Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah

Karang gigi adalah salah satu masalah klasik yang mungkin hampir dialami oleh setiap orang sehingga untuk itu Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan. Seperti yang kita ketahui bahwa karang gigi ini adalah semacam kotoran yang menempel pada gigi, yang mana biasanya diakibatkan oleh karena adanya sisa-sisa makanan yang melilit pada gigi. Maka dari itu, apabila Anda malas membersihkan dan menggosok gigi maka jangan heran apabila nantinya gigi Anda akan terdapat banyak plak atau karang.

Nah, meskipun karang gigi ini tidak membahayakan kesehatan tetapi tetap saja kita tidak boleh membiarkan karang gigi menempel pada gigi kita karena lama-kelamaan karang gigi akan semakin menebal dan menyebabkan kerusakan pada gigi kita. Selain itu, karang gigi yang menebal juga bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri dan menyebabkan nafas menjadi bau.

Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah


Selain harus rajin menggosok gigi kita juga harus rutin mengontrol kesehatan gigi dan membersihkan karang gigi minimal 6 bulan sekali agar karang gigi tidak semakin menebal. Nah, untuk membersihkan karang gigi ini biasanya kebanyakan dari kita pergi kedokter gigi. Cukup dengan membayar sekitar 150.000 sampai 500.000 maka plak dan karang pada gigi kita akan hilang dan bersih.

Tetapi masalahnya tidak semua orang yang berani pergi kedokter gigi untuk membersihkan karang gigi karena menurut mereka pergi kedokter gigi adalah sesuatu yang horor dan menakutkan, padahal seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa apabila kita tidak rutin membersihkan karang gigi maka lama-kelamaan karang gigi tersebut akan menebal dan menjadi sulit dihilangkan.

Nah, bagi Anda yang tidak berani untuk pergi kedokter gigi maka tidak perlu terlalu khawatir karena sebenarnya untuk membersihkan karang gigi bisa kita lakukan sendiri dari rumah tanpa harus pergi kedokter gigi. Caranya sangat mudah sehingga saya yakin Anda pasti bisa mengaplikasikan nya dirumah. Nah, sebelum Anda mencoba membersihkan karang gigi sendiri dirumah maka berikut beberapa bahan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu.


Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah


Bahan-Bahan:

-Hidrogen peroksida
-Air
-Bubuk soda kue
-Garam
-Antiseptik pencuci mulut
-Dental pick
-Sikat gigi

Cara Membersihkan Karang Gigi

1. Campurkan satu cangkir hidrogen peroksida dengan 1/2 cangkir air hangat dan kemudian aduk agar tercampur rata
2. Gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur, kemudian setelah itu bilas atau kumur-kumur lagi dengan air dingin bersih.
3. Setelah itu, masukan 1 sendok baking soda dengan setengah sendok teh garam kedalam cangkir bersih. Sementara itu, rendam sikat gigi kedalam air hangat.
4. Kemudian ambil sikat gigi yang sudah kita rendam kedalam air hangat tadi dan celupkan kedalam campuran baking soda dan garam, lalu gunakan sikat gigi tersebut untuk menyikat gigi Anda. Lakukan penyikatan gigi ini selama 5 menit.
5. Apabila sudah selesai menggosok gigi maka bilas atau kumur-kumurlah dengan antiseptik pencuci mulut.
6. Langkah terakhir yaitu gunakan dental pick dan mualilah membersihkan karang gigi Anda. Lakukan pembersihan dengan sangat hati-hati, agar tidak mengikis dan merusak gusi.


Itulah cara membersihkan karang gigi sendiri dirumah yang bisa Anda coba aplikasikan. Meskipun agak sedikit ribet tetapi sebenarnya secara keseluruhan ini sangatlah mudah. Bersihkanlah karang gigi Anda secara rutin dan berkala agar gigi tetap sehat dan terbebas dari karang.