10 Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Bahaya duduk terlalu lama tidak bisa dianggap sepele bahkan kebiasaan duduk lama hingga berjam-jam baik itu saat di kantor ataupun didepan komputer memiliki efek negatif yang tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita, apabila hal ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin jika nantinya Anda akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Bahkan duduk terlalu lama ini juga bisa meningkatkan resiko kematian akibat serangan penyakit jantung.

Nah, berikut dibawah ini setidaknya ada 10 bahaya akibat duduk terlalu lama bagi kesehatan tubuh dan tulang Anda. Penasaran ? yuk langsung saja kita simak :

Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan




Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan


1. Kolesterol Tinggi
Banyak hal yang menyebabkan mengapa kadar kolesetrol didalam tubuh kita meninggi, selain salah mengkonsumsi makanan ternyata kenaikan kadar kolesterol didalam tubuh juga bisa di picu akibat kebiasaan buruk yang sering kita lakukan sehari-hari yaitu terlalu lama duduk. Orang-orang yang sering duduk berlama-lama baik itu saat sedang menonton televisi ataupun di depan komputer secara perlahan-lahan kadar kolesterol didalam tubuhnya akan meningkat. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi tentunya sangat beresiko bagi kesehatan tubuh kita, bahkan apabila dibiarkan tanpa diatasi maka hal ini bisa memicu terjadinya serangan jantung.

2. Obesitas
Kemudian dampak negatif akibat terlalu lama duduk yang kedua adalah bisa menyebabkan tubuh menjadi obesitas. Orang yang terlalu sering duduk berjam-jam tentunya pembakaran kalori didalam tubuhnya tidak terlalu optimal sehingga hal ini membuat Anda sangat beresiko mengalami obesitas atau kegemukan.

3. Sakit jantung
Seperti yang sudah saya bahas diatas tadi bahwa duduk terlalu lama bisa menyebabkan kadar kolesterol didalam tubuh meningkat. Nah, apabila kadar kolesterol didalam tubuh Anda terus meningkat dan tinggi maka hal ini bisa menyebabkan Anda mudah terkena penyakit jantung.

3. Kanker
Duduk terlalu lama ternyata juga bisa meningkatkan resiko terbentuknya sel kanker didalam tubuh Anda. Meskipun masih banyak beberapa penyebab lainnya dari penyakit kanker ini dan kemungkinan seseorang terkena kanker akibat sering duduk terlalu lama ini sangat kecil tetapi Anda tetap harus waspada dan sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering duduk berlama-lama di depan komputer ataupun di depan televisi.

4. Diabetes
Bahaya duduk terlalu lama selanjutnya adalah bisa menyebabkan Anda beresiko terserang diabetes. Kurangnya aktivitas fisik akibat terlalu banyak duduk bisa menyebabkan sensitivitas insulin berkurang sehingga apabila kebiasaan buruk ini tetap dilanjutkan maka bukan tidak mungkin jika nantinya Anda akan mengalami penyakit yang satu ini.

5. Otak Berasap
Maksud otak berasap disini bukan berarti otak Anda benar-benar mengeluarkan asap tetapi ini hanyalah sebuah istilah. Seseorang yang sering duduk terlalu lama dan jarang melakukan aktivitas fisik maka akan membuat otot menjadi aktif untuk memompa darah segar dan oksigen ke otak dan memicu segala macam  bahan kimia yang meningkatkan suasana hati. Lain halnya apabila Anda adalah seorang yang aktif maka semuanya bisa lambat masuk ke otak Anda.

6. Sindrom Metabolik
Sindrom metabolik adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki resiko untuk terkena penyakit diabetes, jantung, obesitas akibat karena kurangnya aktivitas fisik dan sering mengkonsumsi makanan tinggi kalori. Nah, maka dari itu apabila Anda terlalu sering duduk berlama-lama dan kurang aktivitas fisik maka besar kemungkinan akan terkena sindrom metabolik

7. Sakit punggung
Kemudian efek negatif akibat duduk terlalu lama ini juga bisa menyebabkan sakit pada punggung. Bahkan para ahli kesehatan mengatakan tidak hanya membuat punggung menjadi nyeri saja, duduk terlalu lama juga bisa memicu terjadinya perubahan pada tulang belakang.

8. Gangguan kaki
Duduk terlalu lama bukan hanya menyebabkan penyakit seperti diabetes, jantung ataupun obesitas tetapi juga bisa menyebabkan gangguan pada kaki kita.  Duduk yang terlalu lama akan membuat sirkulasi darah menjadi terhambat sehingga menyebabkan cairan berkumpul dikaki yang kemudian akan membuat kaki kita mengalami nyeri, bengkak pada pergelangan kaki hingga menyebabkan varises.

9. Kerusakan saraf
Kemudian duduk yang terlalu lama atau diam pada posisi yang sama hingga berjam-jam bisa menyebabkan kerusakan pada saraf.

10. Depresi
Bahaya duduk terlalu lama yang terakhir adalah yaitu bisa menyebabkan Anda mengalami depresi. Meskipun hal ini terdengar sedikit aneh tetapi memang benar adanya, semakin lama Anda duduk maka semaki besar Anda akan mengalami depresi.


Itulah bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan tubuh. Nah, maka dari itu mulailah dari sekarang untuk membiasakan diri agar kita tidak duduk hingga berjam-jam lamanya karena ternyata kebiasaan tersebut sangatlah tidak baik dan mempercepat kematian.

Share this :

Previous
Next Post »