memudahkan pemijatan maka gunakan krim atau baby oil yang memiliki aroma terapy.

3. Kompres
Untuk mengurangi nyeri haid selanjutnya adalah dengan cara mengompres. Kompreslah perut Anda dengan menggunakan air hangat atau air dingin (air es). Anda tinggal pilih saja mau mengompres dengan menggunakan air hangat atau air dingin (air es), tidak perlu khawatir karena kedua cara diatas sama-sama memiliki manfaat untuk meredakan nyeri haid.

Apabila Anda ingin menggunakan air hangat maka caranya sangat mudah yaitu, cukup masukan air hangat kedalam botol plastik atau botol bekas air mineral kemudian tempelkan pada bagian perut Anda yang nyeri. Mengompres dengan menggunakan air hangat ini mampu membuat otot tubuh menjadi rileks dan membuat peredaran menjadi lancar, apabila peredaran darah sudah lancar maka rasa nyeri haid yang Anda rasakan bisa segera berkurang.

Kemudian, jika Anda ingin mengompres menggunakan air es atau air dingin maka caranya juga cukup mudah yaitu cukup celupkan handuk kecil kedalam air es atau dingin kemudian tempelkan pada bagian perut Anda. Kompres dengan menggunakan air dingin ini memiliki efek yang sangat baik seperti vasokonstriksi (pembuluh darah penguncup) dan penurunan metabolik, membantu mengontrol perdarahan dan pembengkakan karena trauma, mengurangi nyeri, dan menurunkan aktivitas ujung saraf pada otot. Tetapi usahakan jangan terlalu lama apabila Anda mengompres dengan menggunakan air dingin, paling lama 30 menit karena apabila terlalu lama bisa membuat kematian pada jaringan kulit.

4. Mandi Air Hangat
Mandi dengan menggunakan air hangat juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan nyeri haid yang Anda rasakan. Dengan mandi air hangat maka otot-otot pada tubuh kita menjadi lebih rileks, peredaran darah pun menjadi lancar sehingga hal ini mampu membantu mengurangi rasa nyeri yang Anda rasakan.

5. Istirahat Cukup
Jangan lupa beristirahat karena selain membuat tubuh menjadi bugar , istirahat yang cukup juga sangat membantu dalam mengurangi nyeri haid yang Anda rasakan. Aturlah posisi se nyaman mungkin ketika sedang istirahat karena apabila kita sudah merasa nyaman makan tubuh akan menjadi rileks sehingga hal ini mampu mengurangi dan mengatasi nyeri haid Anda.

6. Obat Pereda Nyeri
Apabila cara diatas belum juga berhasil membuat Anda nyaman dan membuat nyeri haid Anda menghilang maka langkah terakhir Anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri haid. Anda tidak perlu khawatir karena pada saat ini sudah banyak obat pereda nyeri haid yang di jual dipasaran sehingga Anda bisa mendapatkan nya dengan mudah. Pilihlah obat pereda nyeri haid yang benar-benar sudah teruji dan aman tentunya, jangan membeli obat anti nyeri secara sembarangan.


Itulah cara mengatasi nyeri haid yang aman dan ampuh. Silahkan bagikan artikel ini agar para wanita lain diluar sana juga mengetahui bagaimana cara mengurangi dan menghilangkan nyeri haid yang aman sehingga mereka tidak merasa takut atau khawatir lagi apabila tamu bulanan nya datang.

Share this :

Previous
Next Post »