Ingin Ginjal Tetap Sehat ? Lakukan 10 Hal Ini

cara menjaga kesehatan ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ penting yang berfungsi menyaring racun didalam tubuh sehingga harus benar-benar dijaga kesehatannya agar bisa menjalani tugasnya dengan baik.  Namun walaupun demikian masih banyak orang yang tidak menyadari hal ini dan tanpa disadari selalu melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kesehatan ginjal mereka terganggu.

Nah, bagi anda yang ingin ginjalnya tetap sehat maka coba lakukan 10 hal ini dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal


1. Mengkonsumsi Air Putih
Mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan di dunia. Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh manusia 80 persennya terdiri dari air sehingga apabila tubuh kekurangan cairan sedikit saja maka bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan salah satunya adalah menggangu fungsi ginjal. Seseorang yang kurang minum biasanya sangat rentan terkena batu ginjal. So, jangan tunggu haus dulu baru Anda mau minum tetapi minumlah sebelum haus.

2. Selalu Berolahraga
Hal kedua yang harus anda lakukan jika ingin ginjal tetap sehat adalah rajin berolahraga. Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan apabila rutin berolahraga diantaranya adalah membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Bahkan seseorang yang rajin berolahraga akan terhindar dari berbagai penyakit jantung, paru-paru hingga penyakit ginjal. So, jangan malas untuk berolahraga dan usahakan agar setidaknya meluangkan waktu selama 30 menit dalam sehari untuk melakukan olahraga.

3. Menjaga Berat Badan
Berat badan yang berlebihan tidak hanya bisa mengurangi rasa percaya diri tetapi juga bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan anda. Masalah kesehatan yang paling sering menghampiri orang yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas ini adalah diabetes. Namun ternyata selain diabetes, obesitas juga bisa menyebabkan fungsi ginjal Anda terganggu karena penimbunan lemak disekitar perut bisa menyebabkan ginjal tertekan sehingga bisa mengganggu proses pembentukan urin. Nah, untuk menjaga berat badan agar tetap ideal Anda dituntut untuk rajin berolahraga dan melakukan diet.

4. Menjaga Pola Makan
Untuk menjaga kesehatan ginjal tentu saja hal yang harus kita perhatikan adalah pola makan. Banyak orang yang menganggap sepele hal ini dan tidak memperhatikan pola makan mereka dan cenderung menyantap semua makanan. Padahal pola makan yang salah atau tidak sehat bisa membuat kesehatan ginjal Anda terganggu, seperti yang kita bahas diatas bahwa ginjal merupakan organ yang bertugas untuk menyaring racun didalam tubuh. Nah, apabila kita makan secara sembarangan maka tentu saja hal ini bisa membuat beban kerja ginjal menjadi semakin berat dan apabila dibiarkan terus menerus maka lama-kelamaan fungsi ginjal Anda akan terganggu. Sekedar tambahan, rajinlah mengkonsumsi sayur dan buahan segar.

5. Tinggalkan Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk penyebab ginjal bermasalah mulai seperti kurang minum, sering mengkonsumsi minuman berenergi dan banyak minum soda mulai saat ini harus anda tinggalkan. Walaupun hal ini terlihat sepele namun sudah banyak yang menjadi korban akibat kebiasaan buruk ini. So, jangan tunggu anda mengalami hal serupa baru mau menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

6. Jangan Mengkonsumsi Obat Sembarangan
Jenis obat tertentu seperti paint killer sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal Anda apabila terlalu sering dikonsumsi. Usahakan tidak sembarangan mengkonsumsi obat karena hal ini bisa memperberat beban kerja ginjal anda. So, konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat karena hal ini demi kebaikan anda juga.

7. Mengurangi Makanan Asin
Garam memang baik untuk kesehatan tubuh, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama ginjal. Garam yang berlebihan didalam tubuh biasanya akan mengendap dan lama kelamaan akan membentuk kristal yang kemudian akan menjadi batu ginjal. Selain itu, seseorang yang mengkonsumsi garam secara berlebihan maka ginjalnya akan bekerja dua kali lebih keras.

8. Hindari Alkohol dan Merokok
Alkohol dan merokok merupakan sudah menjadi gaya hidup anak muda zaman sekarang, padahal tanpa disadari hal ini bisa merusak kesehatan ginjal mereka. Walaupun semua orang mengetahui bahwa kebiasaan ini buruk bagi kesehatan tetapi masih banyak orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

9. Hindari Stres
Penyakit yang diakibatkan oleh stres bisa sangat membahayakan kesehatan karena saat kita stres berlebihan maka seluruh organ didalam tubuh akan juga ikut terganggu salah satunya adalah memperburuk kerja ginjal. Walaupun hal ini terlihat sepele tetapi jangan diabaikan dan apabila stres telah melanda maka secepat mungkin lakukan berbagai hal menyenangkan agar pikiran rileks dan segar kembali.

10. Memeriksakan Kesehatan Ginjal
Langkah terakhir yang harus anda lakukan jika ingin ginjal tetap sehat adalah dengan cara rajin memeriksakan kesehatan ginjal pada dokter ahli. Lakukan chek up secara berkala setidaknya 6 bulan sekali atau setahun sekali agar Anda terbebas dari berbagai penyakit berbahaya.

Nah itulah 10 cara menjaga kesehatan ginjal yang harus anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari karena apabila ginjal Anda sudah terganggu fungsinya maka hal ini bisa menyebabkan kita menjadi tersiksa.