Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Herbal

Cara mengolah daun sirsak menjadi minuman herbal bukanlah sesuatu yang sulit. Namun meskipun demikian kita tetap tidak boleh sembarangan didalam mengolah daun sirsak ini. Apabila kita mengolahnya dengan cara asal-asalan maka  sudah tentunya hasilnya juga tidak baik dan Andapun tidak akan mendapatkan manfaat ataupun khasiat terbaik dari daun sirsak ini.

Seperti yang kita ketahui, pada saat ini pengobatan dengan daun sirsak sudah mulai cukup populer dikalangan masyarakat kita. Bahkan, orang-orang dikampung saya termasuk orang tua saya sendiri mulai mengandalkan daun sirsak untuk mengatasi penyakit asam urat yang Ia derita. Setidaknya dua kali seminggu, Ia rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak ini.

Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Minuman Herbal



Nah, berikut dibawah ini cara yang dilakukan oleh orang tua saya didalam mengolah daun sirsak menjadi minuman herbal.

Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Obat


Bahan:

- Beberapa lembar daun sirsak (kira-kira 3-5 lembar)
- Panci
- Air Putih
- Kompor

Cara Membuat:

1. Cuci bersih daun sirsak yang telah kita ambil langsung dari pohon sirsak tadi (usahakan untuk memilih daun yang udah agak sedikit tua yaitu ciri-cirinya daun berwarna hijau pekat)
2. Setelah di cuci bersih maka rebusa daun sirsak dengan 300 ml liter air bersih
3. Rebus dengan api sedang, kira-kira selama 15 menit
4. Setelah mendidih maka angkat rebusa daun sirsak tersebut dan matikan kompor
5. Kemudian saring air rebusan daun sirsak tersebut, lalu masukan kedaam gelas
6. Apabila air rebusan sudah agak dingin maka Anda bisa langsung mengkonsumsinya.

Sebenarnya selain cara diatas, ada satu lagi cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengeringkan daun sirsak. Daun sirsak yang kering bisa disimpan dan kemudian diseduh kapan saja Anda mau tanpa repot-repot mencari daun sirsak terlebih dahulu. Berikut cara mengeringkan daun sirsak yang baik dan benar.

Ambil beberapa daun sirsak, misalnya Anda mengambil 5-10 daun sirsak. Kemudian jemur daun sirsak tersebut, tetapi usahakan agar Anda tidak menjemurnya dibawah matahari langsung. Letakan saja daun sirsak ini di atas kardus kemudian jemur di tempat yang agak dingin sehingga daun sirsak tidak terkena langsung oleh sinar matahari. Biasanya daun sirsak akan mengering dalam waktu 4-5 hari, Anda harus sabar menunggunya.

Setelah kering, silahkan simpan daun sirsak ini seperti biasanya. Apabila Anda ingin mengolahnya menjadi minuman herbal maka ambil sedikit daun sirsak kering tersebut lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih maka matikan kompor, lalu tunggu hingga air rebusan daun sirsak menjadi dingin. Kemudian, siap di konsumsi.


Itulah cara mengolah daun sirsak menjadi minuman herbal. Bagaimana, mudah bukan ? nah apabila Anda sudah mengetahuinya maka silahkan coba praktekan dan buat sendiri dirumah.

Share this :

Previous
Next Post »