Cara Merawat Rambut Keriting Agar Halus dan Indah

Cara Merawat Rambut Keriting
Memiliki rambut keriting bukanlah suatu "aib" memalukan, justru apabila Anda pandai merawatnya maka akan membuat penampilan Anda menjadi semakin cantik dan stylish. Perawatan rambut keriting sebenarnya tidaklah susah, tetapi sayangnya kebanyakan orang tidak mau ribet dengan perawatan tersebut sehingga mereka memilih untuk merebonding rambutnya.

Rebonding adalah cara yang cukup populer untuk meluruskan rambut keriting. Meskipun setelah melakukan rebonding, rambut menjadi lurus tetapi tetap saja nanti seiring dengan berjalannya waktu rambut Anda akan kembali keriting seperti semula. Bahkan lebih parahnya lagi yaitu rambut keriting Anda akan disertai dengan kering dan pecah-pecah.

Nah, daripada Anda membuang-buang duit untuk melakukan rebonding maka berikut dibawah ini ada beberapa tips bagi kamu yang memiliki rambut keriting agar rambut Anda menjadi lebih halus dan indah.

Cara Merawat Rambut Keriting Agar Halus dan Indah 


1. Potong Rambut
Hal pertama yang harus anda lakukan agar memiliki rambut keriting yang halus dan indah adalah memotong rambut untuk memaksimalkan kesan ikal pada rambut anda sehingga tidak terlihat berantakan. Lakukan pemotongan rambut setidaknya setiap 8-10 minggu agar rambut anda tetap pada tampilan terbaik, selain itu hal ini juga akan memudahkan anda untuk melakukan perawatan selanjutnya.

2. Minyak Zaitun
Minyak zaitun dikenal sejak dahulu sebagai obat yang ampuh baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu khasiat minyak zaitun adalah bisa melembabkan rambut yang kasar serta menyuburkan pertumbuhan rambut. Untuk cara penggunaannya sangat mudah yaitu cukup oleskan minyak zaitun pada rambut anda dari kulit kepala hingga ujung rambut, lakukan hal ini dengan sedikit pijatan agar memberi kesan rileks.

Apabila anda rutin dan konsisten melakukan hal ini maka anda akan merasakan perubahannya yaitu rambut keriting yang kasar akan menjadi lembut, halus serta bersinar. Bahkan minyak zaitun mampu membantu menjaga kelembaban rambut anda sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli pelembab rambut.

3. Keramas Secara Teratur
Keramas yang teratur akan membuat rambut anda menjadi sehat dan bersih, namun apabila terlalu sering keramas juga tidak baik bagi kesehatan rambut anda karena hal ini bisa menghilangkan minyak alami pada rambut sehingga menyebabkan rambut anda menjadi kering.

Nah, bagi anda yang memiliki rambut keriting maka perhatikan shampo yang akan digunakan untuk keramas, pilihlah sesuai jenis rambut anda yaitu shampo untuk rambut keriting karena hal ini akan membantu rambut anda untuk mendapatkan vitamin yang dibutuhkan sehingga rambut anda akan terlihat berisi serta halus dari ujung hingga akar.

4. Gunakan Kondisioner dan Vitamin Rambut
Kemudian cara merawat rambut keriting agar halus dan indah dengan menggunakan kondisioner dan vitamin rambut. Sehabis keramas tadi usahakan untuk selalu menggunakan kondisioner agar rambut keriting anda tidak kasar, baru setelah itu anda beri vitamin rambut. Selain membuat halus, mengunakan kondisioner dan vitamin rambut secara teratur juga bisa merawat rambut kering dan mengembang anda menjadi lembab kembali.

Walaupun terlihat simpel tetapi banyak orang yang mengatakan hal ini sangat ribet dan memakan waktu yang lama sehingga mereka sering mengabaikan dan jarang menggunakan kondisioner dan vitamin untuk rambut. Padahal jika dilakukan dengan konsisten dan sabar maka anda akan merasakan hasilnya, rambut keriting yang kering dan kasar akan berubah menjadi halus serta indah.

5. Pilih Sisir Bergigi Jarang
Dan cara yang terakhir agar rambut keriting anda tampak halus dan indah adalah memperhatikan penggunaan sisir. Pilihlah sisir yang bergigi jarang dan hindari sisir yang bergigi rapat karena hal ini justru akan membuat rambut keriting anda menjadi kusut dan semakin tidak menarik untuk dilihat. Untuk sekedar catatan ada beberapa hal yang harus anda hindari agar rambut keriting anda tidak menjadi kering, kusut dan mengembang.

Penyebab Rambut Rusak 

Penyebab rambut rusak

1. Pengering Rambut
Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut karena hal ini bisa merusak rambut anda, sebaiknya keringkan saja rambut anda dengan cara diangin-anginkan saja.

2. Salah Memilih Shampo
Sebelum membeli suatu produk maka perhatikan terlebih dahulu kegunaanya apakah sesuai dengan jenis rambut anda atau tidak karena salah dalam memilih shampo juga bisa menyebabkan rambut anda menjadi rusak.

3. Menggosok Rambut Dengan Handuk
Menggosok rambut menggunakan handuk merupakan kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, hal ini tanpa disadari bisa mempengaruhi kesehatan rambut anda.

4. Hindari Pelurus Rambut
Pelurus rambut atau catokan merupakan alat ajaib yang menjadi andalah bagi wanita berambut keriting untuk mendapatkan rambut lurus dalam sekejab. Namun tahukah anda bahwa terlalu sering menggunakan pelurus rambut juga tidak bagus bagi kesehatan rambut anda, bahkan bisa menyebabkan rambut kering dan mudah patah.


Itulah cara merawat rambut keriting agar halus dan indah sehingga enak dilihat dan kecantikan andapun akan semakin terpancar. So, kenapa malu punya rambut keriting karena sebagian wanita didunia yang memiliki rambut lurus justru dikeritingkan.