10 Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Batuk Berdahak

Cara mengobati batuk berdahak dengan ramuan tradisonal
Cara mengobati batuk berdahak tidaklah terlalu susah karena sebenarnya batuk berdahak ini bisa diatasi hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami rumahan sehingga Anda tidak perlu repot-repot harus membeli obat-obatan di apotek.  Seperti yang kita ketahui bahwa batuk berdahak ini bukanlah masalah yang sepele karena apabila kita terkena penyakit yang satu ini maka rasanya pasti sangat tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas harian kita.

Nah, berikut dibawah ini ada 10 ramuan tradisional yang bisa dikatakan cukup ampuh dan cepat dalam mengatasi batuk berdahak ini. Tidak hanya baik untuk orang dewasa, ramuan ini juga bisa di aplikasikan untuk menghilangkan batuk berdahak pada anak.


Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami


1. Jeruk Nipis
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jeruk nipis karena memang buah yang satu ini sangat mudah kita temukan disekitar kita. Jeruk nipis ini memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah untuk mengatasi batuk berdahak yang tidak sembuh-sembuh.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba mengobati batuk berdahak dengan menggunakan jeruk nipis maka ikuti cara berikut. Ramuan pertama yaitu Anda bisa mencampurkan jeruk nipis dengan menggunakan kecap. Caranya yaitu letakan air perasaan jeruk nipis pada sendok makan lalu tambahkan sedikit kecap, kemudian minum ramuan tersebut. Konsumsi setidaknya dua kali sehari hingga batuk berdahak Anda sembuh. Ramuan kedua yaitu Anda bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu. Caranya yaitu peras jeruk nipis terlebih dahulu lalu masukan sarinya kedalam gelas. Setelah itu campurkan air perasan jeruk nipis tadi dengan air hangat dan satu sendok makan maduk, lalu konsumsi ramuan tersebut.

2. Daun Sirih
Kemudian bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah batuk berdahak ini adalah daun sirih. Cara membuat ramuan daun sirih untuk mengatasi batuk berdahak ini sangatlah mudah yaitu Anda ambil saja 5 lembar daun sirih dan kemudian rebus dengan dua gelas air putih. Tunggu hingga mendidih dan menyusut menjadi satu gelas, lalu angkat dan saring. Setelah agak sedikit dingin baru dikonsumsi, agar hasilnya maksimal maka sebaiknya konsumsi ramuan ini 3 kali sehari.

3. Daun Kemangi
Daun kemangi tidak hanya enak dijadikan lalapan tetapi juga bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Anda tidak perlu repot-repot membeli obat batu karena cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun kemangi ini maka batuk berdahak yang Anda derita bisa hilang. Caranya yaitu ambil daun kemangi ini kira-kira segenggam kemudian rebus dengan air 2-3 gelas. Biarkan hingga mendidih dan air rebusan tinggal segelas, kemudian baru diangkat. Konsumsi ramuan ini selagi hangat.

4. Belimbing Wuluh
Batuk berdahak juga bisa diatasi dengan menggunakan daun belimbing wuluh. Cara membuat ramuan ini sangat mudah yaitu Anda hanya perlu menyiapkan sedikit bunga belimbing wuluh, lima butir adas, dan gula secukupnya. Rebus ketiga bahan tersebut dengan secangkir air dan biarkan saja hingga mendidih. Setelah itu, angkat dan tunggu hingga air rebusan tadi agak sedikit dingin lalu baru dikonsumsi.

5. Kunyit
Kunyit tidak hanya bermanfaat untuk menyedapkan masakan tetapi juga memiliki manfaat lainnya yang mungkin jarang Anda ketahui. Salah satu manfaat hebat dari kunyit ini adalah mampu mengatasi batuk berdahak. Gak percaya ? silahkan di coba sendiri dirumah yaitu caranya campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu dan kemudian minumlah ramuan tersebut secara teratur maka batuk berdahak Anda akan sembuh dan hilang selamanya.

6. Serai
Kemudian selain menggunakan bahan alami diatas, Anda juga bisa memanfaatkan serai untuk mengobati batuk berdahak ini. Caranya sangat mudah yaitu cukup rebus serai beberapa batang dengan dua gelas air dan biarkan hingga mendidih. Kemudian minum ramuan tersebut satu gelas sehari hingga batuk berdahak Anda benar-benar sembuh.

7. Teh Jahe
Jahe memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh sehingga tak heran apabila banyak orang yang menjadikan jahe ini sebagai campuran didalam minuman mereka. Nah, selain bisa menghangatkan tubuh jahe ini juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi batuk berdahak. Caranya yaitu iris saja terlebih jahe yang sudah dicuci bersih menjadi 2-3 bagian lalu setelah itu seduh bersamaan dengan teh. Konsumsi teh jahe ini setidaknya 3 kali sehari agar batuk berdahak yang Anda derita bisa hilang.

8. Bunga Mawar
Ramuan bunga mawar juga bisa diandalkan untuk mengatasi batu berdahak. Cara membuat ramuan nya juga terbilang mudah yaitu cincang 10 gram bunga mawar segar kemudian masukan kedalam air hangat, jangan lupa ditambahkan dengan gula batu agar rasanya enak. Minum ramuan ini dua kali sehari hingga batuk berdahak yang Anda derita sembuh.

9. Madu dan Lada Putih
Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan campuran madu dan lada putih untuk mengatasi batuk berdahak ini. Caranya sangat mudah yaitu ambil madu sebanyak satu sendok makan lalu kemudian taburkan lada putih sedikit dan kemudian baru dikonsumsi. Campuran madu dan lada putih ini bisa dikatakan sangat ampuh untuk menghilangkan batuk berdahak apabila dikonsumsi secara teratur.

10. Daun Asam Muda
Cara alami yang terakhir untuk mengobati batuk berdahak ini adalah dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari daun asam muda. Cara membuat ramuan ini cukup mudah yaitu tinggal campurkan saja segenggam daun asam muda, daun saga manis, kayu manis dan gula batu secukupnya lalu rebus dengan 3 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan air rebusan tinggal satu gelas, kemudian baru diangkat dan disaring. Setelah agar dingin baru konsumsi ramuan tersebut.


Itulah cara mengobati batuk berdahak secara alami yang bisa Anda coba ikuti dirumah. Tenang, gak perlu khawatir karena ramuan diatas sangat aman dan bisa juga di gunakan untuk mengatasi batuk berdahak pada anak. Semoga bermanfaat dan silahkan bagikan agar teman-teman lainnya juga mengetahui akan hal ini.