Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Dengan Cepat dan Alami

Apakah Anda pernah mengalami anyang-anyangan ? jika iya maka rasanya pasti sangat menyebalkan bukan karena hal ini membuat kita menjadi tersiksa dan harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Anyang-anyangan merupakan suatu kondisi dimana ketika seseorang merasakan ingin buang air kecil tetapi ketika akan buang air kecil yang keluar hanya sedikit dan biasanya disertai dengan rasa perih. Maka dari itu secepat mungkin kita harus mencari cara mengatasi anyang-anyangan tersebut agar tidak mengganggu dan menyiksa kita. 

Cara mengatasi anyang-anyangan pada pria dan wanita

Didalam dunia medis, anyang-anyangan ini biasanya disebut dengan infeksi saluran kemih dan harus diatasi dengan cepat karena apabila tidak sembuh didalam tiga hari maka Anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mengantisipasi mengenai adanya penyakit serius lainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebelum mengunjungi dokter ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mencoba cara alami untuk mengatasi masalah anyang-anyangan ini.

Nah, sebelum kita membahas bagaiama cara mengatasi anyang-anyangan ini maka tidak ada salahnya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja hal yang menjadi penyebab seseorang mengalami anyang-anyangan.

Penyebab Anyang-Anyangan Pada Pria dan Wanita


1. Dehidrasi
Dehidrasi tidak hanya membuat tubuh kita menjadi cepat lelah tetapi juga bisa menimbulkan berbagai macam masalah pada kesehatan salah satunya adalah anyang-anyangan. Ketika tubuh dehidrasi maka produksi urin akan sangat sedikit sehingga menyebabkan kita menjadi sulit untuk buang air kecil

2. Kehamilan
Masa kehamilan merupakan masa yang sangat rentan bagi ibu hamil sehingga kita harus bisa menjaga kondisi tubuh agar selalu fit. Namun meskipun para ibu hamil telah berusaha menjaga kesehatan mereka tetapi tetap saja terkadang ada beberapa gangguan masalah kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil salah satunya adalah anyang-anyangan. Anyang-anyangan di masa kehamilan masih terbilang sesuatu yang wajar karena ketika kandungan mulai membesar maka kandungan tersebut akan menekan kantung kemih sehingga hal ini membuat ibu hamil selalu ingin buang air kecil.

3. Batu Ginjal
Kemudian penyebab selanjutnya adalah karena adanya batu ginjal. Apabila batu ini telah bersarang di saluran kemih maka akan membuat Anda sulit untuk buang air kecil dan merasa anyang-anyangan. 


4. Prostat
Prostat juga bisa menjadi penyebeb anyang-anyangan pada pria. Fungsi prostat yang terganggu akan menyebabkan seseorang akan mengalami sulit dan sakit ketika buang air kecil serta rasa tidak tuntas ketika sehabis buang air kecil.

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Dengan Cepat


1. Konsumsi Air Putih 
Seperti yang sudah dibahas diatas tadi bahwa salah satu hal yang menyebabkan seseorang mengalami anyang-anyangan adalah karena dehidrasi. Nah, maka dari itu untuk mengatasi anyang-anyangan tersebut dengan cara memperbanyak mengkonsumsi air putih agar tubuh tidak dehidrasi dan produksi urin kembali meningkat. Konsumsilah air putih 2 liter sehari agar tubuh tidak kekurangan cairan dan tetap terus fit serta bugar.

2. Mengikat Jempol Kaki
Ketika dulu saya mengalami anyang-anyangan, orang tua selalu menyarankan untuk mengikat jempol kaki dengan tali. Tetapi tali yang kita ambil tidak sembarangan yaitu harus menggunakan tali dari tikar, jika tidak ada pakai karet gelang juga gak masalah. Percaya atau tidak nyatanya cara ini cukup membantu untuk mengatasi anyang-anyangan.

3. Kulit Semangka
Semangka merupakan buah yang enak dan menyegarkan serta mempunyai banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, selain itu ternyata kulit semangka yang selama ini sering kita buang memiliki manfaat yang luar biasa yaitu untuk mengatasi masalah anyang-anyangan. Cara membuatnya sangat mudah yaitu parut kulit semangka secukupnya dan kemudian peras dan ambil sarinya sebanyak satu gelas, setelah itu bisa langsung diminum. Ramua tradisional ini juga bisa dikatakan sangat ampuh untuk mengatasi anyang-anyangan.

4. Kumis Kucing
Daun kumis kucing dikenal memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk melancarkan air seni. Nah, maka dari itu bagi Anda yang mengalami anyang-anyangan maka cobalah untuk membuat ramuan tradisional ini. Cara membuatnya sangat mudah yaitu ambil kumis kucing segenggam dan kemudian cuci bersih, lalu rebus kumis kucing tersebut dengan dua gelas air.  Jika sudah mendidih maka dinginkan dan lalu bisa langsung dikonsumsi ramuan daun kumis kucingnya.

5. Konsumsi Jus Jeruk Nipis
Kemudian cara terakhir untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengkonsumsi jus jeruk. Ambil satu buah jeruk nipis dan kemudian peras airnya. Setelah itu tambahkan air perasaan jeruk nipis tersebut dengan air hangat dan sedikit gula lalu bisa langsung dikonsumsi. 

Itulah cara mengatasi anyang-anyangan baik untuk pria maupun wanita tanpa harus berobat kedokter. Tips, agar terhindar dari masalah anyang-anyangan ini maka sebaiknya hindari kebiasaan buruk seperti menahan buang air kecil terlalu lama dan celana yang terlalu ketat. Baca Juga : 6 Penyakit Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil