8 Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Ibu Hamil
Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi ketika sedang hamil sangatlah penting agar kesehatan Anda dan si bayi yang ada didalam kandungan tetap terjaga hingga melahirkan nanti. Jangan sampai salah didalam memilih makanan karena mengkonsumsi makanan yang sembarangan saat sedang hamil bisa mempengaruhi kesehatan janin yang ada didalam kandungan Anda, bahkan kesalahan didalam memilih makanan ini bisa berakibat fatal dan menyebabkan Anda beresiko mengalami keguguran. 


Lalu, apa saja makanan sehat untuk ibu hamil ini ? baiklah bagi Anda yang belum mengetahui maka silahkan simak dibawah ini mengenai makanan sehat dan bergizi yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil agar asupan nutrisi harian Anda tetap terpenuhi sehingga kesehatan bayi yang ada didalam kandungan Anda tetap terjaga.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

1. Kacang-Kacangan
Makanan sehat dan bergizi yang wajib di konsumsi oleh ibu hamil muda atau trimester pertama ini yaitu kacang-kacangan. Kacang-kacangan ini kaya akan protein dan serat sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil trisemester pertama. Kandungan serat didalam kacang-kacangan sangat membantu ibu hamil muda didalam mengatasi sembelit. Selain itu kacang juga mengandung asam folat serta zat besi yang sangat bagus untuk perkembangan janin yang ada didalam kandungan Anda. Jenis kacang-kacangan yang baik untuk ibu hamil adalah kacang hijau dan kacang merah.

2. Pisang
Ibu hamil trimester pertama juga perlu mengkonsumsi buah, salah satu buahan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil trimester pertama ini adalah buah pisang. Mengapa harus pisang ? buah pisang ini mengandung serat, vitamin C, potasium, asam folat dan B6 yang mana nutrisi tersebut tidak hanya membuat tubuh Anda menjadi sehat saja tetapi juga bisa membantu mengurangi perasaan mual (morning sicks) pada ibu hamil di trimester pertama. 

3. Bayam 
Selain buahan, ibu hamil di trimester pertama juga perlu mengkonsumsi sayur. Nah sayur yang sangat baik untuk ibu hamil muda atau trimester pertama ini adalah sayur bayam. Kandungan asam folat yang tinggi pada sayur bayam mampu membantu mencegah janin agar tidak mengalami cacat pada otak dan sum-sum tulang belakang sejak dini. Selain asam folat, sayur bayam juga mengandung serat, mangan, besi dan vitamin A, C serta vitamik K

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

4. Alpukat
Ketika Anda sudah memasuki masa kehamilan pada trimester kedua maka variasikan menu makanan Anda agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi. Selain dengan mengkonsumsi makanan sehat yang pernah Anda konsumsi di trimester pertama maka di trimester kedua Anda bisa menambahkan buah alpukat didalam menu makanan. Buah alpukat ini hampir sama dengan buah pisang yaitu bisa membantu mengurangi morning sicks atau perasaan mual. Selain itu, lemak tak jenuh yang terdapat didalam buah alpukat sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Selain alpukat Anda juga bisa mengkonsumsi buah apel.

5. Telur
Kemudian makanan sehat selanjutnya untuk ibu hamil trimester kedua yaitu telur. Telur ini adalah sumber protein yang baik, bahkan didalam kuning telur terdapat kolin yang mana nutrisi ini sangat baik untuk janin yang ada didalam kandungan Anda dan membantu perkambangan otak janin. Bagi Anda yang kurang suka dengan telur maka bisa menggantinya dengan daging sapi, susu atau kacang kedelai.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

6. Ikan
Setelah memasuki trimester ketiga maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan. Ikan mengandung asam lemak omega 3, terutama pada ikan laut kandungan omega 3 nya sangat tinggi. Tetapi tidak usah berlebihan, cukup dengan mengkonsumsi 12 ons ikan per minggu maka itu sudah cukup dan masih di anggap aman untuk ibu hamil.

7. Pepaya
Buah pepaya sangat bagus untuk memperlancar BAB sehingga para ibu hamil tidak mengalami yang namanya sembelit. Seperti yang kita ketahui bahwa, ibu hamil memang sering sekali mengalami sembelit, apalagi bagi mereka yang kurang mengkonsumsi makanan berserat. Nah, maka dari itu apabila Anda ingin terbebas dari sembelit maka silahkan konsumsi buah pepaya matang. Tetapi ingat, jangan mengkonsumsi pepaya yang masih mentah karena getah pada pepaya mentah ini mengandung pepsin, yang mana hal ini bisa menyebabkan kontraksi pada ibu hamil.

8. Kacang-Kacangan
Tidak hanya pada trimester pertama saja Anda diwajibkan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan tetapi di trimester ketiga Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kacang. Selain menyehatkan, mengkonsumsi kacang-kacangan terutama kacang hijau di trimester ketiga bisa membuat bayi Anda menjadi bersih dan wangi saat dilahirkan nantinya.


Itulah makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil yaitu mulai dari hamil trimester pertama, trimester kedua hingga trimester ketiga. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua, silahkan bagikan artikel ini agar para ibu hamil lainnya juga mengetahui hal ini.