9 Efek Samping Daun Sirsak Bagi Tubuh

Daun sirsak dipercaya sebagai obat herbal alami yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit diantaranya yaitu penyakit diabetes, kista, wasir, asam urat hingga kanker. Meskipun sampai saat ini belum ada penelitian khusus yang mengatakan bahwa daun sirsak bisa mengobati berbagai macam penyakit tetapi hal tersebut tidak lantas membuat orang-orang menjadi enggan untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirsak, bahkan mungkin beberapa diantara kita ada yang rutin mengkonsumsi air rebusan sirsak ini.

Nah, meskipun daun sirsak ini sering sekali dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi berbagai macam penyakit tetapi tahukah Anda ternyata dibalik manfaat daun sirsak tersebut ada juga loh efek sampingnya. Gak percaya ? berikut dibawah ini ada beberapa efek samping daun sirsak yang harus Anda ketahui.

Efek Samping Daun Sirsak Bagi Tubuh



Efek Samping Daun Sirsak Bagi Tubuh


1. Menyebabkan Susah BAB
Pernakah Anda mengalami susah BAB ? jika pernah maka hal tersebut sangat menyebalkan bukan. Nah, tahukah Anda selain faktor kurang serat ternyata mengkonsumsi daun sirsak juga bisa menjadi salah satu penyebab Anda menjadi susah BAB. Hal ini disebabkan karena senyawa yang terkandung didalam daun sirsak mampu mempengaruhi lendir pada usus sehingga usus kita tidak bisa bekerja secara optimal untuk menyerap sari makanan sehingga menyebabkan BAB menjadi keras. Nah, untuk Anda yang sedang menjalani pengobatan dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak maka pada saat ini sedang menjalani disarankan untuk memperbanyak asupan serat agar buang air besar Anda menjadi lancar.

2. Memberikan Efek Panas
Mengkonsumsi daun sirsak memang memiliki banyak manfaat tetapi kita tidak bisa memungkiri juga jika efek samping dari daun sirsak ini juga sangat menggangu. Salah satu efek samping dari mengkonsumsi daun sirsak ini adalah menyebabkan kita menjadi kurang nyaman dan gangguan pada tubuh. Air rebusan daun sirsak ini bisa menyebabkan suhu tubuh menjadi naik sehingga panas pada tubuh kita menjadi berlebihan. Salah satu tanda yang menunjukan bahwa panas tubuh kita sedang berlebihan biasanya adalah yaitu adanya keringat berlebihan, perut terasa panas, lemah, tidak nafsu makan dan gelisah.

3. Menggangu Ginjal
Jangan anggap sepele efek samping yang satu ini karena seperti yang kita ketahui bahwa ginjal adalah salah satu organ penting sehingga harus dijaga dengan baik agar fungsinya bisa tetap optimal. Nah, tahukah Anda mengkonsumsi air rebusan daun sirsak ternyata bisa menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal. Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari bisa menyebabkan beban kerja ginjal jadi meningkat karena ginjal akan terus menyaring zat-zat asing dari air rebusan daun sirsak ini. Jika ginjal selalu bekerja keras maka bukan tidak mungkin jika nantinya akan menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal Anda

4. Dehidrasi
Efek samping daun sirsak selanjutnya yaitu bisa menyebabkan orang-orang yang mengkonsumsinya mengalami dehidrasi. Hal ini karena disebakan karena ketika kita mengkonsumsi air rebusan daun sirsak maka senyawa pada daun sirsak bereaksi dan mengeluarkan racun melalui keringat dan air seni. Nah, hal ini tentunya akan sangat menggangu keseimbangan cairan didalam tubuh Anda, apalagi ketika sedang mengkonsumsi air rebusan daun sirsak Anda kurang minum maka besar kemungkinan akan membuat Anda mengalami dehidrasi. 

5. Keringat Berlebihan
Jangan kaget ketika Anda mengkonsumsi air rebusan daun sirsak tiba-tiba tubuh mengeluarkan keringat yang banyak dan berlebihan. Hal ini merupakan salah satu efek samping dari mengkonsumsi air rebusan daun sirsak ini dan nanti akan hilang dengan sendirinya. Konsumsi saja banyak air putih agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

6. Menyebabkan Gangguan Asam Lambung
Bagi Anda yang tidak ingin mengalami masalah pada lambungnya maka sebaiknya jangan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak karena efek samping dari mengkonsumsi daun sirsak ini bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik. Ketika asam lambung menjadi naik biasanya makanan yang kita konsumsi akan naik kembali ke kerongkongan sehingga menyebabkan perasaan mual dan tidak nyaman.

7. Nyeri Sendi
Siapa sangka jika efek samping daun sirsak juga bisa menyebabkan nyeri pada sendi. Orang-orang yang sebelumnya sudah mempunyai masalah dengan sendi maka ketika mereka mengkonsumsi air rebusan daun sirsak, nyeri sendi yang mereka rasakan akan semakin parah. So, apabila Anda mengalami masalah nyeri pada sendi ataupun otot maka sebaiknya hindari mengkonsumsi air rebusan daun sirsak agar sakit Anda tidak bertambah menjadi parah.

8. Menyebabkan Gangguan Pada Hati
Sama halnya dengan ginjal, fungsi hati juga menjadi terbebani apabila Anda terlalu sering mengkonsumsi air rebusan daun sirsak. Hal ini membuat hati menjadi bekerja dua kali lebih keras untuk menyaring racun-racun dari zat asing yang terdapat pada daun sirsak. Apabila beban kerja hati setiap hari semakin berat maka tentunya lama kelamaan akan menyebabkan gangguan pada fungsi hati.

9. Memperburuk Komplikasi Penyakit
Kemudian efek samping akibat terlalu sering mengkonsumsi air rebusan daun sirsak adalah yaitu bisa menggangu metabolime tubuh yang kemudian berujung pada komplikasi penyakit yang lebih parah lagi. Sehingga maka dari itu, apabila Anda merasa sudah mempunyai penyakit komplikasi seperti diabetes, asam urat dan lainnya maka usahakan agar tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak


Itulah efek samping daun sirsak bagi tubuh yang wajib Anda ketahui agar kita bisa selalu waspada serta berhati-hati didalam mengkonsumsi sesuatu. Jangan pernah berlebihan didalam mengkonsumsi apapun karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.