Cara Merawat Rambut Berjilbab Agar Tidak Mudah Rontok

Cara merawat rambut berjilbab sebenarnya tidaklah terlalu susah dan sesulit yang dibayangkan sehingga Anda tidak perlu takut untuk menggunakan jilbab. Jilbab ini tidak hanya dianjurkan oleh agama dan berfungsi sebagai penutup aurat perempuan saja tetapi penggunaan jilbab juga sangat bermanfaat untuk rambut Anda yaitu salah satunya adalah melindungi rambut dari sinar matahari secara langsung. Seperti yang kita ketahui bahwa sinar matahari ini bisa membuat rambut menjadi kering, rusak dan patah.

Cara merawat rambut berjilbab agar tidak mudah rontok

Meskipun penggunaan jilbab banyak manfaatnya bagi wanita tetapi ternyata tidak semua wanita yang suka menggunakan jilbab dengan berbagai alasan tertentu. Salah satu alasan yang sering dikeluhkan oleh beberapa wanita adalah karena takut rambut mereka menjadi rontok, padahal asalkan mereka tahu cara merawat rambut berjilbab yang baik dan benar maka maka masalah rambut rontok, rambut berminyak saat menggunakan jilbab tidak akan menghampiri Anda.

Baiklah bagi Anda yang ingin mengetahu bagaimana perawatan rambut berjilbab agar tetap sehat dan terbebas dari berbagai masalah seperti rontok, berketombe dan berminyak maka silahkan simak tips dibawah ini

Tips Mencegah Rambut Rontok Bagi Wanita Berjilbab


1. Keramas 
Untuk membuat rambut berjilbab Anda selalu indah, bersih, wangi dan bebas rontok maka usahakan untuk selalu keramas secara teratur dan rutin. Keramas lah dengan menggunakan shampo yang tepat atau bisa juga yang mengandung sari lidah buaya agar rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok. Setelah keramas dengan menggunakan shampo, jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner agar rambut selalu lembut dan wangi. 

2. Gunakan Masker Rambut
Kemudian untuk membuat rambut kuat dan sehat selanjutnya adalah rajin menggunakan masker rambut. Anda bisa membeli masker rambut yang dijual dipasaran atau juga bisa membuat masker rambut alami sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan tradisional. Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan dan jadikan masker rambut adalah madu dan telur

Cara membuat masker rambut dari madu dan telur ini sangat mudah yaitu Anda tinggal campurkan satu sendok madu dengan telur ayam kampung lalu setelah itu aduk hingga rata. Oleskan masker tersebut pada rambut Anda secara merata dan diamkan selama 25 menit sambil ditutup dengan shower cup atau handuk hangat. Meskipun agak terasa lengket tetapi masker ini ampuh untuk mencegah rambut rontok dan membantu memperbaiki rambut yang rusak. 

Setelah itu, cucilah rambut Anda dengan air hangat  atau juga bisa menggunakan shampo untuk menghilangkan bau amis dari telur tadi. Kemudian baru bilas kembali rambut Anda dengan air dingin. 

3. Tata Rapi Rambut Sebelum Menggunakan Jilbab
Kemudian tips selanjutnya untuk mencegah agar rambut tidak mudah rontok saat menggunakan jilbab adalah usahakan untuk selalu menyisir dan merapikan rambut sebelum menggunakan jilbab. Rambut yang berantakan ketika menggunakan jilbab akan membuat rambut menjadi tambah kusut dan mudah patah hingga menyebabkan kerontokan. So, maka dari itu sisirlah rambut Anda sebelum menggunakan jilbab dan jangan menggunakan jilbab di saat rambut masih berantakan karena ini tidak baik untuk rambut Anda sendiri.

4. Jangan Terlalu Kencang Mengikat Rambut
Mengikat rambut yang terlalu kencang saat akan menggunakan jilbab juga bukanlah hal yang bagus untuk rambut Anda karena rambut yang terikat kencang dalam waktu lama bisa menyebabkan rambut menjadi rontok. Maka dari itu usahakan untuk tidak terlalu kencang mengikat rambut ketika akan menggunakan jilbab, kemudian jangan menggunakan karet untuk mengikat rambut tetapi gunakan saja jepit rambut. Atau jika rambut Anda pendek maka biarkan saja tanpa harus mengikatnya.

5. Konsumsi Makanan Sehat
Kemudian terakhir adalah selalu konsumsi makanan yang sehat karena perawatan rambut ini tidak hanya dilakukan dari luar saja tetapi juga dari dalam sehingga rambut menjadi sehat dan kuat. Konsumsilah makanan seperti kacang-kacangan, bayam, telur, daging dan makanan yang mengandung vitamin A dan C. Usahakan agar selalu mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang agar asupan nutrisi tubuh terpenuhi setiap hari sehingga tidak hanya tubuh saja yang sehat tetapi rambut Anda juga menjadi kuat dan sehat


Itulah tips merawat rambut berjilbab agar tidak mudah rontok yang bisa Anda coba ikuti. Bagaimana mudah bukan ? ya, sebenarnya merawat rambut berjilbab tidaklah sesulit yang Anda bayangkan asalkan tahu cara merawatnya. Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dan Cepat