Cara Mengatasi Jantung Yang Berdebar Kencang

Jantung merupakan salah satu organ vital yang harus benar-benar dijaga dan dilindungi kesehatan nya karena apabila jantung bermasalah maka nyawa Anda yang menjadi taruhannya. Untuk menjaga kesehatan jantung ini sebenarnya sangatlah mudah yaitu cukup dengan menjalani pola makan dan hidup yang teratur saja maka itu sudah cukup. Namun apabila Anda tidak menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup yang tidak sehat maka bisa saja kesehatan jantung Anda akan menjadi tergganggu.

Cara Mengatasi Jantung Yang Berdebar Kencang akibat obat

Nah berbicara mengenai jantung maka pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi jantung yang sering berdebar. Anda pasti khawatir bukan, jika tiba-tiba jantung Anda berdebar kencang ? ya, meskipun biasanya jantung berdebar berlangsung dalam waktu singkat namun tidak menutup kemungkinan terkadang juga berlangsung lama dan tak kunjung reda. Jika sudah demikian maka tentu saja kita harus mencari cara agar jantung bisa kembali berdetak normal seperti semula.

Baiklah, bagi Anda yang sering mengalami masalah jantung berdebar ini maka silahkan simak tips dibawah ini agar jantung Anda bisa berdetak normal dan teratur kembali.

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Mudah dan Praktis


1. Tinggikan Kaki Dari Jantung
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah meninggikan posisi kaki sehingga kaki Anda lebih tinggi daripada jantung. Untuk melakukan gerakan ini maka silahkan Anda duduk terlebih dahulu, lalu angkat kedua kaki hingga lebih tinggi daripada jantung. Kemudian setelah itu tarik napas secara perlahan dan biarkan rongga perut Anda membesar seiring dengan helaan napas. Cara ini bisa membantu melancarkan peredaran darah Anda kembali dan membuat detak jantung kembali seirama dan normal.

2. Lakukan Manuver Valsava
Apa itu manuver valsava ? Kata ini mungkin terdengar asing di telingga kita karena memang jarang kita dengar. Manuver valsava ini merupakan salah satu gerakan yang mampu membuat detak jantung Anda kembali normal.  Caranya yaitu pertama pencet hidung Anda dan kemudian pastikan mulut juga tertutup, setelah itu coba hembuskan napas tetap dalam kondisi hidung dipencet dan mulut tertutup. Meskipun terlihat sepele ternyata gerakan ini mampu membantu meningkatkan tekanan darah serta “mereset” jantung Anda.

3. Minum Air Putih
Kemudian tips selanjutnya untuk meredakan jantung yang berdebar kencang adalah dengan cara mengkonsumsi air putih. Meskipun belum ada penelitian yang menunjukan akan metode ini tetapi setidaknya menurut beberapa orang yang pernah mengalami masalah jantung berdebar, dengan mengkonsumsi air putih yang banyak bisa membantu denyut jantung normal kembali.

4. Kendalikan Stres
Stres merupakan sesuatu yang wajar dan mungkin sering dialami oleh kebanyakan orang terutama bagi mereka yang selalu dikejar deadline. Namun meskipun tidak berbahaya tetapi apabila stres tidak bisa Anda kendalikan maka juga bisa mengakibatkan berbagai macam gangguan pada tubuh salah satunya adalah jantung berdebar. Jantung berdebar merupakan salah satu pertanda bahwa tingkat stres Anda sudah sangat tinggi sehingga secepat mungkin harus diatasi dan dikendalikan agar tidak berlanjut menjadi depresi. So, pintar-pintarlah dalam mengatur waktu agar tenaga dan pikiran tidak terlalu terforsir oleh pekerjaan sehingga Anda tidak mudah mengalami stres. Luangkan lah waktu untuk rekreasi atau liburan sehingga pikiran Anda selalu fresh.

5. Tidur Cukup
Hindarilah begadang dan tidurlah setidaknya 8 jam sehari agar tubuh tetap sehat dan bugar karena ketika kita kurang tidur maka tubuh akan mengalami berbagai gangguan salah satunya adalah jantung berdebar. So, intinya yaitu tidur cukup dan jangan begadang.

6. Hindari Obat-Obatan
Seperti yang kita ketahui salah satu penyebab jantung berdebar adalah penggunaan obat-obatan yang sembarangan. Beberapa obat seperti obat asma, pil diet dan lainnya bisa memicu jantung berdebar kencang sehingga maka dari itu usahakan agar Anda menghindari obat-obatan tersebut dan apabila terpaksa mengkonsumsi obat maka konsultasikan lah terlebih dahulu pada dokter.


Itulah cara mengatasi jantung berdebar yang mudah dan praktis tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mencobanya dirumah karena memang tips diatas menggunakan cara-cara alami. Baca Juga : 7 Hal Yang Menyebabkan Denyut Jantung Meningkat