4 Cara Alami Untuk Mengobati Batuk Berdahak

Cara Mengobati Batuk Berdahak
Batuk berdahak yang tidak sembuh-sembuh memang sangat menjengkelkan karena bisa mengganggu aktivitas keseharian kita. Biasanya batuk berdahak ini disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya oleh virus, infeksi saluran pernapasan, naiknya asam lambung dan asap rokok. Walaupun terkadang batuk berdahak bisa sembuh secara sendiri tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan tetapi tetap saja sangat menyiksa, bahkan bisa menyebabkan kondisi kesehatan seseorang jadi menurun.

Bagi sebagian orang langkah termudah dan tercepat untuk mengatasi batuk berdahak adalah dengan berobat ke dokter, padahal tanpa harus pergi ke dokterpun kita bisa membasmi batuk berdahak hanya dengan menggunakan ramuan tradisional yang telah terbukti khasiatnya karena bahan-bahan alami ini sudah menjadi andalan orang zaman dahulu untuk mengobati batuk berdahak yang susah hilang. Penasaran apa saja obat alami batuk berdahak ? yuk kita simak tulisan dibawah ini.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Obat Tradisional


1. Teh Jahe
Apakah Anda pernah mengkonsumsi teh jahe ? jika belum maka silahkan coba rasakan sendiri. Perpaduan antara teh jahe tidak hanya menghangatkan tubuh kita tetapi juga bisa mengobati batuk berdahak, bahkan obat tradisional ini sudah digunakan sejak zaman dahulu oleh nenek moyang kita.

Cara membuatnya juga cukup mudah dan simpel yaitu buatlah satu gelas teh lalu masukan irisan jahe kedalam teh tadi. Konsumsi 2 kali dalam sehari agar batuk berdahak Anda bisa reda dan sembuh.

2. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh sudah dikenal sejak dahulu memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Walaupun buah yang berukuran kecil ini rasanya sangat asam tetapi ampuh untuk mengobati penyakit batuk berdahak.

Cara membuatnya juga sangat mudah yaitu ambil belimbing wuluh secukupnya kemudian siapkan juga beberapa butir adas, gula dan air. Rebus dan campurkan seluruh bahan tersebut lalu setelah matang maka saring kedalam kegelas dan ramuan ini siap untuk di minum.

3. Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga sangat ampuh untuk mengatasi batuk berdahak, bahan alami yang satu ini juga sangat mudah ditemukan dan banyak tumbuh di sekitar kita sehingga kita tidaklah sulit untuk menemukan jeruk nipis.

Cara membuat ramuan dari jeruk nipis ini sendiri sangatlah praktis yaitu siapkan satu buah jeruk nipis kemudian peras airnya lalu campurkan dengan madu dan sedikit air hangat. Selain metode diatas, Anda juga bisa mencampur jeruk air perasaan jeruk nipis dengan kecap lalu langsung di konsumsi.

4. Kunyit
Selain bahan alami diatas, untuk mengobati batuk berdahak ini kita juga bisa menggunakan kunyit. Mungkin selama ini kita hanya mengetahui kunyit sebagai bumbu dapur yang hanya di gunakan untuk menyedapkan masakan, padahal banyak manfaat lainnya dari kunyit ini salah satunya ya seperti yang dijelaskan diatas yaitu mengatasi batuk berdahak.

Cara membuatnya sangat mudah yaitu kita tumbuk kunyit secukupnya kemudian campurkan dengan madu dan segelas susu. Minum ramuan ini setidaknya dua hari sekali agar batuk berdahak Anda bisa hilang dalam waktu singkat

Itulah 4 cara alami untuk mengobati batuk berdahak yang bisa Anda coba dirumah. Batuk berdahak memang sangat menjengkelkan apalagi batuk berdahak kental dan kehijauan, tentu saja membuat risih kita dan orang sekitar. Baca Juga : 5 Cara Alami Menghilangkan Daki Membandel Pada Kulit