Campuran Madu dan Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Batuk Berdahak

Cara mengatasi batuk berdahak  dengan jeruk nipis dan madu
Apabila batuk sudah menyerang maka rasanya pasti sangat menjengkelkan apalagi batuk yang kita alami berdahak maka sudah pasti ini membuat kita menjadi tidak nyaman ketika beraktivitas. Seperti yang kita ketahui batuk berdahak ini bisa terjadi pada siapa saja baik itu anak-anak, remaja hingga orang dewasa sehingga maka dari itu kita harus selalu berhati-hati dan menjaga pola makan serta gaya hidup agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari batuk.

Penyebab batuk berdahak ini sendiri sangatlah beragam yaitu mulai dari adanya infeksi virus, adanya penyakit pada paru-paru, asam lambung naik dan kebiasaan merokok. Namun penyebab batuk berdahak yang paling umum biasanya adalah karena adanya infeksi virus yang kemudian menyebabkan kita terkena flu dan pilek. Nah, ketika kita sedang mengalami flu atau pilek maka biasanya lendir yang terdapat pada hidung mengalir ke bagian belakang tenggorokan sehingga hal ini menyebabkan kita mengalami batuk berdahak.


Apabila batuk berdahak yang Anda alami ini diakibatkan oleh karena flu dan batuk maka itu bisa dikatakan suatu kondisi normal dan sebenarnya nanti bisa hilang dengan sendirinya seiring hilangnya flu dan pilek yang menyerang Anda. Namun apabila batuk tak juga kunjung sembuh maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi obat-obatan untuk menghilangkan batuk berdahak tersebut.

Karena apabila batuk berdahak ini tidak segera diatasi maka dampaknya sangat buruk, batuk berdahak pada anak-anak biasanya memiliki efek pada penurunan nafsu makan, selalu gelisah, rewel dan membuat mereka tidak nyaman pada saat tidur dimalam hari. Sedangkan bagi kita orang dewasa, batuk berdahak ini sangat menggangu kenyamanan serta aktivitas harian kita sehingga untuk itu harus diobati dengan cepat.

Nah, bagi Anda yang pada saat ini sedang mengalami batuk berdahak dan sudah mengkonsumsi obat penghilang batuk tetapi belum juga berhasil maka bisa menggunakan cara alami untuk menghilangkan batuk berdahak. Salah satu cara alami yang cukup ampuh untuk mengobati batuk berdahak ini yaitu madu dan jeruk nipis. Campuran kedua bahan herbal tersebut tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat dan bugar saja tetapi juga bisa meredakan batuk berdahak yang Anda alami.

Caranya, Anda cukup membeli madu murni dan menyiapkan jeruk nipis sebanyak satu buah setiap hari. Kemudian campurkan air perasaan jeruk nipis dengan satu sendok madu, lalu minum ramuan tersebut setidaknya dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari ketika hendak tidur. Campuran madu dan jeruk nipis bisa dikatakan adalah salah satu obat herbal terbaik untuk mengatasi masalah batuk berdahak maupun batuk kering. 

Sedangkan batuk berdahak pada anak-anak sebenarnya tanpa diberi obatpun akan hilang dengan sendirinya, cukup berikan saja minum air putih hangat. Mengkonsumsi air putih hangat bisa membantu mengencerkan dahak dan lendir ditenggorokan sang anak sehingga  dahak bisa dengan mudah untuk keluar.


Itulah cara mengatasi batuk berdahak secara alami dengan menggunakan campuran jeruk nipis dan madu. Perhatikan, apabila usia anak Anda masih bayi maka jangan berikan terlebih dahulu madu yaitu cukup dengan berikan asi saja untuk mengatasi batuk berdahak yang menimpa bayi Anda.