4 Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Batu Ginjal

4 Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Batu Ginjal
Batu ginjal merupakan salah satu penyakit menyebalkan karena rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit ini bisa dikatakan sangat menyiksa, bahkan bisa menyebabkan seseorang menjadi pingsan. Batu ginjal ini biasanya terbentuk oleh beberapa faktor salah satunya adalah karena pola hidup yang tidak sehat, kurang minum, sering menahan buang air kecil hingga faktor keturunan. Nah, bagi anda yang pernah atau pada saat ini mempunyai penyakit batu ginjal maka tentunya sudah pasti tahu bahwa kita tidak bisa lagi bebas untuk mengkonsumsi makanan maupun minuman  karena apabila salah mengkonsumsi makanan sedikit saja maka penyakit Anda akan kumat.

Baiklah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja makanan yang tidak boleh di konsumsi berlebihan oleh penderita batu ginjal maka silahkan simak tulisan dibawah ini.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal


1. Membatasi Makanan yang Mengandung Vitamin C
Bagi penderita batu ginjal, mereka tidak bisa sembarangan mengkonsumsi makanan dan harus membatasi asupan vitamin C mereka karena seperti yang kita ketahui bahwa hasil metabolisme dari vitamin C ini akan menghasilkan okslat yang merupakan salah satu pembentuk batu ginjal. Vitamin C ini biasanya banyak terdapat jeruk sehingga kita harus mengurangi untuk mengkonsumsi buah yang satu ini, sebisa mungkin hindari minuman-minuman suplemen yang mengandung vitamin C.

2. Membatasi Mengkonsumsi Garam
Sayur tanpa garam memang kurang enak, namun tidak perlu berlebihan dalam mengkonsumsi garam karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Bagi penderita batu ginjal sangat dianjurkan untuk mengurangi mengkonsumsi garam karena hal ini bisa memperbesar batu ginjal Anda. Ketika kita mengkonsumsi banyak garam maka hal ini membuat ginjal bekerja lebih keras dan mengakibatkan banyaknya kalsium didalam urin sehingga hal ini bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal, apalagi hal ini diperparah dengan kurangnya mengkonsumsi air putih.

3. Membatasi Makanan Yang Mengandung Oksalat
Mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat secara berlebihan tidak hanya bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal tetapi juga memperparah keadaan seseorang yang telah menderita penyakit batu ginjal. Biasanya makanan yang mengandung oksalat terdapat pada bayam, strawberry, cokelat, gandum, biji-bijian dan teh. So, kurangi mengkonsumsi makanan tersebut jika tidak ingin penyakit Anda kumat.

4. Membatasi Asupan Kalsium
Nah pantangan yang terakhir bagi penderita batu ginjal adalah tidak boleh mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium secara berlebihan karena hal ini bisa memicu terjadinya batu ginjal. Apabila anda mempunyai riwayat penyakit batu ginjal maka sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi susu maupun produk olahan yang berbahan dasar susu.

Nah itulah 4 makanan yang dilarang bagi penderita batu ginjal. Namun sebaiknya apabila batu ginjal sudah besar maka secepat mungkin untuk memeriksakan pada dokter ahli agar bisa diberikan tindakan lanjutan karena lama kelamaan batu ginjal yang membesar bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Tetapi apabila batunya masih kecil maka tidak perlu harus pergi kedokter karena cukup mengkonsumsi banyak air putih dan ramuan kumis kucing maka batu yang berukuran kecil bisa keluar dengan sendirinya. (Baca : Cara mengobati penyakit batu ginjal secara alami tanpa operasi)