15 Manfaat Nanas Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tak kenal dengan buah nanas ? saya rasa hampir setiap masyarakat Indonesia mengenali buah yang satu ini. Nanas merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air sangat tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi pada saat cuaca sedang panas atau terik. Biasanya selain langsung dikonsumsi, buah nanas juga kerap kali dijadikan berbagai macam olahan makanan seperti rujak, asinan, keripik dan makanan lainnya.

Nah ngomong-ngomong masalah nanas ternyata selain enak dan menyegarkan, buah yang satu ini juga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan maupun kecantikan kulit. Gak percaya ? yuk kita simak saja dibawah ini apa saja sih kelebihan dari buah yang satu ini.

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan



Manfaat Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan


1.Dapat menurutkan berat badan
Nanas mengandung enzim proteiolitik yang berfungsi untuk menyerap lemak pada pencernaan sehingga terbuang bersamaan dengan feses dan juga vitamin C yang terdapat pada nanas membantu dalam proses pembakaran lemak agar tidak menumpuk didalam tubuh.

2. Membantu menyehatkan pencernaan
Nanas mengandung banyak serat makanan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan usus.  Menurut American Cancer Society, terdapat enzim bromelain yaitu enzim yang memecah protein sehingga dapat membantu menyehatkan pencernaan Anda.

3. Pencegahan Degenerasi Manula
Tahukan Anda Degenerasi Manula? Degerenasi Manula adalah kondisi dimana orang dewasa mengalami kehilangan penglihatan. Hal ini menyebabkan sulitnya untuk membaca dan mengenali benda- benda disekitar. Zat beta karoten yang ada pada wortel, ternyata juga ada dalam nanas. Jadi jika Anda tidak ingin mengalami kehilangan penglihatan, harus mengkonsumsi nanas secara rutin agar kesehatan mata Anda terjaga, tetapi konsumsilah secukupnya saja .

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat nanas selanjutnya, dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Vitamin C yang ada pada nanas meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat dan zat asam amino yang terkandung dalam nanas membantu peningkatan sistem kekebalan  tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh sehingga Anda tidak mudah merasa lelah

5. Mencegah Serangan Jantung
Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan.. Tapi jangan khawatir, kita dapat mencegah penyakit jantung hanya dengan mengonsumsi nanas. Nanas dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Vitamin C yang juga antioksidan dalam buah nanas mengandung flavonoid yang dapat menetralisir radikal bebas dan mengurangi efek kerusakan sel dan jaringan tubuh.

6. Meredakan Mual
Jika Anda sedang hamil, pasti Anda akan merasakan mual- mual. Cara meredakan mual yaitu dengan mengonsumsi jus nanas yang segar dengan tidak berlebihan. Hal ini juga dapat membantu seseorang yang sering mabuk ketika sedang diperjalanan dengan menggunakan kendaraan .

7. Mencegah Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi bukanlah penyakit sepele sehingga harus diatasi dengan cepat nah, salah satu cara membuat tekanan darah tetap stabil adalah dengan diet nanas. Jumlah kandungan kalium yang tinggi sedangkan sodium yang rendah pada nanas, akan menjaga tingkat tekanan darah yang normal.

8. Menguatkan Tulang
Manfaat nanas selanjutnya, dapat menguatkan tulang. Tidak hanya susu yang mengandung kalsium untuk kesehatan tulang. Zat mangan yang ada didalam nanas juga membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat. Secangkir  jus nanas terdapat sekitar 73% dari mangan yang dibutuhkan oleh tulang.  Kandungan tersebut dapat mencegah osteoporosis pada wanita pasca menopause.

9. Menjaga elasitas kulit
Nanas tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi dapat juga dimanfaatkan untuk kecantikan. Nanas memberikan sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen akan membuat kulit menjadi lebih elastis. Selain itu kandungan asam amino dan vitamin C pada buah nanas juga mampu membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak.

Nah, cara memanfaatkan nanas untuk kecantikan ini sangatlah mudah yaitu dengan cara dijadikan masker pada wajah. Cara membuat masker nanas ini juga terbilang mudah, haluskan saja nanas secukupnya lalu setelah itu baru dijadikan masker pada wajah. Oleskan nanas yang telah dihaluskan tadi pada wajah kurang lebih selama 15 menit, lalu setelah itu baru bilas dengan air hangat.

10. Melembabkan kulit
Kemudian nanas juga bisa diandalkan untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kering. Caranya sangat mudah yaitu pertamap yang harus Anda lakukan adalah dengan mencampur sekitar 3 sendok makan nanas segar yang sudah dihaluskan dengan kuning telur dan sedikit susu. Aduk hingga rata kemudian oleskan pada kulit wajah Anda yang kering dan biarkan sekitar 15 menit, kemudian setelah itu baru bilas dengan air bersih.

11. Memperbaiki kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah
Kulit kaki Anda kasar dan pecah-pecah? jangan khawatir, buah nanas dapat membantu mengembalikan kulit kaki Anda menjadi halus dan lembut. Caranya yaitu dengan menjadikan nanas sebagai scrub. Haluskan saja buah nanas secukupnya lalu tambahkan sedikit gula, lalu gunakan untuk menggosok kulit kaki Anda yang kasar dan pecah-pecah.

12. Mengembalikan Kesehatan Bibir
Selanjutnya nanas juga bisa diandalkan untuk mengatasi masalah pada bibir seperti bibir kering maupun pecah-pecah. Untuk mengembalikan kesehatan bibir, Anda dapat melakukannya dengan mencampurkan minyak kelapa dengan nanas yang telah dihaluskan kemudian oleskan pada bibir Anda yang pecah-pecah. Minyak kelapa dapat menyembuhkan bibir pecah-pecah dan menghaluskan kulit bibir.

14. Dapat menghilangkan kutil
Siapa sangka jika nanas dapat digunakan untuk menghilangkan kutil, cara penggunaanya pun sangat simple hanya memotong nanas kecil-kecil kemudian tempelkan diatas kutil. Diamkan Selama 25 menit lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin agar kutil Anda benar-benar hilang.

15. Menyuburkan rambut dan Mengatasi Ketombe
Pada buah nanas terdapat senyawa cystine yang berkhasiat dalam pembentukan kulit dan rambut sehingga rambut tumbuh subur, bahkan bisa mencegah penuaan dini. Nanas juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe, caranya sangat simple dengan mencampurkan air perasan nanas dengan jeruk nipis, kemudian aplikasikan pada rambut yang berketombe. Pijat perlahan dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.


Itulah manfaat nanas bagi kesehatan maupun kecantikan yang mungkin tidak pernah Anda sadari. Bagaimana ? banyak bukan manfaatnya.